Percayalah, Fitur Hooks sangat berguna sekali di CodeIgniter

1 Oct 2018 22:25 1852 Hits 0 Comments

Yakin gamau tau? Berguna banget loh . .

            Ahoy sobat Plimbi! Kembali lagi nih dengan saya! Apa kabar kalian? Semoga baik selalu ya dan pastinya tanamkan selalu semangat dalam diri kita . Pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk memberikan suatu informasi yang sangat menarik seputar fitur Framework CodeIgniter . Apakah kalian sedang belajar CI? Sudah tahukah tentang fitur hooks? Percayalah sobat, fitur ini merupakan fitur yang penuh keajaiban, dimana kita dapat membuat baris program menjadi lebih singkat dan pastinya sangat berguna karena bisa diakses dan di tampilkan oleh fitur-fitur lainnya dalam Framework CI ini .

            Contoh kasus nih ya, semisal kita sedang membangun sebuah website berbasis blog, dimana blog tersebut harus menampilkan sebuah fitur kalender pada setiap halamannya . Pastinya secara otomatis kita akan buat baris program tersebut untuk menampilkan sebuah kalendar dan dimana, baris program tersebut pun akan di copy – paste ulang pada file-file yang mengandung beberapa halaman lainnya . Terkadang hal ini membuat baris program kita menjadi lebih banyak dan tentunya sangat boros sekali dalam menyisipkan kode program . Disamping itu pula, ketika baris program tersebut memiliki perintah yang cukup banyak dan di copy – paste sebanyak halaman yang ada dalam website kita, tentunya hal ini akan membuat website kita menjadi lebih berat ketika melakukan proses pengaksesannya .

            Untuk itu, saya akan beri tahu solusi dari permasalahan tersebut adalah dari fitur yang satu ini . Framework CodeIgniter telah menyediakan sebuah fitur hooks, dimana fitur tersebut dapat disebarluaskan kepada fitur lainnya . Atau dalam kata lain, fitur ini dapat diakses di bagian Model, dapat juga di bagian Controller selain itu, bahkan bisa diakses juga dibagian Views . Wah, sangat berguna bukan? Pastinya hal ini akan membuat baris program yang sedang kita bangun menjadi lebih sedikit dan efisiensi lebih terjaga dengan baik .

            Fitur hooks ini juga, bisa diakses ketika controller melakukan aksi khusus . Semisal ketika pada website kita terdapat fitur pengisian sebuah data, nah ketika data tersebut berhasil di kirim, maka tampilan dalam bentuk pesan sukses ini bisa ditampilkan juga oleh fitur hooks ini . Selain itu misal pada seluruh controller harus menampilkan sebuah fungsi tertentu yang bertindak sama, maka dalam hal ini fitur hooks akan membantu untuk mengatasi permasalahan tersebut . Sehingga seluruh controller tidak usah mengakses fitur tersebut dan akan otomatis sudah ada . Maka dari itu, sangat rugilah kita sebagai calon seorang web developer tidak memahami fitur tersebut . Karena manfaatnya ini sangatlah luar biasa pastinya .

Cukup Sekian Terima Kasih !! Semoga Bermanfaat  . .

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel