Sudah tahukah kamu apa itu MVC?

29 Sep 2018 23:03 1180 Hits 0 Comments
Sering denger MVC tapi tidak tahu apa itu MVC ya? Yuk simak apa itu MVC ..

            Hai kawan Plimbi! Apa kabar kalian? Sudah baikkah? Atau memang baik? Pastinya semoga baik dan sehat selalu ya. Karena kalau kita sehat, maka tubuh kita pun akan kuat dan tentunya kita akan bisa membaca secara fokus artikel kali ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan coba membahas tentang apa siih MVC?  Mungkin MVC ini sudah terdengar tidak asing lagi bagi orang-orang yang masih awam dalam mempelajari sebuah Framework pada PHP. Ketika seseorang tengah mempelajari konsep pada sebuah Framework tentunya ia akan disuguhkan materi mengenai MVC itu sendiri. Nah, ketika kita sudah banyak mendengar tentang MVC tersebut, apakah kita sudah mengetahui dan sangat paham tentang konsep dari MVC tersebut? Untuk itu, jika sebagian dari kalian ada yang kurang mengetahui, yu mari simak penjelasan berikut ini ya.

            MVC atau kata lain dari Model – View – Controller. Atau kata lainnya lagi adalah merupakan sebuah konsep pada suatu Framework yang mendukung pengolahan database, logika pemrograman dan prosedur untuk menampilkan halaman, nah, tiga hal tersebut dirangkum pada sebuah konsep MVC. Dimana Model itu untuk mengolah sebuah database, View untuk prosedur cara penampilan website dan Controller merupakan sebuah file yang menampung seluruh logika-logika pemrograman dalam website tersebut.

            Konsep MVC ini telah tersedia dalam beberapa framework sebuah website. Salah satunya yaitu CodeIgniter, dimana Framework CodeIgniter ini sudah mendukung konsep MVC dalam pengimplementasian pada saat proses membangun website. Jadi MVC ini merupakan sebuah konsep dimana ketika kita hanya asal menggunakan sebuah file dengan menyimpan banyak logika aplikasi dan menampung juga proses penampilan website tersebut kita akan disuguhkan untuk memisahkan tata cara demikian menjadi lebih rapih dan tentunya mudah untuk dipahami. Lebih jelasnya seperti ini ya :

  • Model

Model ini merupakan sebuah folder pada sebuah framework dimana Class Model pada sebuah Framework CodeIgniter menampung beberapa fungsi-fungsi yang membantu seorang developer untuk mengambil data, memasukkan data, update data dan menghapus data dalam database yang developer miliki untuk membangun website nya.

  • View

View ini merupakan sebuah folder pada sebuah framework dimana isinya hanya mengandung sebuah informasi yang akan ditampilkan kepada pihak pengguna website yang telah developer bangun. Dalam folder view ini diharuskan untuk tidak memasukkan logika-logika pemrograman dan query pengolahan database didalamnya. Jadi initinya pure dikhususkan untuk menampilkan sebuah data hasil dari model dan controller yang telah dibuat.

  • Controller

Dilihat dari namanya, bahwa controller ini merupakan sebuah fungsi untuk mengontrol atau mengolah suatu logika-logika pemrograman. Controller berfungsi sebagai perantara antara Model dan sumber-sumber daya lain yang diperlukan untuk memproses permintaan Request dan juga untuk menghasilkan sebuah halaman website.

Baiklah cukup sekian, semoga paham dan sangat mengerti Terima kasih!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel