Anjuran mengkonsumsi Buah-Buahan sebelum mengkonsumsi nasi

6 Sep 2018 15:03 1036 Hits 0 Comments
Simak anjuran dan manfaat mengkonsumsi buah sebelum nasi disini!

Yuk Simak beberapa anjuran dan manfaat mengkonsumsi buah sebelum nasi disini !

            Assalamu ‘ alaikum kawan Plimbi ! ! di bagian artikel kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan anjuran ketika seseorang hendak memakan nasi lebih bagus nya memakan buah – buahan terlebih dahulu . berbicara  soal kesehatan , apakah baik memakan buah – buahan sebelum mengkonsumsi nasi ? ? .

            Untuk di bagian kali ini kita akan mencoba menelusuri apkah baik jika memakan buah – buahan terlebih dahulu . . Nahh , memang ketika kita memakan buah terlebih dahulu maka secara otomatis akan memudahkan penyerapan gizi dari sari – sari buah tersebut. Hal ini akan berdampak baik ketika setelah kita memakan buah – buahan , kita berhenti sejenak selang beberapa jam dan hal tersebut akan mengefektifkan proses penyerapan buah – buahan . Namun ketika kita mengkonsumsi buah – buah dan selang beberapa menit kita langsung memakan nasi , hal tersebut akan sama saja dengan ketika kita memakan buah – buahan setelah memakan nasi atau makanan pokok . Kenapa sama saja ?? karena ketika proses penyerapan gizi dari sari buah – buahan sedang diserap yang belum sepenuhnya terjadi , akan ditabrak dengan proses penyerapan nasi atau makanan berat didalamnya..

            Hal ini merupakan sebuah anjuran yang di anjurkan oleh Islam , yang telah didasari dari beberapa dalil yang menganjurkan kita untuk memakan buah – buahan sebelum mengkonsumsi makanan pokok terlebih dahulu . Karena penyerapan gizi dari buah – buahan yang kita akan membuat badan kita terasa segar . . .

Berikut anjuran atau dalil yang membolehkan kita untuk mengkonsumsi buah – buahan sebelum makanan berat :

Diantaranya dalilnya terdapat dalam surat al – Waqi’ah ayat 20 – 21 , Allah SWT telah berfirman ,

” Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan ”. ( Al Waqi’ah 20-21 ) .

Lalu , sebagian ulama pun berkata demikian , menurut Imam an – Nawawi , beliau mengatakan bahwa

" Imam an - Nawawi telah menyebutkan ketika menjelaskan hadits Abi al - Haitsam bin Thihan tatkala ia datang kepada Nabi Shallallahu ' alaihi wa sallam dan ada Abu Bakar dan Umar . Ia membawa wadah yang berisi kurma basah dan kurma kering, kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata , 'Makanlah ini (kurma), kemudian mengambil hidangan dan kemudian pergi'. Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa hadits ini sebagai dalil dianjurkannya mendahulukan makan buah, baru kemudian roti , daging dan makanan pokok lainnya . . "

Terima kasii h ! ! Semoga bermanfaat ! ! ! !  Tunggu artikel selanjutnya ya ! !
 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel