Adab yang harus dibiasakan ketika kita hendak menguap

4 Sep 2018 20:23 1202 Hits 0 Comments
Pelajari adab adab ketika kita hendak menguap 

            Assalamualaikum sahabat Plimbi ! kembali lagi nihh , apa kabar hari ini ?? semoga baik ya .. dan selalu ada dalam perlindungan Allah SWT , di artikel kali ini . . . Untuk kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sebuah ilmu yang mudah – mudahan bermanfaat bagi kita semua .. Yang sangat berkaitan dengan ketika kita hendak menguap . Ketika kita hendak menguap , hal apa sajakah yang perlu kita perhatikan . Sebelumnya ,, tahukah kalian , bahwa menguap ini merupakan sesuatu yang dibenci oleh Allah SWT , berdasarkan sabda Rasulullah SAW dari Abi Hurairah RA , bahwa . :

“ Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Maka apabila salah seorang dari kalian bersin dan dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mengucapkan Tasymit (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan "Haa", maka setan akan menertawainya." (HR. Bukhari dan Muslim ) .

Maka dari itu agar kehidupan kita terhindari dari syaiton , maka saya akan coba rangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan atau adab – adab ketika kita hendak menguap yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ..

Berikut beberapa adab – adab nya . :

  1. Kita dianjurkan untuk menahan uapan kantuk ..

Cobalah dan usahakan agar kita selalu menahan uapan kantuk, baik itu dengan tangan atau dengan hal lain yang memungkinkan kita mampu menutupnya . Cobalah untuk menutupnya dengan tangan kiri dan cobalah untuk tidak mengeluarkan suara apapun ketika kita hendak menguap .. Hal ini didasari sabda Rasulullah SAW , bahwa

“ Menguap adalah dari syaiton . Maka jika diantara kalian hendak menguap , hendaknya menahan semampunya . Karena sesungguhnya jika salah seorang di antara kalian mengeluarkan suara “Haa” ketika hendak menguap , maka setan pun akan mentertawakannya ” ( HR Al – Bukhari ) .

  1. Hendaknya untuk tidak bersuara saat menguap

Karena mendasar terhadap hadits yang diriwayatkan oleh HR Al – Bukhari yang telah di tulis diatas . Hendaknya kita tidak mengeluarkan suara apapun dari hasil uapan kita . Karena pada saat kita mengucapkan “ Haaa ” sekalipun , setan saat itu akan mentertawakan kita . Cobalah ketika kita hendak menguap untuk memakai etika , karena hal tersebut akan berdampak baik pula terhadap diri kita .

  1. Tidak dianjurkan untuk mengucapkan taawwudz ketika kita selesai menguap

Sebagian orang mungkin selau mengucapkan kalimat taawudz atau yang biasa disebut dengan  “ Audzubillahiminas Syaiton Nirrojim ” namun hal tersebut tidak di syariatkan oleh Rasulullah SAW ..

Terima kasih ! ! ! Semoga bermanfaat ! ! !

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel