Begini cara menjalankan kode PHP di smartphone

1 Sep 2018 16:03 7519 Hits 0 Comments
Mau tau caranya ? Simak sekarang juga!

Haloo sahabat Plimbi !! apa kabar hari ini ?? semoga baik selalu . Di artikel kali ini saya akan mencoba untuk memberikan sebuah solusi , dimana sebuah kode pemrograman berbasis PHP berjalan di smartphone .

            Dikarenakan , kebanyakan developer website lebih menggunakan sebuah komputer sebagai media interface nyaa . Tidak menutup kemungkinan , bahwa seorang developer menginginkan agar website yang ia bangun bisa berjalan di sebuah komputer maupun smartphone . Yang tidak lain untuk menguji sebuah user inferace dari website yang dibuatnya dan tingkat responsive yang dimiliki dari website yang sedang dibangun tersebut.

            Agar bisa menjalankan website berbasis PHP dengan smartphone , maka diperlukanlah solusi untuk dapat menjalankannya . Memang bisa sih menjalankan kode pemrograman website di smartphone . Itu tetapi , sebuah kode pemrogramannya harus berbasis HTML , atau dengan kata lain tidak menggunakan PHP ( pure HTML ) .

            Nahh , solusi agar website berbasis PHP yang kita miliki mampu berjalan di smartphone adalah kita membutuhkan sebuah bantuan dari aplikasi android untuk menjalankannya . Aplikasinya yaitu Penguin Server .

            Dilihat dari namanya , Penguin Server merupakan sebuah aplikasi yang menjembatani agar website berbasis PHP mampu dijalankan menggunakan smartphone . Selain itu , Penguin Server juga menyediakan website server seperti phpmyadmin didalamnya , jadi kita bisa menjalankan website berbasis PHP sekaligus menyimpan database didalamnya .

            Bagaimana caranya ??

            Pertama – tama , siapkan smartphone berbasis androidnya terlebih dahulu , nah aplikasi ini hanya support untuk android versi Kitkat ke bawah , jadi untuk android versi Oreo mungkin tidak support . Tetapi cek saja terlebih dahulu , barangkali aplikasi yang dicoba sudah update .

            Selanjutnya , buka Google Play Store , dan cari atau tulis di pencarian “ Penguin Server ” , jangan salah pilih yaa , logo nya yaitu gambar penguin warna hitam dan developer nya berinisialkan Confused Programmer . Cuss , langsung saja download aplikasinya , tidak berat , hanya menghabiskan kurang lebih 15 MB .

            Setelah kita download , maka buka aplikasi tersebut , dan cobalah ke menu setting , dan cek www path nyaa , www path itu merupakan sebuah tempat penyimpanan file atau folder dari website kita . Nah setelah diketahui www path nya berada dimana .. Langsung saja copy kan atau masukan folder php dari website yang tengah kita bangun kedalamnya .

            Setelah itu , kembali dan jalankan dengan menekan swipe yang ada ditampilan awalnya .

            Lalu cobalah untuk menekan button localhost hingga melakukan otomatis direction ke google . Disitulah aplikasi website kita di jalankan menggunakan smartphone .

            Jika aplikasi website yang kita bangun terintegrasi dengan database , maka kembali lagi ke aplikasi Penguin dan klik button phpmyadmin , lalu akan otomatis direction ke phpmyadmin di google , masukan username nya root dan tanpa password .

            Setelah masuk ke phpmyadmin silahkan untuk membuat database didalamnya .

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel