Orang terkaya di bumi, inilah yang dilakukan bos Amazon untuk menggunakan kekayaannya!

31 Aug 2018 10:47 718 Hits 0 Comments
Pernahkah kalian berfikir, bagaimana seorang miliarder di bumi ini menggunakan kekayaannya? Bahkan Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di bumi

Siapa yang tidak tahu dengan e-commerce raksasa di dunia? Ya Amazon! Tahukah kalian, pendiri dan CEO dari Amazon yaitu Jeff Bezon merupakan orang terkaya di bumi ini yang masih hidup dan orang pertama dalam sejarah modern yang dapat mengumpulkan kekayaannya hingga lebih dari 100 miliar dollar AS.

Jeff memiliki kekayaan bersih yaitu sekitar 156 miliar dollar AS . Sebagian kekayaannya tersebut berasal dari kepemilikan Amazon. Dia mendirikan Amazon pada 5 Juli 1994 yang kelak menjadi sumber dari banyak kekayaannya. Awalnya ia merupakan seorang penjual buku daring di Wall Street, hingga orangtuanya pun terkejut karena dirinya memilih berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan Amazon.

Meski tidak menyangka anaknya berhenti dari pekerjaannya, namun orangtuanya ikut berinvestari 1/4 juta dollar dalam pendirian Amazon tersebut. Dan tak disangka-sangka, investasinya bisa bernilai hingga 30 miliar dollar AS hingga saat ini.

Pada tahun 1997 Amazon melakukan penawaran perdananya. Sejak hari itu, harga saham yang disesuaikan dengan split telah meningkat lebih dari 97.000 persen. Kenaikan saham Amazon telah meninggalkan pesaing-pesaingnya. Bahkan selama dua dekade terakhir, Amazon terus berkembang. Amazon menjual berbagai macam produk mulai dari elektronik, hingga digital. Tak hanya itu, Amazon juga mengadakan layanan cloud perusahaan yang  dinamakan Amazon Web Services yang hingga Februari  2018 bernilai 17,5 miliar dollar AS.

Kekayaannya Jeff sangat besar. Menurut perhitungan dari Business Insider, dirinya menghabiskan 88.000 dollar AS dengan rata-rata pengeluaran satu orang yang hanya 1 dollar AS. Dan inilah cara Jeff Bezos dalam menggunakan uangnya.

1. Lahan dan Properti

Gambar terkait

Gambar terkait

 

Jeff jadi salah satu pemilik tanah terbesar di negeri Paman Sam. Dia dan keluarganya setidaknya memiliki setidaknya 5 rumah di AS. Satu, sebuah lahan dengan dua rumah di atas 5,3 hektar luas lahan yang terletak di Medina , Washington, tidak jauh dari markas Amazon di Seattle.

Iapun memiliki rumah bergaya Spanyol di Beverly Hills , California. Selain itu, dia juga memiliki sebuah peternakan di Van Horn, Texas, yang berfungsi sebagai basis untuk perusahaan eksplorasi ruang angkasa "Blue Origin". Iapun membeli townhouse di Washington DC pada tahun 2016. Orangtuanyapun memiliki Kondominium di gedung Century yang terletak di 25 Central Park West Manhattan.

2. Transportasi

Gambar terkait

Hasil gambar untuk Honda accord jeff bezos

Walaupun memiliki harta yang berlimpah, Jeff masih terbilang hemat dalam transportasi yang digunakannya. Pada tahun 2013 , ia masih mengendari Honda Accord seperti pada buku The Everything Store.

Namun, ia memiliki jet pribadi Gulfstream G650ER senilai 60 juta dollar AS. Jetnya pun sudah beberapa kali menyambangi wilayah Washington DC yang memicu spekulasi bahwa tempat itu bisa menjadi lokasi dari markas kedua yang direncakan Amazon.

3. Media

Hasil gambar untuk washington post

Jeff Bezos sempat menghiasai berbagai media online setelah keputusan beraninya membeli The Washington Post senilai $250 juta dalam bentuk cash pada tahun 2013. Pembelian tersebut telah dikonfirmasi oleh The Washington Post kepada Engadget.

Disebutkan oleh The Washington Post bahwa bahwa Amazon tidak memiliki peran dalam proses pembelian ini, Jeff melakukan pembelian atas nama pribadi. Setelah proses transaksi pembelian ini selesai maka Jeff Bezos akan resmi menjadi pemilik tunggal The Washington Post. Proses transaksi ini setidaknya membutuhkan waktu 60 hari.

4. Kegiatan Amal 

Hasil gambar untuk mary's place

Mengutip dari Business Insider, Jeff mendukung Mary's Place, yaitu organisasi di Seattle yang menyediakan pelatihan serta tempat tinggal dan pekerjaan bagi mereka yang tunawisma.

Kemudian, TheDream.US yang mendukung orang-orang yang dibawa ke AS sebagai imigran gelap ketika mereka masih anak-anak. Jeff pun mendukung beberapa perusahaan dan usaha yang tidak biasa, seperti Long Now Foundation yang berusaha untuk membangun sebuah mekanisme "jam 10.000 tahun" raksasa di bawah tanah West Texas.

5. Eksplorasi luar angkasa

 

Hasil gambar untuk blue origin jeff bezos

 

Pembelanjaan pada usaha yang paling ambisius Jeff mungkin adalah Blue Origin, yakni perusahaan eksplorasi ruang angkasanya. Blue Origin telah melakukan beberapa uji coba yang sukses untuk roket yang bisa digunakan kembali, New Shepard. Saat ini, Blue Origin sedang mengembangkan sistem roket New Glenn yang lebih baru, yang dapat digunakan kembali, yang mungkin bisa bersaing dengan SpaceX milik Elon Musk.

Dalam jangka panjang, Jeff ingin menjadikan Blue Origin agar mendukung penerbangan luar angkasa yang membawa manusia dalam skala besar dengan tujuan menjajah tata surya. Jeff mengatakan kepada salah satu CEO di perusahaan induk Business Insider Matthias Döpfner bahwa dia menganggap Blue Origin “pekerjaan terpenting yang dia lakukan (saat ini)". Jeff juga mengatakan kepada Döpfner bahwa dia berencana untuk menghabiskan seluruh kekayaannya untuk eksplorasi ruang angkasa.

“Saya akan menggunakan keberutungan perihal keuangan saya dari Amazon untuk mendanainya." ujar Jeff Bezos

 

Itulah beberapa kegiatan Jeff Bezos dalam menggunakan kekayaannya.
 

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel