Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

1 Sep 2018 14:24 987 Hits 0 Comments
Yuk simak beberapa keutamaan sholat Shubuh berjamaah, agar senantiasa kita menjadi pejuang subuh yang istiqomah!

Assalamualaikum sahabat Plimbi !! apa kabar semuanya ? semoga baik , sehat selalu dan selalu di rahmati Allah SWT. Aamiin.  Dibagian artikel kali ini saya akan mencoba memaparkan beberapa keutamaan yang insyaAllah dapat kita dapatkan ketika kita memulai sholat kita dengan tepat waktu diwaktu shubuh secara berjamaah.

            Shalat shubuh mungkin bagi sebagian orang merupakan sholat yang harus dilaksanakan dengan penuh perjuangan , sebab kita sebagai seorang muslim di haruskan untuk bangun di waktu pagi hari atau ketika shubuh dan langsung bergegas menuju masjid terdekat untuk melaksanakan kewajiban shalat yang Allah SWT perintahkan . Agar shalat shubuh kita selalu dijalani istiqomah dengan cara berjamaah , alangkah baiknya kita mengetahui beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan ketika kita melaksanakan shalat shubuh .. Berikut keutamaan yang insya Allah akan kita dapatkan :

            Ketika seseorang tengah memulai shalat shubuh berjamaah , sudah sangat dapat dipastikan orang tersebut akan mendapatkan berkah dari Allah SWT .. Sebab ketika seseorang bangun pagi dan melaksanakan aktivitas di pagi hari tentunya akan mendapatkan banyak berkah daripada orang yang masih berselimut di waktu shubuh tiba . Selain itu , dalam Hadits Riwayat Abu Daud , Tirmidzi dan Ibnu Majah .. menjelaskan dalam hadits nya bahwa Rasulullah SAW akan mendoakan agar diberi keberkahan bagi umat nya di pagi hari .

            Berjamaah shalat shubuh disaksikan oleh malaikat . Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah , Rasulullah SAW bersabda :

 “­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim) .

            Seseorang yang melaksanakan shubuh secara berjamaah akan berpeluang mendapatkan pahala haji .. Ganjaran pahala shubuh sangat besar , hingga bisa kita bayangkan ketika kita melaksanakan shubuh berjamaah dan setelah itu berdzikir maka pahalanya seperti halnya pahala haji dan umrah .

            Hal ini diriwayatkan dari Hadits Riwayat Tirmidzi yang menerangkan “ dari Anasibn Malik R A dari Rasulullah SAW  bersabda : Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna “ .

            Setelah kita mengetahui beberapa keutamaan – keutamaan yang akan didapatkan ketika hendak melaksanakan shalat shubuh berjamaah , sangat baik dan alangkah baiknya kita memanfaatkan waktu shubuh untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT , karena semua keberkahan dan kebaikan datang dari – Nya dan salah satunya diberikan melalui shalat shubuh berjamaah .  

 

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel