11 Mitos Gunung Rinjani yang Dikaitkan dengan Gempa 7,0 SR Lombok

23 Aug 2018 10:43 1169 Hits 0 Comments
Banyak yang beranggapan bahwa gempa Lombok beberapa waktu lalu merupakan akibat dari kemarahan Dewi Anjani, sang penunggu Gunung Rinjani. Yuk simak mitos-mitosnya.

Siapa yang tidak mengenal atau hanya sekedar mendengar nama gunung tertinggi kedua di Indonesia? Ya, Gunung Rinjani. Gunung yang memiliki keindahan di puncaknya ini menjadi tujuan pendakian bagi para pendaki, baik lokal maupun asing. Mereka berbondong-bondong mendaki gunung tinggi ini hanya sekedar untuk mendapatkan kebanggaan dan kepuasan mencapai puncaknya dan mendapatkan hasil foto yang menakjubkan.

Namun, baru-baru ini Gunung Rinjani menjadi perbincangan publik di media sosial. Cerita mistik di gunung ini dikaitkan dengan gempa yang menimpa Lombok dengan berkekuatan 7,0 SR beberapa waktu lalu. Berita ini menjadi viral setelah tersebarnya video wanita kesurupan yang mengaku dirinya adalah Demi Anjani, ratu jin penguasa Gunung Rinjani. Terdapat 5 wanita yang kerusupan dan kelimanya berada di lokasi yang berbeda. Katanya, gempa ini diakibatkan oleh kemarahan Dewi Anjani karena Gunung Rinjani dijadikan tempat maksiat oleh para pendaki.

Ada yang mempercayai cerita mistis ini, namun juga banyak yang menyangkalnya. Alasannya dengan mempercayai cerita mistis maka sama saja dengan berbuat musyrik dan menyekutukan Allah SWT. 

Apa saja mitos di Gunung Rinjani? Yuk simak penjelasannya.

1. Ratu Jin Dewi Anjani

Hasil gambar untuk dewi anjani

Dalam cerita wayang, Dewi Anjani dikenal sebagai sosok penunggu Gunung Rinjani. Anjani merupakan tokoh anak sulung dari Resi Gotama di Grastina dan Bidadari Dewi Indradi, Bidadari keturunan dari Bahrata Asmara.

Dewi berparas cantik ini dikisahan tidak direstui untuk menikah dengan kekasih pilihannya. Dia lalu pergi ke sebuah mata air di Gunung Rinjani dan menghilang disana. Dikisahkan di Gunung Rinjani, Dewi Anjani memiliki banyak pengikut. Pengikut Dewi Anjani adalah bangsa Jin yang mempunyai sifat-sifat baik dan seringkali menolong pendaki yang tersesat serta keluar jalur.

2. Istana Dewi Anjani di Segara Muncar

Segara Muncar

Di Gunung Rinjani, tepatnya dari arah puncak ke arah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar. Sebagian masyarakat percaya pada saat-saat tertentu istana ratu jin Dewi Anjani akan terlihat. Orang dapat melihatistana Dewi Anjani secara kasat mata pada waktu tertentu.

3. Larangan Menginjakkan Kaki di Area Tertentu

Hasil gambar untuk gunung rinjani

Gunung Rinjani mempunyai kawasan yang diyakini tidak boleh ada manusia yang memasuki kawasan tersebut, sampai saat ini, tidak ada orang yang berani memasuki kawasan terlarang tersebut, kecuali seorang pendaki gunung yang ingin membuktikan bahwa mitos tersebut salah dan tidak benar.

Pendaki tersebut masuk ke dalam kawasan yang dilarang tersebut dengan membawa alat-alat lengkap, seperti GPS, HT, HP, kompas dan peta. Namun hingga saat ini, pendaki itu tidak pernah keluar dari kawasan yang dilarang itu. Menurut paranormal setempat, pendaki tersebut hidup di dunia jin.

4. Pendaki Hilang Masuk ke Dunia Jin

Pendaki Gunung Rinjani

Banyak pengunjung dan pendaki Gunung Rinjani dikabarkan menghilang tanpa jejak. Namun masyarakat Lombok meyakini bahwa orang-orang tersebut tidak hilang, melainkan tersesat ke dalam dunia jin.

5. Goa Susu

Gowa Susu Gunung Rinjani

Keberadaan Goa Susu menambah cerita mistis Gunung Rinjani. Goa Susu merupakan sebuah tempat keramat yang berjarak kurang lebih 1 km dari Segara Anak. Di kalangan tertentu tempat ini dijadikan tempat untuk bersemedi dan memperdalam ilmu spiritualnya. Pendaki bisa saja sampai ke Goa Susu dengan menempuh perjalanan yang cukup lama.

Tempat ini terkesan angker. Ada banyak kain putih yang sudah lusuh di sana. Kawasan ini juga masih sangat sunyi, sehingga menambah kesan angker bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di tempat ini.

6. Misteri Danau Segara Anak

Gambar terkait

Segara anak merupakan kawah dari Gunung Rinjani, terletak di desa Sembalun Lawang. Nama segara diberikan mengingat warna air yang berada di kawah itu berwarna biru ( Dalam bahasa Jawa segara berarti laut ). Adanya Segara Anak menambah daya tarik Gunung Rinjani, kecantikan tempat ini bahkan dikenal sampai manca negara.

Bagi masyarakat lokal, terutama Suku Sasak dan Umat Hindu, tempat ini memiliki tempat khusus bagi kearifan lokal mereka. Dua kali dalam setahun umat Hindu melakukan upacara keagamaan di Segara Anak. Segara Anakpun dipercaya sebagai tempat bersemayamnya dewa-dewa. Selain itu, Suku Sasak ( suku asli Lombok ), seringkali melakukan ritual di tempat ini.

Danau yang letaknya 2000 meter diatas permukaan air laut ini juga memiliki mitos. Mitos yang berkembang adalah, bila seseorang melihat danau ini sangat luas maka dia akan panjang umur, sedangkan apabila seorang yang melihatnya berukuran sempit, maka dia tidak memiliki umur yang panjang. 

7. Gunung BajuSari sebagai Pusar Gunung Rinjani

Hasil gambar untuk gunung kecil di segara anak

Gunung kecil di Segara Anak dinamakan Gunung Bajusari. Gunung ini berada di tepian danau. Gunung ini terlihat sangat gersang dibandingkan area di sekitarnya. Gunung Bajusari akan terlihat cantik apabila dilihat dari puncak Gunung Rinjani. Mitos yang berkembang, gunung ini adalah pusar dari Gunung Rinjani.

8. Adanya pemandian aiq Kalak, sumber mata air mendidih

Hasil gambar untuk mata air kalak

Di kawasan Gunung Rinjani terdapat sebuah mata air, mata air tersebut bernama mata aiq kalak atau dalam bahasa setempat bisa diartikan mata air mendidih. Sama seperti beberapa tempat lain, mata air Kalak juga memiliki mitos menarik.

Mata air Aiq Kalak dipercaya sebagai tempat pemandian Jayengrana, Jayengrana sendiri adalah salah satu tokoh pewayangan yang cukup populer bagi Suku Sasak. Selain itu berkembang kepercayaan lainnya. Bagi sebagian orang, mata air Kalak dipercaya memiliki daya penyembuhan.

Selain itu, mata air Kalak konon digunakan untuk mengetes suatu pusaka. Suatu pusaka yang memiliki kekuatan magis akan susah rusak atau mungkin tidak akan mengalami kerusakan apabila di dicelupkan ke dalam air Kalak. Berbeda dengan pusaka yang tidak memiliki kekuatan magis, maka pusaka tersebut akan rusak apabila terkena air dari aiq Kalak

9. Dilarang Berkeluh Kesah dan Berpikiran Negatif Gambar terkait

Mungkin sudah menjadi pantangan bagi para pendaki gunung, agar tidak mengatakan keluh kesahnya saat melakukan pendakian. Hal-hal aneh bisa saja terjadi sesuai dengan apa yang mereka katakan, termasuk di kawasan Gunung Rinjani.

10. Ritual Melempar Emas Berbentuk Ikan di Segara Anak

Upacara Mulang Pakelem

Salah satu ritual unik yang dilakukan oleh masyarakat Suku Sasak adalah upacara Mulang Pakelem, ritual meminta hujan kepada Dewi Anjani, dengan cara memberikan sesaji, mengorbankan hewan ternak dan melemparkan emas berbentuk ikan di danau Segara Anak.

Karena seringnya upacara ini, maka di bagian dasar Danau Segara Anak dimungkinkan terdapat beberapa emas berbentuk ikan. Pernah ada yang mencoba mencari dan mengambil emas-emas tersebut dengan cara mengikatkan diri ke pelampung.

Orang tersebut hilang di tengah-tengah danau dan barulah keesokan harinya ditemukan dalam kondisi selamat di pinggiran danau dalam keadaan bingung.

11. Misteri Meninggalnya Pendaki Berkewarganegaraan Jepang

Hasil gambar untuk segara anak

Kepopuleran keindahan alam Gunung Rinjani ternyata tidak hanya sebatas di kalangan pendaki Indonesia saja, Gunung Rinjani cukup populer di kalangan pendaki luar negeri.

Cukup banyak warga negara asing yang mendaki Gunung Rinjani tiap tahunnya. Terkait dengan pendaki yang berasal dari luar negeri, salah satu kejadian yang sampai saat ini masih menjadi misteri adalah meninggalnya warga negara kebangsaan Jepang yang tewas di segara anak karena ingin mengambil sepatunya yang jatuh disana. Sampai sekarang jasad pendaki tersebut belumlah ditemukan.

 

Itulah sebelas mitos mengenai Gunung Rinjani. Percaya atau tidak, tergantung diri kalian masing-masing. Namun tidak sedikit masyarakat yang masih mempercayainya. Untuk kalian yang berniat untuk mendaki gunung ini, lebih baik percaya saja untuk memastikan diri kalian selamat hingga pulang kerumah:)

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel