Keutamaan Sholat Berjamaah

22 Aug 2018 00:19 1287 Hits 0 Comments
Yuk simak beberapa keutamaan sholat berjamaah. Apalagi ketika kita adalah seorang lelaki ... 

Assalamu’alaikum sahabat Plimbi !! , Apa kabar semuanya ?? semoga sehat , selalu dan di berikan rezeki yang melimpah oleh Allah SWT. Baik , pada bagian penjelasan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa manfaat atau keutamaan yang akan didapat bagi orang yang selalu berjamaah dalam melakukan sholatnya kepada Allah SWT.

                Sholat , merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Akan sangat wajib tentunya bagi seorang lelaki yang sudah berusia 15 tahun dan bagi perempuan yang berusia 9 tahun atau yang dikatakan sudah baligh dalam kehidupan sehari – harinya. Sholat berjamaah , mungkin disunnah kan dilakukan oleh para wanita , namun sangat dianjurkan atau bahkan wajib dilakukan oleh para lelaki untuk melakukan sholat berjamaah di masjid.

                Tak lepas dari hal tersebut , pastinya ada keutamaan lebih ketika seseorang memulai sholatnya secara berjamaah dibanding dengan seseorang yang memulai sholatnya dengan hanya sendirian saja.

                Maka , apa saja keutamaan atau manfaat yang dapat diperoleh dari orang – orang yang senantiasa melakukan sholat berjamaah :

Orang yang senantiasa melakukan sholat berjamaah pasti akan kebagian pahala ketika orang tersebut melangkahkan kaki dari tempat manapun untuk menuju ke masjid. Menurut hadits riwayat Ibnu Majah, dan Muslim. Maka ketika seorang yang berjalan ke masjid, maka tiap langkah kakinya akan diberikan satu pahala , dan dihapuskan satu dosa , dan dinaikkan pula satu derajat oleh Allah SWT.

                Keutamaan selanjutnya , seseorang tersebut dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat yang ada di lingungan sekitarnya. Karena secara tidak langsung orang – orang yang hanya melihat dan memperhatikan kita menuju ke masjid akan senantiasa tergerak hatinya untuk ikut bersama kita melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Maka hal itupun akan menjadi pahala bagi kita maupun orang tersebut .

                Keutamaan sholat berjamaah pula pastinya akan menumbuhkan rasa tali silaturahmi yang sangat erat , bagaimana tidak  . . ketika seseorang sudah terbiasa melakukan sholat berjamaah bersama orang – orang disekelilingnya , maka secara tidak langsung orang tersebut akan saling bersilaturahmi . Dan yang nantinya , orang tersebut dengan yang lainnya akan menimbulkan rasa persaudaraan , kasih sayan dan persamaan yang sangat erat terhadap sesama muslim .

                Sungguh akan sangat berbeda pahalanya dibandingkan dengan orang yang hanya sholat sendiri. Pahala yang akan didapat dari orang yang sholat berjamaah akan berbanding 27 derajat daripada sholat sendiri.

Terima kasih semuanya !! Dicukupkan sekian , semoga bermanfaat , dan mulailah dari sekarang !

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel