Wahh!! Ternyata ini teknologi asli buatan Indonesia

19 Jul 2018 09:19 553 Hits 0 Comments
Kita wajib bangga dengan teknologi buatan Indonesia ini!!

Perkembangan teknologi yang begitu pesat tidak hanya terjadi di negara-negara maju saja loh, ternyata Indonesia pun turut mengalami perkembangan teknologi. Meski tidak semaju negara-negara maju seperti Jepang, namun nyatanya Indonesia tidak pernah tertinggal oleh tren dan ikut membuat inovasi-inovasi dibidang tersebut.

Nah apa saja sih teknologi yang dibuat oleh tangan-tangan Indonesia? yuk simak penjelasannya.

1. Robot Gegana

Apa sih Robot Gegana? Robot gegana adalah sebuah roboh canggih yang diciptakan untuk menjinakkan bom yang tertanam di dalam tanah dan menembak target incaran secara tepat sasaran. Robot ini dibuat oleh Tim Penjinak Bom Gegana Brimop.

Kemampuannya sangat berguna bagi penjinak bom dan dapat digunakan di dalam pertempuran juga loh. Robot ini didesain berbentuk mobil tank, juga pernah dipamerkan di Pameran Teknologi dan Polisi di Balai Pertemuan Metro Jaya, Jakarta.

2. Sosrobahu

Sosrobahu adalah sebuah alat kontruksi yang diciptakan oleh ilmuwan Indonesia. Teknologi ini digunakan untuk membuat jalan layang. Dengan sosrobahu ini, jalan yang dibangun bisa mencapai umur satu abad loh. Dan hebatnya teknologi ini sudah diakui dunia dan telah digunakan oleh negara-negara selain Indonesia seperti Malaysia hingga Thailand.

3. Wakamini dan Wakatobi (Tablet PC)

Wakamini dan Wakatobi diciptakan oleh perusahaan lokal bernama Zyre. AlatĀ ini merupakan dua seri komputer tablet sejenis iPad yang diciptakan oleh perusahaan besar, Apple.

Tablet PC ini dibuat menggunakan material asli Indonesia, tanpa ada campur tangan pihak luar. Harga dari alat ini yaitu sekitar 3 jutaan, yang sudah dibekali fitur-fitur canggih yang tidak kalah dari iPad dan diperkenalkan pertama kali di ajang FKI-ICS 2010, Balai Sidang, Jakarta.

4. Smart Eagle II

Smart Eagle II adalah pesawat tanpa awak yang diciptakan oleh PT Aviator Teknologi Indonesia digunakanĀ untuk kepentingan intelijen negara. Pesawat canggih ini mampu terbang hingga jangka waktu 6 jam dan mampu beroperasi di malam hari.

Smart Eagle II pertama kali diuji coba di Pantai Selatan, Jawa Barat. Hasil yang didapat pun memuaskan, sayangnya pengembangannya tidak berjalan dengan baik seolah terabaikan. Padahal sangat berguna bagi kemiliteran di Indonesia.

5. Pesawat N-250

Sebuah pesawan penumpang sipil bernama Pesawar N-250 merupakan pesawat yang dirancang oleh IPTN Indonesia yang pernah menjadi kebanggan Tanah Air. Pesawat yang diluncurkan pada tahun 1995 ini memiliki keunggulan di kelasnya dan mampu merebut pasar kelas 50-70 penumpang. Pesawat inipun pernah dipamerkan di Indonesia Air Show pada 1996 dan mendapat paling banyak apresiasi.

Sayangnya, pesawai ini tidak dilanjutkan produksinya karena terjadi krisis ekonomi pada tahun 1997. Pernah akan diteruskan oleh B.J.Habibie, namun membutuhkan dana yang fantastis. Sehingga pesawat ini hanya tinggal kenangan.

6. Xirka

Ternyata Indonesia pun memiliki chipsetnya sendiri loh yang diberi nama Xirka. Chipset ini dirilis pada Agustus 2009 dan hadir dengan varian yakni fixed wimax dan mobile wimax untuk jaringan internet . Sayangnya, Chipset ini tidak dibuat untuk produk gadget seperti smarthphone atau tablet. Chipset ini hanya dapat digunakan untuk alat pemindai absensi mahasiswa dan transaksi Cahsless.

7. Mobil Arina, SMK

Mobil ini merupakan mobil hasil kerja sama antara Armada Indonesia (Arina) dengan siswa-siswa SMK. Mobil buatan asli Indonesia ini dirancang menggunakan mesin sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc. Menariknya konsumsi bensin dari mobil ini hanya 1 liter untuk perjalanan sejauh 40 km.

Bagaimana teman-teman? Indonesia tidak kalah hebatnya bukan? kita juga wajib bangga menjadi warga Indonesia.

Sekian terima kasih.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 25
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel