Woww!! Inilah 5 teknologi tercanggih saat ini

18 Jul 2018 09:09 1305 Hits 0 Comments
Mau tau apa saja ? Yuk simak penjelasannya.

Pada saat ini, banyak sekali ilmuwan yang telah menemukan teknologi-teknologi yang menggemparkan dunia IT. Sebagian dari temuan ilmuan tersebut dikategorikan temuan tercanggih dan terunik. Namun tidak sedikit dari teknologi-teknologi tersebut berakhir begitu saja. Salah satunya dari faktor biaya produksi yang mahal sehingga harga jual yang terlalu tingg ataupun dari segi lainnya.

Tercatat aplikasi tercanggih di dunia, apa saja itu? mari simak penjelasannya.

1. Quantum Teleporter atau Q-Teleportation

Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu teleportation atau teleportasi? Teleportasi adalah kemampuan untuk menguraikan atau mengirim objek menjadi atom dari satu tempat ke tempat lain dan menyusunnya kembali tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Nah lalu apa itu Quantum Teleportation ? Q-teleportation adalah teknologi terbaru yang berhasil diciptakan untuk memindahkan benda dari suatu tempat ke tempat tujuan yang diinginkan dengan menggunakan foton. Q-Trasportation ini diciptakan oleh tim Caltech California pada tahun 1998. pada alat ini objek dihancurkan dan dibuat kembali  Oleh karena itu , Q-teleportation ini tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini menciptakan replika benda sebelumnya pada posisi ditempat lain dan benda sebelumnya akan menghilang selama replikanya diciptakan.

2. Tesla Car

Beberapa produsen mobil berlomba-lomba menciptakan mobil paling canggih yang dapat mewujudkan impian warga dunia. Namun hanya ada beberapa yang dapat membuatnya dengan kemampuan dan kriteria tertentu. Saat ini Tesla car dinobatkan sebagai Mobil Tahun Ini (Car of The Year) oleh MotorTrend. Mobil ini diciptakan oleh Elon Musk bersama timnya yang dipersenjatai dengan Artificial Intelligence(AI). Tesla car ini merupakan mobil yang cepat, aman digunakan , berjalan oleh bahan bakar listrik , dan benar-benar unik, dan mobil inipun menjadi mobil paling dicari di Amerika Srikat dan seluruh penjuru dunia.

3. Sarung Tangan Bisu (Enable Talk)

Tiga orang siswa dengan julukan QuadSquad (Anton Stepanov, Anton Posternikov, dan Maxim Osika) dari ukraina berhasil menciptakan sarung tangan dengan sensor elektronik yang dapat mengubah gerakan tangan menjadi audio vokal melalui smartphone. Perangkat bernama Enable Talk siap mengubah hidup 40 juta orang bisu di dunia. Sarung tangan ini menyabet gelar pertama di Microsoft Imagine Cup 2012, Sydney Australia. Sarung tangan ini berfungsi membantu orang bisu, tuli atau bisu tuli supaya dapat berkomunikasi dengan orang yang tidak mengerti bahasa isyarat.

4. Charger bertenaga air (PowerTrekk)

Cahrger bertenaga air ini bernama PowerTrekk yang diproduksi oleh perusaahan Swedia, myFC ini dirancang khusus untuk pengisian daya listrik peralatan-peralatan elektronik berupa gadget, baik itu HP, Kamera digital, table, dan semacamnya. Alat ini cukup dengan 1 sendok makan air, dapat mengisi energi HP untuk pemakaian 10 jam. Perangkat berisi sodium ini akan mengubah air menjadi hidrogen serta menjadikannya tenaga melalui reaksi kimia.

5. The eye Tribe

Apa itu The eye Tribe ? The eye tribe merupakan sebuah sensor yang melacak mata melalui gerakan pupil yang ditemukan oleh mahasiswa PhD dari Universitas Copenhagen dengan temuan pertama yang dinamai Submiliter Pupil Tracking. Alat ini menggunakan sensor infrared yang menangkap gerakan pupil mata dan kemudian dapat mengendalikan smartphone atau tablet tersebut melalui gerakan mata. 

Nah itulah beberapa teknologi tercanggih pada masa kini. Bagaimana? sangat canggih bukan? Semoga dapat memotivasi kita untuk selalu kreatif. 

Terima kasih.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 32
Ordinary

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel