Mengenal Sistem Operasi Linux Lebih Dekat

17 Jul 2018 09:21 1075 Hits 0 Comments
Saat ini banyak Programmer yang menggunakan Sistem Operasi Linux , Walaupun Sistem Operasi Windows masih banyak digunakan tapi Sistem Operasi Linux ini namanya sering kita dengar.

Saat ini banyak Programmer yang menggunakan Sistem Operasi Linux , Walaupun Sistem Operasi Windows masih banyak digunakan tapi Sistem Operasi Linux ini namanya sering kita dengar. Disini saya akan membahas Tentang salah satu Sistem Operasi Open Source yaitu Linux.

Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX. Mengapa berbasis UNIX? Dikatakan demikian karena Linux dikembangkan berdasarkan standar yang dimiliki oleh UNIX, dengan kata lain Linux ini merupakan turunan dari UNIX. Linus Trovalds adalah pembuat atau bisa dibilang sosok dibalik sistem operasi ini.

Software linux dirancang oleh mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvald. Software ini berawal dari proyek hobi yang terinspirasi dari Minix. Minix yaitu sebuah sistem UNIX yang kecil. Sistem UNIX dipopulerkan oleh Andrew Tanenbaum. Waktu pengerjaan untuk versi 0.01 sekitar Agustus 1991. Lalu, Linus mengumumkan versi 0.02 software ini pada 5 Oktober 1991. Saat itu, versi 0.02 hanya bisa menjalankan gcc (GNU C Compiler) dan shell bash (GNU Bourne Again Shell).Software linux dirancang oleh mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvald. Software ini berawal dari proyek hobi yang terinspirasi dari Minix. Minix yaitu sebuah sistem UNIX yang kecil. Sistem UNIX dipopulerkan oleh Andrew Tanenbaum. Waktu pengerjaan untuk versi 0.01 sekitar Agustus 1991. Lalu, Linus mengumumkan versi 0.02 software ini pada 5 Oktober 1991. Saat itu, versi 0.02 hanya bisa menjalankan gcc (GNU C Compiler) dan shell bash (GNU Bourne Again Shell).

Nama Linux diambil sendiri diambil dari nama Beliau, yang diperkenalkan sekitar tahun 1991. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan multi tasking. Artinya lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang sama dan aplikasi yang berbeda. Linux juga multi-tasking, artinya user dapat mengeksekusi lebih dari satu proses (program) pada waktu yang sama.

Selain itu Linux memiliki beberapa Kelebihan yaitu :

  1. Free dan Open Source

 karena free dan open source. Arti free di sini bukan hanya gratis, melainkan bebas atau kebebasan. Bebas melakukan memodifikasi, menyebarkan, mempelajari, dsb. Kemudian, Open Source artinya, kode sumbernya terbuka. Dengan demikian, siapa saja bebas membaca, mempelajari, dan memodifikasi kode sumbernya

2. Aman dari Virus

Menggunakan Sistem Operasi Linux ini , Laptop/Komputer jarang ada Virus tidak seperti saat kita menggunakan Sistem Operasi yang lain

3. Mendukung Banyak Bahasa Pemograman

Nah ini juga alasan kenapa para Programmer sering menggunakan Linux sebagai Sistem Operasi , Ternyata Linux ini juga mendukung banyak nya Bahasa Pemograman sehingga Programmer sering menggunakan nya .

Selain Memiliki Kelebihan Linux juga pastinya memiliki beberapa Kekurangan seperti :

1. Sering Error

Linux adalah Sistem Operasi yang sering Error, Sering juga ada yang sampai kehilangan Data akibat menggunakan Sistem Operasi Linux ini.

2. Banyak User yang belum terbiasa 

Hal ini wajar karena Sistem Operasi ini belum banyak yang menggunakan hanya beberapa orang saja yang menggunakannya.

3.Aplikasi nya tidak Seampuh Windows

Hal ini bisa kita maklumi sebab saat ini Windows adalah Sistem Operasi yang paling banyak digunakan oleh seluruh penjuru dunia.

Tags Teknologi

About The Author

Elsa Aprilia Azzahra 29
Novice

Elsa Aprilia Azzahra

Haloo

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel