Beberapa Format/Ekstensi Video yang Populer

6 Jul 2018 19:57 985 Hits 0 Comments
Perlu diketahui bahwa setiap film atau video yang kita memiliki format/ekstensi yang berbeda-beda, tergantung dimana mendapatkannya dan siapa yang menyediakannya. Berikut beberapa ekstensi video yang populer.

Perlu diketahui bahwa setiap film atau video yang kita memiliki format/ekstensi yang berbeda-beda, tergantung dimana mendapatkannya dan siapa yang menyediakannya. Berikut beberapa ekstensi video yang populer.

AVI

AVI atau Audio Video Interleave menjadi salah satu format file paling populer karena sering digunakan sebagai format film dan video secara luas melalui berbagai macam media. AVI juga sering digunakan sebagai format file default bagi handy cam dan kamera digital pada umumnya. Format yang diciptakan oleh Microsoft ini juga terkenal karena sering dikombinasikan dengan codec-codec seperti DivX dan XVID, namun bagi yang hendak menayangkan video dengan codec seperti yang telah disebutkan, jangan lupa untuk menginstal file pembaca codec-nya terlebih dahulu.

MP4

YouTube menjadi website yang membuat MP4 semakin banyak karena ia menggunakan ekstensi MP4 (selain MKV), sebagai format file standar pada setiap video yang mereka sediakan. File MP4 umumnya digunakan mengandung MPEG-4 media, tidak hanya MPEG-4 audio atau video,tetapi juga MPEG-4 presentasi. Ketika presentasi lengkap atau sebagian disimpan dalam sebuah file MP4, ada struktur khusus dokumen yang di presentasi.

MPG atau MPEG

MPG atau MPEG pernah menjadi penguasa dari segala video di rumah-rumah. Dulu waktu era VCD masih menjamur di Indonesia, setiap file .DAT yang berada di dalam kepingan VCD merupakan sebuah video yang memiliki format MPEG 1. Selain VCD, MPG juga sering ditemukan di dalam DVD dan bahkan Blu-Ray sebagai ekstensi default video yang berada di dalamnya.

3GP

Format file video ini menjadi format file default bagi handphone keluaran beberapa tahun yang lalu. 3GP memang secara khusus dioptimalkan sebagai ekstensi video berukuran kecil terutama dari handphone, terutama dalam segi ukuran file yang dihasilkan. Ciri dari 3GP biasanya gambar dan suaranya kurang bagus. Berbeda cukup jauh dengan format video yang lainnya.

WEBM

WEBM kini juga telah menjadi salah satu format file video yang mulai tekenal di internet. Ia menggunakan format coding video VP8/VP9 dan audio Vorbis atau Opus sebagai standar codec. Untuk di Indonesia, mungkin memang belum banyak yang menggunakan WebM sebagai format file video, akan tetapi di luar sana semenjak hadinrya HTML5, WebM semakin menjamur sebagai media standar file, baik itu untuk situs forum hingga situs berita. Sama dengan MKV, WebM memiliki kontainer yang bernama Matroska.

MKV

Matroska Video telah menjadi media yang digandrungi oleh para penyedia film di internet karena ia fleksibel dan dapat menyimpan banyak video, audio, gambar, atau bahkan file subtitle dalam satu file video yang sama. Mungkin sama dengan ekstensi populer lainnya seperti AVI maupun MP4, akan tetapi Matroska sangat terbuka dalam hal spesifikasi dan ia menjadi bagian dari software open source sehingga mudah untuk dimodifikasi.

Windows Media Video

Format video ini diciptakan oleh windows, mudah digunakan dan didukung secara luas oleh Windows menjadikan format video ini digunakan secara luas sejak Windows XP memegang peranan penting dalam dunia sistem operasi.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 35
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel