Cara Supaya Kamu Jadi Suka Membaca

12 Aug 2019 10:05 530 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagi kamu yang kurang suka membaca, berikut ada beberapa tips supaya kamu jadi gemar membaca.

Minat baca masyarakat Indonesia bisa dibilang sangat rendah. Dari penelitian Central Connecticut State University, Indonesia menempati peringkat 60 dari 61 negara yang telah disurvei dalam hal literasi.

Pemerintah juga sudah mengerahkan banyak macam cara supaya anak - anak menjadi gemar membaca seperti literasi 10 menit sebelum pembelajaran di sekolah, dan sebagainya. Nah bagi kamu yang kurang suka membaca, berikut ada beberapa tips supaya kamu jadi gemar membaca.

 

Meningkatkan rasa ingin tahu

Jaman sekarang ini segala informasi dapat dengan mudah didapatkan. Ketika kamu mengetikkan topik yang ingin kamu ketahui dalam mesin pencarian web, ada banyak sekali sumber yang dapat kamu baca. Namun, semakin sering kamu menatap layar ponsel atau layar komputer, mata menjadi lelah bukan? Itu karena adanya radiasi dari layar tersebut. Salah satu sumber informasi yang dapat menjadi solusi adalah buku.

Buatlah jadwal untuk mengunjungi toko buku atau perpustakaan untuk mencari buku yang memuat informasi sesuai topik yang kamu cari. Buku akan memberikan informasi dengan detail dan jelas.

 

Memilih buku sesuai keinginan

Bagi kamu yang baru ingin memulai hobi membaca buku, sebaiknya pilih buku yang ringan atau yang sesuai dengan keinginanmu. Misalnya saja, kamu menyukai cerita-cerita fiksi, pilih saja novel atau buku antologi cerita pendek.

Jika kamu menyukai buku non fiksi, pilih saja buku-buku biografi seorang tokoh, buku dengan kisah nyata atau kamu dapat memilih buku pengetahuan. Semua tema buku tersebut selalu memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya.

 

Cari rekomendasi buku yang bagus

Bagi kamu yang masih bingung untuk menentukan jenis buku apa yang kamu sukai, kamu bisa mencari rekomendasi buku yang bagus untuk kamu baca. Bagus di sini artinya relatif, setiap orang memiliki pendapat yang berbeda mengenai buku yang bagus menurut mereka. Kamu bisa bertanya kepada temanmu, guru atau dosen.

Tanyakan buku yang sedang kamu butuhkan, karena biasanya kamu akan direkomendasikan buku yang mereka sukai. Referensi buku yang akan kamu dapat sangat beragam. Jadi, tergantung buku apa yang ingin atau sedang kamu butuhkan.

 

Membuat jadwal rutin membaca buku

Memiliki waktu khusus untuk membaca buku merupakan hal penting, karena dapat membantu kamu untuk teratur membaca buku. Seringkali orang berhenti membaca karena mereka tidak mampu berkonsentrasi pada buku bacaannya, akhirnya mereka malas untuk melanjutkan hobi membaca.

Sisihkan waktu beberapa menit sebelum tidur atau saat istrahat dari aktifitas untuk membaca. Jika sudah konsisten, kamu bisa menambah durasi waktu untuk membaca. 

 

Membaca buku secara bertahap

Untuk mengawali hobi ini, kamu dapat membaca buku seperlunya saja. Hal tersebut biasanya akan membuatmu semakin penasaran dengan isi buku tersebut. Jika kamu sudah terbiasa dengan hobi membaca buku ni, maka dengan sendirinya intensitas membaca yang kamu miliki akan bertambah.

 

Membaca di waktu kosong

Coba deh, kalau kamu lagi tidak ada kerjaan. Daripada melamun ga jelas, lebih baik gunakan waktu itu untuk membaca. Saya sendiri daripada bosan saat di angkot/bus, saya lebih memilih membaca buku sambil mendengarkan musik. Tapi harus hati-hati juga takut pemberhentiannya terlewat.

 

Segitu dulu aja tips dari saya, semoga kamu jadi lebih suka membaca. Terima kasih

Tags

About The Author

Akmal Athallah 34
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel