Belajar yang Menyenangkan

6 Jul 2018 09:33 1483 Hits 0 Comments
Haaii Plimber.. kali ini saya akan membahas bagaimana sih cara untuk belajar yang menyenangkan dan tidak mudah bosan tentunya ,,yuk simak penjelasannnya !!

Saatnya untuk membuat belajar kita menjadi menyenangkan Plimber !! Jika kita merasa belajar itu sulit dan membosankan, carilah cara agar belajar itu nampak menyenangkan. Cobalah untuk membuat suasana yang lebih kondusif sehingga bisa kita nikmati pada saat belajar dan menciptakan suasana kondusif pun mampu meningkatkan daya konsentrasi kita. Selain itu belajar pun jadi lebih menarik dan juga lebih seru.

Berikut adalah beberapa cara dan sarana untuk memulai belajar menjadi lebih menyenangkan :

  1. Penjadwalan

Dimulai dari penjadwalan. Kita harus menjadwalkan mana waktu untuk belajar dan waktu untuk bermain. Jangan belajar terus menerus tanpa henti, karena hal tersebut membuat kita stres saat belajar. Buatlah jadwal tertentu dan cobalah untuk mencurahkan diri kita sepenuhnya ketika belajar, dan jangan lupa untuk hadiahi diri kita dengan apa yang sangat ingin kita lakukan setelah belajar.

Gunakan waktu belajar kita secara efektif. Ketika waktu bermain, maka bermain sepenuhnya dan ketika waktu belajar maka belajar lah dengan sesungguh – sungguhnya. Itulah yang dinamakan (Work Hard then Play Hard).

  1. Sadarlah bahwa belajar mampu berguna untuk masa depan

Mungkin untuk saat ini kita tidak bersemangat dalam belajar, ketika kita belajar didepan meja kita merasa bahwa hal itu sangat malas untuk kita lakukan. Namun, cobalah untuk mempelajari kemampuan untuk menghadapi tantangan. Kita harus belajar untuk menempatkan prioritas, bersabar, dan menghadapi sesuatu yang tidak kita sukai dan tidak diminati. Mungkin untuk saat ini tidak terasa, tetapi pelajaran sangat penting untuk dijadikan bekal dalam hidup.

  1. Belajar dengan melagukan

Cobalah untuk menciptakan lagu tentang bahasan yang dipelajari. Cobalah menjadi kreatif dengan mendengarkan suatu nada dari lagu yang kita pilih dan mengganti liriknya dengan poin-poin umum dari bahan bahasan yang kita pelajari. Hal itu akan sangat menarik untuk kita nyanyikan dan akan mudah meresap kedalam otak kita.

 

  1. Membuat soal sendiri

Berpura-puralah seolah-olah kita seorang guru yang akan membuat soal ulangan atau kuis yang untuk siswa nya. Dan jawablah pertanyaan tersebut oleh diri kita sendiri. Mintalah salah satu anggota keluarga yang tidak menjawab soal itu memberi nilai. Kita juga bisa memberi nilai jika yakin bahwa jawabanya itu benar.

  1. Ciptakan lingungan tanpa stres (Rileks)

Rileks merupakan kunci utama kita dalam belajar lhoo. Sebab dengan rileks semua materi yang kita pelajari mampu dibahas. Cobalah untuk memijat kepala kita terlebih dahulu dan lihatlah daun-daun diluar sana lalu hiruplah udara segar yang ada. Hal tersebut mampu membuat pikiran kita terasa plong dan kita siap untuk memulai belajar kembali.

  1. Cobalah untuk mengajak teman berlomba dalam belajar

Ajak teman kita dan belajarlah bersama .Setelah kita membahas materinya cobalah untuk menjawab soal dengan teman kita pada buku bahasan yang kita pelajari. Hal tersebut mampu membuat kita ber kompetitif dan membuat belajar kita lebih menyenangkan dari sebelumnya.

  1. Jangan lupa istirahat

Istirahat itu penting untuk memulihkan kembali pikiran kita yang sudah lama dipakai untuk berpikir. Maka istirahatlah setelah belajar agar kita tidak mudah stres dan tidak membebani diri sendiri .

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat !!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel