Rindu Game Zaman Doeloe

29 Jun 2018 09:40 1669 Hits 0 Comments
Zaman doeloe tidak seperti zaman sekarang . Semua telah berubah . Salah satu contohnya adalah game . Game zaman doeloe dengan game zaman sekarang sangat berbeda , sampai - sampai game zaman doeloe lebih enak dibanding game zaman sekarang , kenawhy ?

Hari ini , zaman teknologi pasti sangat hebat , tapi kadang - kadang , zaman teknologi sekarang merasa tidak seperti zaman doeloe . salah satu contohnya adalah Game .

" Kenawhy ? " .

Karena seiring berkembangnya zaman , Game pun ikut berkembang , tetapi Game zaman sekarang sudah tidak seperti zaman doeloe . Karena ada beberapa hal yang dirindukan saat Game zaman doeloe . Apa aja sih hal - halnya ? .

Harga Yang Tidak Mahal .

Dulu , waktu pas SD , saat punya PS1 atau PS2 , pernahkan beli kaset gamenya yang harganya paling hanya 5 ribu buat PS2 sedangkan 3 ribu buat PS1 ? Sedangkan zaman sekarang , console seperti PS4 atau Xbox One atau PC , harga 1 game nya bisa dimulai dari 10 ribu sampai 4 juta lebih ? Dan itu pun belum tahu apakah gamenya Worth It atau tidak .

Tidak Perlu Koneksi .

Mungkin zaman doeloe ada game yang menggunakan koneksi seperti Lost Saga , Point Blank . Tapi rata - rata game zaman doeloe banyak yang tidak perlu koneksi . Tapi zaman sekarang , semua sudah berubah saat ada kata " online " . Banyak game yang membutuhkan koneksi , seperti Mobile Legends , Clash Of Clans , Dota 2 , dan masih banyak lagi .

No Microtransactions , No DLC .

Zaman doeloe saat membeli sebuah game , game itu sudah pasti isi kontennya lengkap . Tidak perlu membeli konten tambahan ataupun membeli konten di game yang masih terkunci . Tapi , semuanya berubah saat Microtransactions dan DLC menyerang . Karena ada beberapa developer yang membuat sebuah game , namun isi kontennya tidak lengkap . Tapi , sebenarnya tidak apa - apa apabila Microtransactions dan DLC yang mereka jual hanyalah untuk mengkustomisasi karakter atau beberapa konten tambahan .

Update Adalah Sebuah Kewajiban .

Zaman doeloe , waktu main game - game seperti PS1 atau PS2 , yang hanya perlu dilakukan memasukkan kaset gamenya lalu mainkan . Itu aja . Sedangkan , zaman sekarang , dunia game telah mewajibkan satu hal , yaitu Update . Para developer mewajibkan satu hal ini apabila ada suatu bug , glitch , atau error yang harus dibetulkan . Dan tidak hanya hal itu saja , ada juga untuk meng-update fitur gameplay yang baru atau fitur - fitur yang lainnya . Biasanya Update satu game di zaman sekarang bisa mencapai 1GB minimalnya .

Cheat Is Cheating .

Zaman sekarang pasti kalau ada gamer yang menggunakan Cheat , pasti langsung bilangnya " Ngecheat " " Licik " atau " Cheater " . Apalagi kalau digunakan saat bermain Multiplayer atau Online , otomatis akun gamenya akan di-banned . Tapi di zaman doeloe , Cheat merupakan satu hal yang paling dipuji untuk para gamer zaman doeloe . Karena di zaman doeloe game yang tersedia kebanyakan Single Player . Salah satu contoh Cheat yang paling diketahui adalah Gameshark . Atau kadang - kadang suka menulis Cheat GTA San Andreas di kertas selembar .

Split Screen

Zaman doeloe , kalau main game seperti perang atau balapan atau yang ada fitur Multiplayer atau Co-Op , pasti sering ada yang namanya Split Screen . Split Screen biasanya bisa langsung dimainkan bersama 2 orang atau lebih di satu console atau PC . Tidak memerlukan koneksi untuk bermain Split Screen . Sedangkan zaman sekarang , fitur Split Screen hanya ada beberapa game yang menyediakannya .

Jadi itulah beberapa hal yang paling dirindukan bermain game pada saat zaman doeloe .

Until Next Time , Peace .

Tags Game

About The Author

JER 36
Ordinary

JER

Suka sesuatu.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel