Tips Menjadi Programmer Cerdas

5 Jun 2018 13:41 1513 Hits 0 Comments
Tips bagaimana menjadi programmer cerdas.. Kita cek bareng-bareng yuk !!

Seorang programmer mempunyai kebanggaan tersendiri, ketika mereka memliki karya yang hebat dan menguasai ilmu pemrograman yang sangat banyak. Ilmu pemrograman itu sendiri merupakan sebuah seni dalam merancang code pemrrograman untuk dijadikan sebuah aplikasi. Untuk menjadi seorang programmer seperti itu kamu harus cerdas dalam memilih beberapa tindakan. Karena tidak menutup kemungkinan beberapa programmer lainnya hanya mementingkan pengetahuannya lebih dalam tetapi tidak dengan kesehatan dirinya ataupun hal-hal lain yang berdampak buruk bagi dirinya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang programmer yang cerdas baik dalam menguasai ilmu pemrograman maupun bergaya hidup yang berdampak positif bagi seorang programmer tersebut.        

  1. Tambah terus pengetahuanmu dalam dunia pemrograman. Hal tersebut akan sangat banyak membantu dalam memecahkan masalah pada saat menemukan banyak error dalam sintaks pemrograman.
  2. Mulailah dengan belajar logika-logika dasasr. Sehari satu masalah itu akan menambah pengetahuanmu lebih dalam, dampaknya juga akan semakin besar dalam kecerdasanmu.
  3. Coba pelajari bahasa pemrograman yang baru. Cobalah untuk memahami bahasa pemrograman yang asing darimu, karena itu akan sangat menantang dan cobalah untuk melakukan tes-tes logika setelah itu.
  4. Carilah komunitas atau organisasi yang fokus dalam pemrograman. Terdapat banyak sekali forum diskusi di internet yang membahas tentang pemrograman. Kita coba untuk melakukan diskusi bersama mereka, hal tersebut akan menambah kecerdasanmu lebih dalam. Selain itu, kamu bisa menemukan teman dan hal-hal baru.
  5. Cobalah mengingat beberapa hal baru yang pernah kamu pelajari. Buatlah kebiasaan baik setiap hari setelah kamu mempelajari bahasa pemrograman yang baru. Hal tersebut mampu membuat daya ingatmu lebih terjaga.
  6. Cobalah cari orang-orang yang mampu mengajarimu atau membantumu dalam pemrograman. Ketika menemukan masalah dalam pemrograman cobalah untuk bertanya kepada temanmu, gurumu atau siapapun dan cobalah untuk memahami hal tersebut. Jika tidak paham, terus bertanya hingga kamu paham. Sebab hal tersebut akan sangat mudah masuk dalam ingatan jangka panjang.
  7. Jangan takut untuk copy paste program yang sudah ada. Sebelum melakukan hal tersebut kamu harus memahami dahulu program yang kamu copy dan cobalah untuk tidak langsung meng ­copy, melainkan kamu harus mengetik ulang baris code yang telah tersedia, agar kamu sangat memahami beberapa logika dalam baris code tersebut.
  8. Self Programming. Biasa disebut memprogram atau mengatur diri sendiri. Hal tersebut sangat penting untuk sang programmer cerdas, karena seorang programmer juga manusia, kamu harus mampu mengatur waktu baik itu waktu untuk makan, waktu beribadah, waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan refreshing agar kamu tidak setress dalam melakukan pemrograman kembali. Hal tersebut mampu membuat otakmu menjadi segar kembali dan itu sangat bagus untuk menjadi programmer cerdas.
Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel