Power Supply Dengan Label 80 Plus ?

3 Jun 2018 21:52 1556 Hits 0 Comments

Jika anda merakit Komputer , tentunya anda harus membeli Power Supply kan ? . Taukah anda , anda harus teliti dalam membeli Power Supply , apalagi untuk kebutuhan anda . Power Supply memiliki beragam kualitas , dimulai dari Bronze , Silver , Gold , Platinum . Tapi , apa yang membedakan dari keempat kualitas itu ?

Hello World . Bertemu lagi dan bertemu lagi , tetapi beda artikel . Bagaikan Serupa Tapi Tak Sama .

Hari ini , saya akan membedakan tentang PSU . . .

“ PSU ? Power Supply ? Ngebedain apaan ? “ .

Biasanya , bagi para pecinta Komputer , terutama yang suka merakit Komputer , mereka suka membutuhkan sebuah Power Supply . Dimana Power Supply adalah sumber kehidupan bagi para Hardware Komputer , Power Supply itu bagaikan jantungnya Komputer , adapun Power Supply itu bagaikan Converter . Yaitu merubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC . Tapi taukah anda , jika Power Supply ada yang memiliki Standard 80 Plus .

“80 Plus itu apa ? “ .

80 Plus itu adalah efisiensi dari Power Supply ( biasanya suka ada label dengan tulisan 80 Plus di Power Supplynya ) . Standard ini dikelola oleh organisasi bernama Ecos Consulting , dimana Standard Power Supply membuang beberapa watt dan mengubahnya menjadi panas . Contohnya , Power Supply 500W dengan Standard 80 Plus ( 80 % Efisiensi ) hanya menyedot 360W dan 160W menjadi panas . Standard 80 Plus memiliki berbagai kualitas , dimulai dari :

Bronze

Power Supply dengan label Bronze biasanya memiliki efisiensi sekitar 82 % . Bronze merupakan kualitas yang terendah . Biasanya suka dipakai untuk Komputer yang suka buat bikin dokumen .

Silver

Power Supply dengan label Silver memiliki efisiensi yang besar daripada Bronze . Memiliki efisiensi sekitar 85 % .

Gold

Power Supply dengan label Gold , ini yang sering dicari , karena memiliki efisiensi yang cukup tinggi , yaitu sekitar 87 % . Banyak orang memakai Power Supply ini , agar terhindar dari kerusakan dan menghemat biaya listrik . Lebih baik menggunakan Power Supply dengan label Gold dibanding Power Supply dengan label Silver . Karena harganya tidak jauh beda .

Platinum

Ini adalah Power Supply yang hebat . Power Supply dengan label Platinum memiliki efisiensi yang sangat tinggi , karena efisiensinya bisa mencapai 91 % . Power Supply dengan efisiensi yang bisa mencapai 91 % ini biasanya sering dipakai oleh para gamers atau Komputer yang memiliki spek tinggi .

Titanium

Power Supply yang terhebat dibanding Platinum , karena memiliki efisiensi yang luar biasa , yaitu sekitar 96% .

Jadi , seperti itulah Power Supply . Memang bagus apabila Power Supply memiliki Standard 80 Plus , apalagi dengan kualitasnya , mulai dari Bronze , Silver , Gold , Platinum , dan Titanium . Semakin bagus kualitasnya , semakin bagus efisiensi , terhindar dari kerusakan , dan semakin besar kemungkinan untuk mengemat biaya listrik . Tapi satu yang harus diperhatikan , yaitu harga . Saya sarankan untuk memakai Power Supply dengan label Silver untuk kepentingan biasa saja , tapi untuk bermain Game yang tidak terlalu besar speknya , lebih baik menggunakan Power Supply dengan label Gold ( apabila uang anda mencukupi ) .

Until Next Time , Peace .

Tags Komputer Game

About The Author

JER 35
Ordinary

JER

Suka sesuatu. Hiatus/

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel