10 Hal Jika Ingin Jadi Penulis

22 May 2018 16:47 1291 Hits 0 Comments
Pada postingan ini, gue ingin berbagi kepada kalian semua mengenai 10 hal yang sedikit banyaknya kalian perlu tahu jika kalian juga ingin menjadi seorang penulis. 

Pada postingan ini, gue ingin berbagi kepada kalian semua mengenai 10 hal yang sedikit banyaknya kalian perlu tahu jika kalian juga ingin menjadi seorang penulis. Mungkin 10 hal ini masih banyak kekurangan di sana-sini dan gue pribadi harap maklum. Apabila ada saran dan kritik, kalian bisa berikan di kolom komentar pada bagian bawah postingan ini.
So, apa saja sih 10 hal yang perlu kalian tahu jika kalian ingin menjadi penulis?

Hal Pertama

Buatlah janji pada diri sendiri terlebih dahulu, bahwa kalian benar-benar akan menulis serius. Hal ini sangatlah penting. Sebab tanpa adanya komitmen ini, lebih baik simpan saja pena dan kertas atau laptop kalian. Hal itu tidak akan berhasil. Ingat, menulislah sesering mungkin. Itulah yang dilakukan oleh seorang penulisya mereka menulis. Seorang Raditya Dika yang juga penulis novel Best Seller Kambing Jantan pernah menulis seperti ini, Karena dari sekian banyak yang kita tulis, biasanya hanya sebagian kecil yang terpakai. Makanya, semakin banyak nulis, semakin banyak pilihan, semakin bagus.

Hal Kedua

Luangkan waktu khusus untuk menulis. Hal ini penting karena selama menulis, apapun itu jenis tulisannya, PASTI sewaktu-waktu kalian akan merasa kehilangan semangat, bosan, marah, atau jenuh, dan saat kalian mulai merasakan semuanya itu, kalian memerlukan sebuah pola yang jelas untuk menjaga mood agar kalian tetap melanjutkan tulisan hingga selesai.

Sesekali mungkin kalian juga harus mengganti jam penulisan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya, namun berusahalah agar penulisan dilakukan seteratur mungkin.

Apa yang gue maksud dengan waktu khusus?

Dua jam setiap pagi dan setiap malam, dan delapan jam satu hari setiap akhir pekan, misalnya seperti itu. Putuskan berapa banyak waktu yang akan kalian luangkan untuk menulis setiap minggu, lalu jalankan hal itu. Banyak calon penulis yang gagal. Mudah-mudahan bukan gue, dan bukan diantara kalian juga. Sebabnya adalah karena mereka gagal menyusun jadwal dan mereka tidak bisa menepati komitmen awal. Bersikap realistislah dengan waktu yang sudah direncanakan, lalu jalankan saja sesuai jadwalnya. Tapi jangan juga terlalu memaksakan diri jika kalian memang sulit menemukan jadwal khusus. Ambil saja waktu saat kalian senggang, walaupun waktunya sedikit asalkan itu bisa rutin, gue yakin akan menghasilkan sesuatu yang besar kedepannya.

Hal ketiga

Pada saat pertama kali kalian mulai menulis, putuskan hal-hal apa saja yang akan ditulis. Kalian mungkin belum menyusun semuanya secara detil, namun perencanaan seperti itu akan memudahkan pada saat kalian akan memulai prosesnya, dan hal ini juga akan sangat memudahkan kalian untuk terus menulis. Jangan sekali-kali kalian berniat akan melakukan penundaankarena penundaan adalah musuh bagi seorang penulis. Teman gue pernah berkata, Jika lu ingin menjadi seorang penulis, potong lidah lu! Sekarang adalah waktunya untuk berhenti berbicara ingin menulis, apapun itu jenis tulisannya. Mulailah merencanakannya saat ini juga.

Hal Keempat

Jenis tulisan apa yang menarik di mata kalian? Apa yang benar-benar membuat kalian tertarik? Apakah artikel, jurnal, fiksi ilmiah, horror, roman, atau fiksi secara umum. Apapun itu, pilihlah yang benar-benar ingin kalian tulis.

Pikirkan tentang apa yang akan ditulis dari orang-orang di sekitar kalian, dari apa yang kalian kenal dan kalian anggap penting. Belajarlah untuk lebih peka terhadap hal-hal di sekitar kalian, mulai saat ini juga.

Hal Kelima

Tidak menjadi masalah soal tulisan jenis apa yang akan kalian tulis. Tidak ada aturan baku, kecuali tulisan kalian harus menarik, bahkan harus sangat menarik. Isinya bisa menarik, menyeramkan, menyenangkan, lucu, atau sedihnamun satu hal yang pasti, tulisan kalian tidak boleh membuat yang membacanya cepat merasa bosan.

Hal Keenam

Analisa dan pelajari. Baca satu jenis tulisan favorit kalian yang sama dengan yang ingin kalian tulis, dan baca ulang, seolah-olah itu adalah buku panduan cara menjadi seorang jutawan. Lalu baca ulang kembali, bagi isi tulisan tersebut ke dalam bagian-bagian. Jabarkan maksud dan tujuan penulis itu yang kalian bisa tangkap, lalu tuliskan pada selembar kertas lebar, tempelkan di dinding kamar kalian. Baca tulisan yang kalian buat di kertas selembar itu setiap hari, saat kalian bangun tidur, atau sebelum kalian akan tidur.

Hal Ketujuh

Meskipun tidak ada aturan baku tentang sebuah ide untuk membuat sebuah tulisan, gue ingin memberi satu peringatan kepada kalian: berpikirlah kecil, sangat kecil. Salah satu kesalahan terbesar kebanyakan calon penulistermasuk gueadalah selalu berpikir besar, berusaha menulis sebuah tulisan yang luar biasa hebat, karena menganggap besar berarti lebih baik. Ternyata setelah gue pahami kembali, hal itu tidak benar. Jaga ide yang muncul dari dalam pikiran kalian tetap kecil dan fokus.

Coba kalian pergi ke dalam jiwa kreatif kalian dan cari satu ide kecil namun memiliki arti nyata bagi kalian. Kita semua bagian dari umat manusia. Jika kalian menulis sebuah tulisan yang memiliki arti besar bagi kalian, maka kemungkinan besar hal itu juga akan memiliki arti mendalam bagi kita semua.

Hal Kedelapan

Buat gue peniruan bisa mengarah pada sebuah orisinalitas. Lakukan latihan singkat meniru aneka gaya yang berbeda. Cobalah berbagai jenis tulisan dari beberapa penulis yang kalian favoritkan sampai kalian menemukan satu yang paling sesuai. Tirulah karya seorang penulis yang sudah terbukti. Namun ingat satu hal: tulislah berdasarkan ide pemikiran kalian sendiri. Ide kalian bisa jadi bersifat unik.

Hal Kesembilan

Jangan takut menulis hal-hal atau bagian yang tidak mengarah kemanapun. Jangan buang satu bagian sekalipun sepertinya tidak mengarah kemana-mana.

Terkadang Kalian bisa mendapatkan solusi dan jalan keluar di pertengahan buku. Begitu bunyi tulisan yang pernah saya baca di sebuah buku yang saya lupa namanya.

Hal Kesepuluh

Sebelum beranjak dari persoalan menemukan topik untuk kalian tulis, izinkan gue membongkar satu klise lain tentang penulisan: Tulislah sesuatu yang kalian sudah tahu. Kalian pasti pernah mendengarnya sebelumnya. Hal itu tidak sepenuhnya benar.

Tapi buat gue pribadi, daripada menulis sesuatu yang kalian tahu, kalian bisa mencoba menulis sesuatu dimulai dari yang kalian sukai. Topiknya bisa apa saja, tapi kalian menyukainya.

Image credit: theimpactnews.com

Tags

About The Author

Silvi J. Tahir 18
Novice

Silvi J. Tahir

Love writing!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel