Sebelum Menindik Hidung, Pertimbangkan Bahayanya Berikut Ini

24 Apr 2018 15:28 2715 Hits 0 Comments
Sebagai bagian dari mengungkapkan ekspresi, tidak sedikit anak muda yang memilih untuk menindik hidung, tanpa mempertimbangkan bahaya yang mungkin ditimbulkan

Kebebasan berekspresi bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan mengubah bentuk tubuh sendiri seperti memasang tato maupun memberi tindikan pada salah satu anggota tubuh. 

Memang, menindik anggota tubuh sepertinya sudah menjadi tren tersendiri, terutama di kalangan anak muda. Bahkan, tak sedikit kawula muda yang menindik lebih dari satu bagian tubuh mereka. Nah, salah satu bagian tubuh yang cukup populer untuk ditindik, adalah bagian hidung. 

Budaya menindik hidung ini sejatinya menjadi bagian dari identitas suatu penduduk kaum adat tertentu, yang kemudian dijadikan tren tersendiri pada masyarakat perkotaan. Sayangnya, belum semuanya peduli terhadap bahaya yang ditimbulkan dari menindik hidung bagi kesehatan. 

Selain menjadi penyebab mimisan, mau tahu apa lagi bahaya menindik hidung yang dapat ditimbulkan?

  • Timbulnya pendarahan dan pembengkakan 

Kedua hal ini wajar terjadi di waktu awal penindikan. Bagian tubuh yang baru saja ditindik, termasuk hidung, biasanya akan mengeluarkan sedikit darah, berubah warna menjadi kemerahan, dan sedikit membengkak. Namun, biasanya hal-hal ini akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. 

  • Terluka atau tergores

Tahukah Anda kalau bagian hidung yang baru saja ditindik, bisa membuat jaringan kulit tersebut menjadi robek. Untuk lebih aman, mintalah bantuan orang lain saat Anda menindik hidung.

  • Timbulnya abses pada hidung 

Timbulnya abses atau suatu benjolan yang berisi nanah atau darah, merupakan salah satu komplikasi yang seringkali terjadi pada bagian yang baru saja ditindik.  

  • Timbulnya infeksi ringan

Hal ini ditandai dengan area hidung yang baru saja ditindik menjadi lebih rentan terkena infeksi dibandingkan sebelumnya.

  • Infeksi penyakit serius

Jika alat tindik yang digunakan tidak steril setelah bekas dipakai sebelumnya, tidak menutup kemungkinan dapat menimbulkan penyakit serius seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Tetanus, hingga HIV. 

  • Reaksi alergi

Reaksi yang satu ini bisa muncul jika Anda menderita alergi terhadap bahan yang digunakan sebagai tindikan, seperti alergi terhadap bahan metal. Karenanya, berhati-hatilah dalam memilih bahan tindikan agar tidak menyebabkan alergi.

Untuk referensi, bahan seperti emas, platinum, niobium, dan titanium termasuk dalam jenis bahan tindikan yang aman untuk digunakan, lho.

  • Nasal trauma

Kondisi cedera pada hidung atau area di sekelilingnya ini disebabkan oleh cedera dari bagian dalam maupun luar hidung, dan tindik hidung adalah salah satu penyebab umum yang biasa terjadi. 

Ciri umum dari nasal trauma adalah terdapatnya rasa nyeri di area hidung, keluarnya cairan dari hidung, terjadinya pembengkakan pada hidung, dan gangguan pernapasan melalui hidung.

Karena hidung memiliki banyak pembuluh darah yang terletak di dekat permukaan kulitnya, nasal trauma juga dapat menyebabkan mimisan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, jika Anda mengalami mimisan dalam waktu yang lama, dengan jumlah darah yang keluar sangat banyak, Anda perlu waspada karena bisa jadi Anda terkena hemofilia atau masalah pada faktor pembekuan darah.

 

Nah, itu dia bahaya menindik hidung yang harus Anda ketahui. Bukannya bermaksud melarang, namun ada baiknya untuk mempertimbangkan aspek kebersihan dan keamanan selama proses pemasangan tindik, ya!

Tags

About The Author

Mutia Agisni 26
Pena

Mutia Agisni

Hallo, salam kenal!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel