EV-DO - Teknologi Jaringan CDMA Dengan Kecepatan Maksimal

12 Jul 2011 15:13 10687 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

EV-DO (*Evolution-Data Only* atau *Evolution-Data Optimized*) adalah teknologi yang sama dengan GPRS, 3G, atau 4G yang fungsinya mendukung layanan data internet. Bedanya EV-DO merupakan teknologi milik jaringan CDMA (*Code Division Multiple Access*).

Anda pasti sering mendengar istilah GPRS, 3G, atau 4G, teknologi yang digunakan pada jaringan GSM. Apalagi di tengah booming-nya era internet saat ini yang mana teknologi inilah yang mendukung layanan data internet pada jaringan GSM. Tetapi tahukah Anda tentang EV-DO?

EV-DO (Evolution-Data Only atau Evolution-Data Optimized) adalah teknologi yang sama dengan GPRS, 3G, atau 4G yang fungsinya mendukung layanan data internet. Bedanya EV-DO merupakan teknologi milik jaringan CDMA (Code Division Multiple Access).

Teknologi EV-DO milik CDMA juga mengalami perkembangan seperti teknologi pada GSM dalam hal kecepatan koneksi. CDMA dalam perkembangan teknologinya dipegang oleh Qualcomm, perusahaan peneliti dan pengembang telekomunikasi nirkabel milik Amerika. Dan sejauh ini Qualcomm telah meluncurkan teknologi CDMA dengan nama EV-DO rev.0, EV-DO rev.a, dan yang terbaru EV-DO rev.b.

EV-DO rev.0
EV-DO rev.0 dikembangkan oleh Qualcomm pada 1999. EV-DO rev.0.memiliki kecepatan download hingga 2.4 mbps (mega bytes per second) dan upload hingga 153 mbps.

EV-DO rev.A
Generasi selanjutnya dari EV-DO rev.0 adalah EV-DO rev.a. Teknologi ini memiliki kecepatan download hingga 3.1 mbps dan upload hingga 1.8 mbps.

EV-DO rev.B
EV-DO rev.b adalah penyempurnaan dari EV-DO rev.a. EV-DO rev.b mempertahankan kelebihan rev.a dan menambah kemampuannya. EV-DO rev.b memiliki kecepatan download hingga 14.7 mbps dan kecepatan upload hingga 5.4mbps.

Teknologi EV-DO rev.b tergolong baru diluncurkan oleh Qualcomm. Dan Smart Telecom Indonesia menjadi operator pertama di dunia yang meluncurkan jaringan EV-DO rev.b. Menurut situs resmi Qualcomm dan seperti yang diberitakan oleh beberapa media, Smart Telecom, yang telah bekerja sama dengan Mobile-8 Telecom dan menjadi Smartfren, meluncurkan pertama kali teknologi EV-DO rev.b di Bali awal Januari 2011 lalu.

Memang harus diakui teknologi GSM mengalami perkembangan yang lebih cepat. Dimana perkembangan teknologi GSM 4G sebagai yang terbaru memiliki kecepatan hingga 1 gbps jauh di atas kecepatan EV-DO rev.b. Namun untuk layanan data internet, EV-DO rev.b dengan kecepatan maksimal yang dimilikinya sudah cukup mumpuni untuk memberikan kepuasan berselancar pengguna. RY

ADTECH;loc=300

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel