Mengenal perbedaan Sistem Operasi Android, iOS, Blackberry, Tizen, dan Windows Mobile

18 Jan 2018 10:58 8476 Hits 0 Comments
Banyak sekali sistem operasi yang dikembangkan untuk perangkat bergerak (Mobile). Lalu apa perbedaan dari masing - masing OS tersebut? Simak penjelasannya.

Tentu Kalian tidak asing lagi dengan sistem operasi berbasis android, maupun ios. Banyak sekali perangkat smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi tersebut. Tapi tahukah kalian kalau tidak hanya android dan ios saja sistem operasi yang dapat digunakan di perangkat mobile. Pernah mendengar windows mobile, blackberry, atau tizen? Terus apa sih perbedaan dari masing – masing sistem operasi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak penjelasan berikut.

Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi berbasis linux yang dirancang untuk perangkat bergerak (mobile) seperti smartphone atau tablet. Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian dibeli pada tahun 2005 dan resmi dirilis pada tahun 2007. Lalu apa kelebihan Android dibandingkan dengan sistem operasi perangkat mobile lainnya? Well, ada beberapa alasan mengapa Android lebih baik dan punya potensi sukses yang lebih besar, alasannya sebagai berikut.

  1. Platform terbuka
    Setiap orang dapat men-download software development kit dan membuat aplikasi untuk android. Hal inilah yang menjadi alasan banyak aplikasi android yang free, walaupun ada sebagian yang berbayar, tapi banyak sekali aplikasi free dan kita bisa mendownloadnya melalui playstore.
  2. Reputasi yang bagus
    Google adalah perusahaan dengan reputasi yang bagus ketika datang untuk menciptakan sebuah software, hal ini terbukti dengan kesuksesan dari layanan seperti gmail, search engine, browser google chrome, dan lain sebagainya.
  3. Opensource dengan lisensi Apache
    Google merilis kodenya dibawah lisensi apache. Kode opensource dan lisensi perizinan apache memungkinkan siapapun diberi keleluasaan untuk memodifikasi, mendistribusikan, dan mengembangkan secara bebas.

Seperti yang kita tahu, sekarang ini banyak sekali vendor smartphone beralih menggunakan Android sebagai system operasi untuk perangkat bergerak buatan mereka, contohnya Nokia, perusahaan tersebut baru – baru ini merilis sebuah smartphone dengan sistem operasi Android, kenapa? Jawabannya cukup sederhana, Android memiliki biaya lisensi yang murah karena sifatnya yang semi opensource. Tidak hanya itu, Android tentunya akan support dengan berbagai layanan google. Jadi, tidak hanya murah tapi juga fleksibel hal inilah yang menjadi alasan mengapa Android sangat popular dibandingkan dengan OS lainnya.

 

Sistem Operasi iOS

Selain Android, sistem operasi mobile lainnya yang populer adalah iOS. Sistem operasi ini banyak digunakan diberbagai produk apple seperti iphone, ipod, dll.

iOS (sebelumnya iPhone OS) adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan dan didistribusikan oleh perusahaan Apple. Pertama kali diluncurkan tahun 2008 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV.

Apa yang membedakan iOS dengan Android? iOS hanya digunakan di produk apple, selain itu Bahasa pemrograman yang digunakan iOS juga populer dikalangan developer. Apa saja Bahasa pemrograman yang digunakan oleh iOS? Jawabannya adalah sebagai berikut.

  1. Objective-C
    Bahasa pemrograman Objective-C merupakan bahasa yang dikembangkan oleh Brad Cox dan Tom Love pada tahun 1980. Sebelum adanya Swift, Objective-C merupakan bahasa yang dipakai untuk iOS. Meski Swift sudah hampir mengambil alih sebagai bahasa utama pemrogramaan iOS, masih banyak proyek iOS yang bergantung pada kode-kode Objective-C. Oleh karena itu transisi dari Objective-C ke Swift akan berlangsung agak lambat. Hal itu dibuktikan dengan survei yang dilakukan oleh StackOverflow, bahasa pemrograman Objective-C masih termasuk ke dalam bahasa yang populer di kalangan developer.
  2. Swift
    Swift adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh perusahaan Apple untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Swift diperkenalkan pada tahun 2014 dan dirilis source code-nya pada tahun 2015

Tidak seperti Android, untuk menjadi developer iOS tidaklah mudah, banyak syarat yang perlu anda ikuti, salah satunya Anda wajib memiliki produk Apple. Produk Apple bisa dibilang tergolong mahal, jadi Anda perlu mempersiapkan budget yang lumayan.

 

Sistem Operasi Windows Mobile

Windows Mobile adalah sistem operasi untuk perangkat bergerak (mobile) yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Bagi kalian yang menggunakan smartphone Microsoft Lumia pastinya tidak akan asing dengan OS yang satu ini. Versi terbaru dari OS ini adalah Windows 6.5. OS ini berbasis pada Windows CE 5.2 Kernel, dengan fitur – fitur yang dikembangkan menggunakan Microsoft Windows API. Windows Mobile didesain sedemikian rupa agar mirip dengan versi Desktop nya. Untuk itu, pengguna OS Windows di PC mungkin tidak akan merasa asing ketika mengoperasikan windows mobile ini.

 

Sistem Operasi BlackBerry

Sebelum Android, Blackberry ini sangatlah popular. Salah satu fitur terbaiknya adalah BlackBerry Messenger (BBM). BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Blackberry mempunyai beberapa keunggulan diantaranya adalah layanan push email (dimana email akan tehubung terus diponsel kita layaknya sebuah sms), chatting dengan fitur Blackberry Messengger (BBM), dan Browsing. Untuk fitur browsing dan Email pada BB akan dikompresi dahulu sehingga diterima dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih cepat di buka.

 

Sistem Operasi Tizen

Tizen? Itu Apa sih? Mungkin itulah yang pertama kali Anda pikirkan ketika mendengar kata tizen. Samsung telah merilis smartphone Z2 di pasar Indonesia. Berbeda dengan smartphone lain yang mengusung sistem operasi Android, Samsung mengusung OS lain, bernama Tizen.

Apa itu Tizen?

Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka (open source) berbasis Linux. Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya. Tizen menjadi proyek besar organisasi Linux Foundation bersama perusahaan elektronik Samsung dan produsen prosesor Intel.

Pada 30 April 2012, sistem operasi Tizen versi 1.0 meluncur dengan kode nama Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus Alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh dirilis pada Januari 2013.

Smartphone pertama Tizen yang dibuat oleh Samsung adalah seri Z1 yang dirilis pada Januari 2015 lalu. Penerusnya, Samsung Z2 debut di India pada Agustus 2016.

Selain smartphone Samsung Z2, peranti Samsung lain yang telah menggunakan OS Tizen lebih dahulu adalah peranti jam tangan pintar Gear S, gelang pintar Gear Fit, headset Samsung Gear VR, dan lini Smart TV Samsung.

Apa bedanya dengan Android?

Sistem operasi Tizen dikembangkan Samsung agar perusahaan Korea Selatan itu bisa melepaskan diri dari dominasi dan ketergantungan kepada Google Android.

Kepercayaan Samsung pada Tizen karena menilai OS besutan Linux tersebut paling ringan di antara sistem operasi lainnya. Tizen memungkinkan pemakaian memori dan tenaga prosesor yang lebih sedikit.

Lalu Apa Kelebihannya?

Jawabannya sederhana, Tizen lebih 'ringan' dari sistem operasi lainnya. Dengan kata lain, Tizen membutuhkan tenaga pemrosesan dan memori yang lebih sedikit.

Selain untuk melepaskan diri dari ketergantungan dari Google, Tizen juga akan dijadikan sebagai pondasi Samsung untuk membangun ekosistem Internet of Things (IoT).

 

 

Tags

About The Author

Rivaldy Fauzan 28
Novice

Rivaldy Fauzan

Just an Ordinary Author
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel