Yuk! Belajar Bahasa Pemrograman Java Secara Fundamental

16 Jan 2018 11:14 3152 Hits 0 Comments
Belajar Bahasa Pemrograman Java Secara Fundamental dimulai memahami Konsep Dasar Bahasa Pemrograman Java, Konsep Dasar Object Oriented Programming dan memulai coding dengan menggunakan IDE tertentu.

Baiklah, hari ini artikel yang saya buat adalah mengenai Bahasa pemrograman Java, bagi kalian yang ingin membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi di platform android tentunya harus mengenal dan memahami dulu apa itu Bahasa Pemrograman Java, mulai dari syntax (tata Bahasa) dan struktur kode nya. Belajar syntax itu sama halnya dengan belajar grammar di Bahasa inggris. Jadi cukup simple bukan? Baiklah untuk memahami Bahasa pemrograman java lebih lanjut. Mari simak penjelasan berikut.


A. Apa itu Bahasa Pemrograman Java?

Java adalah sebuah Bahasa Pemrograman High Level (Tingkat Tinggi) yang artinya lebih mendekati Bahasa manusia dan lebih mudah untuk dipahami. Java pertama kali dirilis oleh Sun Microsystem pada tahun 1995 dan kemudian diakuisisi oleh Oracle Corporation. Java Ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.

B. Apa Kelebihan Bahasa Pemrograman Java?       

  • Mudah dipelajari

Ya, Bahasa pemrograman java ini cukup mudah untuk dipelajari karena mendekati Bahasa manusia. Dan dengan banyaknya komunitas, artikel atau tutorial yang membahas Bahasa pemrograman Java semakin mempermudah pemula untuk mengenal dan mempelajari semua hal tentang Bahasa pemrograman Java.
 

  • Object Oriented Programming

Bahasa pemrograman java mempunyai konsep OOP (Object Oriented Programming) sehingga untuk mengembangkanya jauh lebih mudah.
 

  • Java merupakan Robust Programming Language

Java merupakan Bahasa pemrograman yang portable, bisa digunakan diberbagai sistem operasi, memiliki fitur manajemen memori otomatis yang cukup handal seperti garbage collector, dan dapat menangani kesalahan pada coding baik pada error checking atau error runtime. Seperti pada Exception Handling.

 

  • API nya banyak

Bahasa pemrograman java memiliki banyak  API (Application Programming Interface) yang siap dikembangkan oleh para programmer java.

 

  • Multi-thread

Bahasa pemrograman Java memiliki kemampuan untuk menangani banyak respon dalam waktu yang bersamaan.

 

  • Support di berbagai platform

Bahasa pemrograman Java dapat dikembangkan dan bekerja di berbagai macam platform, baik di Desktop, Web, atau Mobile.

 

C. Konsep OOP (Object Oriented Programming)

Oke, selanjutnya kita akan belajar mengenai konsep OOP Object Oriented Programming).

Apa itu OOP (Object Oriented Programming)?

OOP ini adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.

Dalam konsep OOP terdapat Class dan Object

  • Class merupakan sebuah kerangka/model (blueprint) yang berfungsi sebagai tempat untuk menaruh, mendeksripsikan variabel atau method (perilaku) dari sebuah obyek. Perlu diketahui  penamaaan class diprogram harus sama dengan nama di pada file  extention .java. Jadi jangan sampai salah ya. Contoh yang bisa kita ambil dari kehidupan nyata dari Class adalah: class kendaraan, class binatang, class sayuran, dan lain sebagainya.
  • Object merupakan sebuah representasi dan instance dari Class. Object adalah sebuah inti dan wujud real dari sebuah Class. Object di definisikan sebagai state dan behaviour dari Class. Contoh yang bisa kita ambil , dari kehidupan nyata dari object, misalnya class kendaraan, kita bisa mengambil obyek mobil, motor, pesawat dan lain sebagainya.

Dalam konsep OOP  juga dikenal dengan adanya 4 Pilar Pemrograman Berorientasi Objek yaitu:

  • Abstraksi (Pemisahan) adalah proses menyembunyikan detil implementasi, dengan hanya menampilkan fungsionalitas kepada pengguna. Semua data yang tidak berhubungan dengan objek diabaikan atau ditiadakan untuk mengurangi kerumitan program dan efisiensi program. Jadi sebagai user kita tidak tahu proses pembuatannya itu bagaimana dan seperti apa yang kita tahu hanya secara fungsionalitasnya saja. Contoh kasusnya : kita mengirim sms, tapi kita tidak tahu bagaimana proses sms tersebut dikirim, yang kita tahu hanya hasilnya saja bahwa sms terkirim / gagal terkirim.

 

  • Encapsulation (Enkapsulasi) adalah konsep untuk membungkus suatu data (variabel), agar variabel tersebut tidak dapat di akses oleh class lain. Caranya dengan menggunakan modifier private atau protected. Dengan konsep ini beberapa variabel akan disembunyikan oleh class lain dan hanya bisa di akses di main class  nya saja dengan menggunakan modifier public.

 

  • Inheritance (Pewarisan) adalah suatu proses dimana suatu class yang bisa disebut Super Class dapat mewarisi sifat seperti attribut dan method, ke dalam class turunannya yaitu Sub Class.

 

  • Polymorphism (Banyak Bentuk) adalah suatu kemampuan yang dimiliki beberapa method yang memiliki nama yang sama tapi memiliki perilaku yang berbeda. Penggunaan method dengan nama sama dapat diterapkan dengan method overloading dan method overriding.

 

D. Access Modifier

Modifier dalam Bahasa pemrograman java merupakan hak akses untuk menggunakan suatu attribute atau method pada suatu package dan class. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel berikut.

  • Public dapat di akses dari class yang sama, package yang sama , subclass, dan package lain.
  • Protected dapat diakses dari class yang sama, package yang sama, subclass, tapi tidak dapat diakses dari package lain.
  • No Modifier* hanya dapat diakses dari class dan package yang sama.
  • Private hanya dapat di akses oleh class yang sama.

 

E. Mulai Coding

Sebelum memulai coding java, kalian harus install dan setting path java nya terlebih dahulu, silahkan kalian cari tutorial nya di google. Setelah itu pilih IDE (Integrated Development Environment) yang akan digunakan, disini saya menggunakan Netbeans.

Baiklah mari kita mulai..

Nah, sampai sini kalian sudah berhasil nih buat coding yang sangat sederhana, silahkan perdalam lagi dan pelajari lagi jika kalian benar – benar serius ingin belajar tentang Bahasa pemrograman Java. 

Tags

About The Author

Rivaldy Fauzan 28
Novice

Rivaldy Fauzan

Just an Ordinary Author
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel