Kebangetan! 200 Tahun Berdiri, Saya Baru Sekali Mengunjungi

21 Sep 2017 23:36 3022 Hits 0 Comments
EMPAT bulan yang lalu--tepatnya 18 Mei 2017, Kebun Raya Bogor genap berusia dua abad.

EMPAT bulan yang lalu--tepatnya 18 Mei 2017, Kebun Raya Bogor genap berusia dua abad. Tapi meski keberadannya di tengah kota Bogor sudah mencapai 200 tahun, saya baru sekali mengunjunginya, saat libur tanggal merah peringatan Tahun Baru Islam 1439 Hijriyah, Kamis 21 September 2017. 

Memang kebangetan. Padahal, saya sering memutari jalan kebun raya ini kalau pas sedang tugas di Kota Bogor. Sesekali memang terbersit untuk masuk ke dalamnya. Tapi, kemacetan yang nyaris setiap hari terjadi di ruas jalan sekitar Kebun Raya Bogor membuat saya seringkali mengurungkan niat berkunjung. 

Sampai sekarang, parkir masih menjadi masalah utama di sini. Seperti saat berkunjung bersama keluarga. Agak kebingungan juga saya. Dari jalan saya melihat ada mobil-mobil parkir di dalam kebun raya. Tapi begitu tanya salah satu petugas, dimana pintu masuk parkir di dalam, dia menyarankan agar parkir di luar saja. Di dalam sudah penuh, katanya. 

Usut punya usut, ternyata Kebun Raya Bogor sebenarnya tidak punya lahan parkir. Baru tahu saya. Memang ada kebijakan sejumlah kendaraan dibolehkan masuk. Tapi selebihnya, parkir di parkantoran maupun areal kosong di sekitar kebun raya. Nah, ini juga yang menjadi salah satu sumber kemacetan. Orang lalu lalang menyeberang jalan ke kebun raya setelah dapat tempat parkir. 

Tags

About The Author

putra 37
Ordinary

putra

penyuka kabar, suka berkabar.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel