Tips Bijak Bagi Para Pemegang Kartu Kredit

22 Aug 2017 13:31 1538 Hits 0 Comments
Kondisi keuangan menjadi berabe kalau kita suka telat bayar tagihannya.

Kartu kredit itu memang asik. Tinggal gesek, barang yang kita inginkan sudah bisa kita miliki. Tapi sadar kah bahwa begitu digesek, mulai detik itu kita tercatat sebagai orang yang punya utang dan harus melunasinya. Kartu kredit di tangan orang yang tepat memang menguntungkan, tetapi kalau di tangan orang yang salah bisa menjadi bumerang dan menyiksa diri dengan berjubel tagihan.

Kondisi keuangan menjadi berabe kalau kita suka telat bayar tagihannya. Makin menumpuk deh utang kita plus denda yang harus kita tanggung. Agar kartu kredit bisa menjadi sahabat yang baik, berikut ini tips yang wajib diperhatikan:

1. Gunakan dalam keadaan darurat
Kartu kredit sebaiknya digunakan dengan hati-hati dan bijak. Sangat dianjurkan, kartu kredit digunakan untuk pembayaran-pembayaran dalam keadaan darurat. Misalnya saat harus pergi ke dokter karena kecelakaan, tapi tidak bawa uang. Kartu kredit sangat membantu. Bagi yang suka bepergian sewaktu-waktu dan harus membeli tiket pesawat, kartu kredit jelas praktis karena kita tak perlu membawa uang dalam jumlah banyak. Kartu kredit jelas bermanfaat dalam keadaan darurat.

2. Gunakan untuk membiayai aset produktif
Kartu kredit bisa mendatangkan manfaat tatkala digunakan untuk membayar aset-aset produktif seperti membeli mobil bekas yang bisa disewakan untuk antar-jemput anak sekolah, beli lahan untuk kontrakan hingga beli pekarangan untuk lahan parkir di dekat perkantoran.

3. Gunakan untuk membayar barang sesuai kebutuhan
Barang-barang yang masuk kategori kebutuhan yaitu barang-barang yang harus ada dan tidak bisa ditunda keberadaannya seperti sembako, listrik dan telepon. Karena sifatnya kebutuhan makan harus diberesi agar tidak menimbulkan tumpukan utang. Apalagi, sejumlah tagihan menyebabkan denda kalau tidak segera dilunasi. Tak elok menggunakan kartu kredit untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Namanya saja konsumtif, tentunya akan muncul potensi berlebihan hingga tak terkendali yang bakal merugikan.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu
Yang harus dicamkan saat membayar dengan kartu kredit yaitu bahwa pembayaran iitu hanya sementara. Ada kewajiban melunasinya segera. Nah, biar tidak telat bayar yang bisa mendatangkan bunga berjalan, gunakanlan pembayaran yang terjadwal dengan smartphonemu untuk semua tagihan kartu kreditmu. Pembayaran model baru ini bisa dinikmati di platform fintech modern seperti IPOTPAY yang unggul dengan fitur terjadwalnya dan imbal hasil yang menguntungkan 7-9% per tahun. Pembayaran yang tepat waktu akan membuat hidup kita tenang karena tak terecoki masalah utang.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel