Pengertian dan Peluang Karir bagi lulusan Psikolog

6 Jun 2017 11:18 2583 Hits 0 Comments
Begitu besar peluang karir bagi kalian para lulusan psikolog.

Psikologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Psychology yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu kata psyche dan logos. Psyche memiliki arti jiwa dan logos berarti ilmu. Secara harafiah psikologi diartikan sebagai ilmu jiwa. Pengertian dari Psikologi itu sendiri yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut yang dimaksud berupa tingkah laku yang disadari maupun yang tidak disadari dan tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak.

Yah dapat disimpulkan bahwa pengertian psikologi merupakan ilmu tentang tingkah laku. Yang kita tau tingkah laku manusia itu sangat luas karena semua yang dilakukan dan dialami setiap manusia itu merupakan tingkah laku. Oleh karena itu, objek yang dipelajari dari ilmu psikologi juga sangat luas. Berikut ada lima bidang peminatan yang menjadi dasar dari bidang keilmuan dan jurusan psikologi. Yukk simak^_^

1.       Psikologi perkembangan, merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku yang ada pada manusia atau bisa dikatakan mempelajari ilmu perkembangan manusia sepanjang masa kehidupannya, seperti perkembangan psikologi manusia, psikologi perkembangan anak, psikologi remaja dan psikologi keluarga.

2.       Psikologi klinis, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai masalah – masalah kejiwaan, jenis – jenis penyakit kejiwaan hingga bagaimana cara penanganannya.

3.       Psikologi sosial, merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku pada manusia yang berhubungan dengan masyarakat di sekitarnya.

4.       Psikologi pendidikan, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana gambaran seseorang dalam konteks dunia pendidikan, persoalan pendidikan, kesulitan belajar dan proses belajar.

5.       Psikologi industri dan orgnasisasi, merupakan ilmu yang mempelajari mengenai pengembangan manusia dan perilaku manusia dalam konteks industri organisasi dan juga timbal balik antara individu dan organisasi tempat berkarya.

Nahh bagi kalian yang ingin mengambil jurusan psikologi di perguruan tinggi nanti, tidak usah khawatir dan bingung setelah lulus nanti. Karena apa? Karena peluang karir bagi lulusan psikologi itu besar juga lho. Berikut beberapa peluang karir bagi kalian para lulusan psikologi. Yukk simak kembali^_^

Peluang karir bagi lulusan psikolog :

1.       Psikolog atau konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.

2.       Psikolog atau asisten psikolog di Lembaga pendidikan.

3.       Psikolog atau asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.

4.       Psikolog atau asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).

5.       Psikolog atau asisten psikolog di Lembaga – lembaga pemerintahan.

6.       Staf dan manajer dibagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.

7.       Menjadi HRD atau personalia dibidang industri.

8.       Menjadi seorang dosen

9.       Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi, dll.

Besar juga kan peluang karir bagi lulusan psikolog? Jadi bagi kalian yang ingin mengambil jurusan psikolog tidak usah ragu lagi yaa. Sekian pembahasan mengenai psikolog dan peluang karirnya, bila ada kesalahan mohon dimaafkan yaað Terimakasih.

Tags

About The Author

Rekha Derisha 23
Novice

Rekha Derisha

hobiku kuliner
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel