Cara mudah dalam menguasai mata pelajaran atau materi

2 Jun 2017 10:54 2996 Hits 0 Comments
selain pengertian belajar dan pembelajaran adapun tips untuk cepat tanggap atau cara mudah dalam menguasai suatu pelajaran atau materi

Belajar adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan setiap individu untuk memperoleh suatu perubahan baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman. Belajar juga bisa diartikan sebagai proses dari yang tidak tahu menjadi tahu dan proses dari yang tahu menjadi semakin tahu. Selain di sekolah dan di rumah kegiatan belajar bisa dilakukan dimana saja seperti di laboratorium, di museum, di hutan dan lain sebagainya. Belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks. Sebagai tindakan maka belajar hanya dialami oleh siswa sendiri dan itu akan menjadi penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Dengan kata lain, arti dari pembelajaran itu sendiri yaitu proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan lebih baik.

Disini saya akan memberikan tips untuk kalian agar dapat cepat tanggap atau mudah dalam menguasai mata pelajaran. Yukk disimak^_^

Beberapa tips agar dapat cepat tanggap atau mudah dalam menguasai mata pelajaran :

1.       Salah satu cara untuk lebih memahami pelajaran ialah dengan mempelajari ulang pelajaran dikelas yang sudah diberikan oleh guru. Selain mengulang pelajaran dikelas tadi coba kalian baca dua sampai tiga halaman materi berikutnya. Begitu pelajaran tersebut diterangkan oleh guru keesokan harinya, kalian sudah mempunyai gambaran atau dasarnya tinggal menambahkan atau menanyakan apa saja yang belum kalian ketahui atau belum kalian mengerti. Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin yaa^_^

2.       Usahakan selalu berkonsentrasi penuh sewaktu mendengarkan pelajaran atau materi yang sedang disampaikan oleh guru. Materi yang kalian dengar akan mudah dipanggil lagi begitu kalian menghapal ulang pelajaran atau materi tersebut.

3.       Cara lain yaitu dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian kalian buatkan kesimpulan atau poin-poin penting dengan kalian sendiri. Tulis kesimpulan tadi di sebuah kertas kecil, dengan begitu kalian bisa dengan efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala waktu senggang.

4.       Cari tempat yang tenang dan nyaman bagi kalian untuk belajar, usahakan jauh dari keributan atau keramaian yang bisa mengganggu kalian dalam  proses belajar.

5.       Menghafal tidak akan selamanya harus dengan membaca, menulis dan mengulang saja, kalian bisa mengajarkan teman kalian tentang materi atau pelajaran yang baru diulang oleh kalian dan itu akan membuat kalian selalu ingat dan lebih paham akan materi tersebut.

6.       Selain menghafal, membaca sekalipun mengulang suatu pelajaran atau materi, pastikan kalian memahami pelajaran atau materi dengan baik.

7.       Sempatkan belajar di pagi hari, karena pagi hari adalah salah satu waktu terbaik untuk belajar. Otak dan pikiran kita masih segar di pagi hari, maka dari itu sempatkan untuk membaca di pagi hari sebelum mempersiapkan untuk pergi ke sekolah.

8.       Kalau badan kalian merasa capek akan susah untuk konsentrasi dalam belajar, apalagi menjelang tes. Yahh disarankan untuk kalian libur dulu sehari sebelum tes dari kegiatan olah raga atau kegiatan fisik lainnya yang bisa menimbulkan rasa capek.

Berikut beberapa tips diatas untuk kalian yang ingin cepat tanggap atau mudah dalam menguasai mata pelajaran. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca yaa. Aminnn. Mungkin sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan atau kata yang kurang berkenan yaa. Terimakasih^_^

Tags

About The Author

Rekha Derisha 23
Novice

Rekha Derisha

hobiku kuliner
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel