12 Cara Ampuh Merawat Laptop Dengan Baik Dan Benar Agar Tetap Awet

1 Jan 2017 19:46 2180 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ? Karena tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang kadang – kadang malas dan mengabaikan kesehatan laptop mereka. Dimana hampir setiap saat anda diharuskan menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali yang benar – benar mengerti cara merawatnya.

 

Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ? Karena tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang kadang – kadang malas dan mengabaikan kesehatan laptop mereka. Dimana hampir setiap saat anda diharuskan menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali yang benar – benar mengerti cara merawatnya.

Langsung saja, melalui artikel ini kami menyarankan anda untuk melakukan hal - hal berikut ini guna merawat laptop kesayangan anda agar tetap awet dan berumur lebih lama.

1. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat

Kebiasaan buruk yang kerap dilakukan oleh anak – anak inilah yang menyebabkan laptop sangat suka gaming atau gamer. Disarankan untuk menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Selain itu, kebiasaan buruk ini merupakan salah satu penyebab baterai laptop anda bocor.

2. Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Kasur

Tidak bisa dipungkiri bahwa menggunakan laptop di atas kasur lebih nyaman dilakukan oleh semua orang. Tetapi perlu diperhatikan bahwa menggunakan laptop di atas kasur akan menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun akan mudah mengalami overheat.

3. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda

Minuman yang tumpah pada laptop anda dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Karena air merupakan salah satu musuh utama dari rangkaian elektronik, alangkah bijaksananya jika anda menjauhkan minuman atau makanan dari laptop anda. Disarankan untuk memberi keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan ke dalam atau pada celah - celah keyboard.

4. Jangan Menaruh Barang Berat Di Atas Laptop

Kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh pemilik laptop, padahal kebiasaan buruk ini akan berakibat fatal. Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop anda sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop Secara Rutin

Disarankan untuk membeli screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan. Bersihkan pula layar laptop anda secara rutin dari debu - debu yang menempel.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Perlu anda ketahui bahwa Optical Drive / DVD ROM pada laptop sangat rentan terhadap debu. Dikarenakan dapat mengganggu proses pembacaan data dari CD / DVD. Bersihkan debu - debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda dengan rutin setiap hari. Berhati - hatilah ketika memasukkan CD / DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive bisa rentan mengalami kerusakan.

7. Jauhkan Laptop Dari Jangkauan Anak Kecil

Jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak – anak, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ini anda harus menyimpannya pada tempat yang aman. Karena masih kecil bisa jadi mereka menganggap bahwa laptop kesayangan anda adalah mainan mereka.

8. Jauhkan Makanan Dari Laptop

Seperti halnya minuman, anda harus lebih berhati - hati ketika menaruh makanan atau sedang asik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa – sisa makanan tidak berjatuhan pada celah - celah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop Dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari di luar rumah. Dikarenakan beberapa komponen laptop sangat rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software Dari Internet

Mengunduh software sembarangan dari internet akan memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop anda. Disarankan untuk menginstal antivirus pada laptop kesayangan anda dan lebih berhati - hati ketika mengunduh apapun dari internet.

11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang mampu bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan disarankan sebaiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang bisa membuat laptop mengalami overheat.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda

Banyak pemilik laptop yang kurang teliti dalam memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya overheat pada laptop. Seperti yang banyak di alami anak – anak sekolah, lebih sering menggunakan laptopnya untuk bermain game berat tanpa memperhatikan suhu pada laptopnya. Setelah cek suhu hardwarenya dengan menggunakan software HW Monitor , bisa mengejutkan sekali, suhu laptopnya mencapai 90°C ! Hampir mendekati suhu air mendidih yaitu 100°C. Padahal laptop mereka rata – rata masih berumur sekitar 1 tahun.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami di atas, diharapkan anda lebih memperhatikan lagi laptop anda. Rawatlah dengan baik dan hindari hal - hal yang dapat membahayakan laptop kesayangan anda. Sekian untuk artikel hari ini, semoga bermanfaat !

 

Tags Laptop

About The Author

Nila 59
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel