Fakta Ngeri Megalodon, Seekor Hiu Raksasa Yang Mungkin Masih Hidup Di Lautan Saat Ini

21 Dec 2016 19:55 3872 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hiu purba ini hidup sekitar 1,2 juta tahun yang lalu. Bicara soal dimensi waktu, Megalodon atau hiu purba bisa berukuran panjang hingga 20 meter dengan berat 80 - 100 ton. Nyaris menyerupai berat tubuh manusia hanya saja memiliki moncong sebagai mulutnya. Hiu ini oleh para ahli di dunia barat sebenarnya dianggap punah sejak lama.

Hiu purba ini hidup sekitar 1,2 juta tahun yang lalu. Bicara soal dimensi waktu, Megalodon atau hiu purba bisa berukuran panjang hingga 20 meter dengan berat 80 - 100 ton. Nyaris menyerupai berat tubuh manusia hanya saja memiliki moncong sebagai mulutnya. Hiu ini oleh para ahli di dunia barat sebenarnya dianggap punah sejak lama. Namun beberapa orang percaya bahwa Megalodon masih hidup hingga saat ini. Anggapan ini berdasarkan keterangan para peneliti yang mengatakan bahwa Megalodon adalah tipe hiu laut dalam. Dan kebanyakan makhluk – makhluk laut dalam ini mampu bertahan hidup. Frill shark contoh nyatanya.

Bagi anda yang suka olah raga menyelam, pastilah pernah tahu betapa ngerinya hiu putih besar, bukan ? Tubuhnya yang hampir 6 meter itu dilengkapi dengan gigi - giginya yang mampu mengoyak kapal kayu seperti selembar kertas atau sebongkah roti tawar. Memang sangat mengerikan, dan hal ini dibuktikan dengan banyaknya korban yang tewas karena mendapat serangan mendadak dari hewan satu ini.

Kembali ke masa purba, adalah sesepuh hiu putih besar yang diperkirakan jika masih ada di dunia, maka manusia akan dibuat terkencing - kencing olehnya karena ketakutan. Ia adalah Megalodon.

Jadi, erat kaitannya dengan penjelasan dari kami tersebut di atas, eksistensi Megalodon yang ngeri itu mungkin saja keberadaannya memang benar ada hingga saat ini pada tempat – tempat tertentu. Kami rangkum dari berbagai sumber, berikut adalah fakta - fakta lain tentang Megalodon yang pasti akan membuat anda bergidik ngeri saat membayangkannya.

1. Megalodon Punya Nafsu Makan Yang Benar - Benar Gila

Dengan memiliki ukuran yang jemawa seperti raksasa yang dilengkapi dengan kemampuan mematikan tiada tara, maka praktis akan membuat Megalodon menjadi penguasa mutlak dari puncak rantai makanan para predator di tengah laut. Soal makanan, peneliti kelautan meyakini jika hiu raksasa ini menyimpan nafsu makan yang cukup besar dan memangsa apa pun yang ada.

Beberapa mangsa favoritnya adalah paus, kura - kura raksasa dan juga memangsa antar Megalodon lainnya. Makhluk besar memang srharusnya punya makanan yang besar. Maka dari itu, diperkirakan jumlah hewan - hewan besar bawah air di masa lalu tidak signifikan karena saat ini hamper punah dimangsa Megalodon.

2. Purba, Tapi Cerdas Luar Biasa

Megalodon mungkin bisa dimasukkan ke dalam kategori hewan purba. Namun, soal kemampuan nyatanya, makhluk ini memiliki kecerdasan yang luar biasa besar tentang caranya berburu. Diketahui bahwa Megalodon tak hanya memanfaatkan kecepatannya yang luar biasa cepat dan gesit, juga teknik khusus untuk melumpuhkan mangsanya.

Peneliti kelautan percaya bahwa Megalodon memang terbiasa untuk memburu sirip mangsanya. Dimana pada awalnya si hewan buruan ini bisa melarikan diri setelah menyerang, namun kehilangan sirip akan membuat lawan mereka lamban bergerak. Belum lagi jika si mangsa akan mengalami pendarahan hebat dan akhirnya lemas lalu mati. Tanda awal ini sudah menunjukkan tanda - tanda bahwa Megalodon berhasil melumpuhkan mangsanya dan mengunyah mangsanya dengan kekuatan gigitan sekitar 18 ton.

3. Megalodon Bukan Menguasai Wilayah Yang Sempit

Kebanyakan predator zaman modern seperti saat ini hanya mau menempati teritorial tertentu saja di laut. Misalnya hiu putih besar yang hanya mampu menempati wilayah Selatan Afrika atau mungkin laut - laut lain di Artik. Kebiasaan unik hanya mau mendiami suatu wilayah ini ternyata tidak dilakukan oleh Megalodon.

Peneliti percaya bahwa hewan super buas yang satu ini ada dimana pun. Jadi anda harus hati – hati.

 

 

 

 

 

 

Tags Traveling

About The Author

Nila 59
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel