5 Tips Mencari Kos Kosan Untuk Mahasiswa Baru

19 Dec 2016 22:05 1743 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika anda bermaksud mencari rumah kos - kosan adalah sebuah momen yang dramatis dan lumrah dilakukan oleh calon mahasiswa / wi. Mahasiswa / wi lama yang sudah berpengalaman dan terlebih dahulu merantau pada suatu tempat, akan lebih mengenal daerah tersebut dan pastinya tahu akan kondisi di sekitarnya.

Jika anda bermaksud mencari rumah kos - kosan adalah sebuah momen yang dramatis dan lumrah dilakukan oleh calon mahasiswa / wi. Mahasiswa / wi lama yang sudah berpengalaman dan terlebih dahulu merantau pada suatu tempat, akan lebih mengenal daerah tersebut dan pastinya tahu akan kondisi di sekitarnya. Meskipun tampak mudah, ternyata menemukan sebuah rumah kos – kosan bisa dibilang susah – susah gampang.

Persaingan antara satu mahasiswa / wi dengan yang lainnya sangat ketat saat ini, apalagi pada masa - masa awal semester baru dimana banyak ada mahasiswa / wi yang masih muda - muda dan agak lugu datang dari jauh bermaksud untuk kuliah sekaligus memerlukan tempat tinggal untuk sementara waktu. Jadi, dapat dibilang, mencari kos - kosan ini adalah tahap awal buat melatih diri untuk mampu mandiri.

1). Malu bertanya, malah tersesat.

Jangan pernah merasa malu untuk menanyakan tentang hal - hal detail untuk kos - kosan yang menjadi incaran anda saat berada di tempat tujuan. Misalnya, harga yang harus anda perhitungkan untuk membayar biaya kos - kosan itu apakah sudah termasuk listrik, telepon rumah dan air.

Hindari kondisi buruk seperti ini : anda dan keluarga dari jauh sudah deal dengan satu kos - kosan yang bagus menurut anda tapi malah kena zonk / tersesat saat tinggal di sana. Atau pada awalnya anda hanya mendapatkan tagihan tambahan saja untuk listrik atau air. Tetapi selanjutnya, misalnya, ternyata tiap alat - alat elektronik yang anda bawa dikenakan biaya berbeda – beda untuk tiap jenisnya. Disarankan untuk memilih tempat kos yang ada batas waktu pulang malam. Karena beberapa kos - kosan menetapkan jam malam bagi para penghuni kos -kosannya. Bisa saja anda tidak tahu - menahu soal ini, nah tiba – tiba suatu hari anda terkurung di luar saat harus pulang kemalaman setelah mengerjakan tugas – tugas kuliah di rumah teman / kampus. Tentu saja menyebalkan, bukan ?

2). Aman dari kriminalitas.

Setelah mengetahui tentang harga, lokasi yang strategis, dan fasilitas yang memadai, disarankan untuk tidak lupa memastikan daerah tempat yang akan anda tinggali itu adalah lokasi yang cukup aman, dalam kondisi ini anda harus berjaga – jaga dengan cara memasang kunci tambahan di pintu kamar.

Disamping itu, anda tidak boleh lalai dengan membiarkan begitu saja pintu atau jendela kamar terbuka saat anda sedang tidak ada di dalam kamar. Simpanlah barang - barang berharga milik anda di tempat yang tersembunyi dan aman pada tempat yang tidak mudah untuk dijangkau / dilihat oleh orang lain.

3. Lokasi strategis.

Apabila anda tidak memiliki kendaraan apapun, sebaiknya memilih kos - kosan yang jaraknya dekat dengan kampus dan pusat kota. Karena akan membantu anda dalam menghemat waktu dan ongkos.

Anda cukup berjalan kaki saja, dan tidak perlu untuk terburu - buru berangkat ke kampus. Karena jarak yang dekat ini akan membantu anda untuk memudahkan anda saat ada tugas atau barang yang ketinggalan di kamar. Tapi janganlah jadikan ini sebagai sebuah alas an atau kebiasaan buruk. Selain jarak yang dekat dengan kampus, kos - kosan yang dekat dengan lokasi warung makan, minimarket, dan apotek juga dapat menjadi bahan pertimbangan yang akan memudahkan aktivitas anda.

4. Fasilitas kamar.

Sebuah kamar kos – kosan merupakan salah satu tempat tinggal bagi anda untuk waktu tertentu dan biasanya cukup lama, tergantung mau berapa tahun / berapa bulan anda akan menyelesaikan kuliah nanti. Di ruangan kecil inilah anda akan tidur, belajar, makan, dan banyak hal lainnya.

Semua kegiatan yang dulunya anda lakukan di dalam sebuah rumah yang luas bersama dengan keluarga tercinta sekarang harus mampu beradaptasi melakukan semuanya hanya di dalam satu ruangan yang kadang – kadang sangat sempit. Itu artinya, anda harus bisa memilih tempat tinggal sementara yang nyaman. Kenyamanan akan membuat anda merasa lebih betah untuk melakukan banyak hal di dalam kamar. Tidak hanya harganya yang ekonomis, kondisi kamar yang pas di hati terutama bagi remaja putri juga sangat dibutuhkan. Beberapa pertimbangan perlu untuk anda perhatikan dari kriteria kamar yang kecil atau besar, apakah ada ventilasi yang cukup sehat untuk pertukaran udara, kamar mandi di dalam ruangan atau di luar. Fasilitas kamar lainnya seperti apakah sudah disediakannya atau tidak kasur tidur yang cukup empuk, meja belajar, dan lemari.

5. Survei harga.

Apabila anda adalah tipe orang yang tidak mau repot dan kurang peduli berapapun harga kos - kosan yang sedang anda cari, anda memiliki peluang yang lebih banyak untuk memperoleh satu tempat kos yang bagus. Berbeda dengan sebagian mahasiswa / wi baru yang mempunyai budget terbatas untuk kos - kosan. Kamar berharga ekonomis kadang – kadang menjadi rebutan. Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah, menyiapkan waktu khusus untuk mencari kos -kosan agar pencarian anda maksimal. Di lain waktu, usahakan untuk berkeliling mencari, membandingkan harga dan fasilitas kos - kosan yang satu dengan lainnya disertai pertimbangan -pertimbangan yang menjadi pilihan utama. 

Selain 5 tersebut di atas, jangan lupa untuk memastikan metode pembayaran adalah sangat penting, apakah akan dibayar perbulan atau pertahun saja. Dan apakah bisa dicicil atau harus dilunasi pada saat hari pertama anda tinggal di sana. Saat sudah menemukan kamar yang pas, jangan lupa untuk segera membayar uang muka kepada pemilik kosan sebagai tanda jadi dan mintalah kwitansi pembayaran. Ini bertujuan agar kamar pilihan anda tidak diambil oleh mahasiswa / wi lain yang sedang berburu kos - kosan juga.

Semoga bermanfaat !

 

Tags inspiratif

About The Author

Nila 58
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel