Inilah Persiapan Awal Kehamilan Supaya Lancar

28 Nov 2016 12:54 2011 Hits 1 Comments
Bagi semua ibu di dunia ini, hamil merupakan idaman bagi seorang ibu yang sudah berumah tangga. Untuk itu biasanya pada masa awal pertama kehamilan ibu hamil sangat mempersiapkan diri dengan matang dan siap mental. Karena awal kehamilan sangat menentukan bagaimana perkembangan janin pada bulan-bulan berikutnya. Simak selengkapnya.

Bagi semua ibu di dunia ini, hamil merupakan idaman bagi seorang ibu yang sudah berumah tangga. Untuk itu biasanya pada masa awal pertama kehamilan ibu hamil sangat mempersiapkan diri dengan matang dan siap mental. Karena awal kehamilan sangat menentukan bagaimana perkembangan janin pada bulan-bulan berikutnya. Terlebih bagi para ibu yang baru pertama kalinya mengandung, ataupun bagi mereka yang ingin memperbaiki kualitas kehamilan yang akan datang, sebaiknya banyak membaca panduan penting mengenai persiapan awal kehamilan bulan pertama sebagai bagian dari persiapan di trisemester pertama. Kehamilan yang dinanti-nantikan merupakan masa-masa yang sangat indah bagi seorang ibu untuk merawat janin dalam kandungan.


Seorang ibu sebaiknya mendeteksi betul masa ketika ia sudah mulai terlambat haid dan dimungkinkan mengalami masa kehamilan pada bulan pertama. Agar nantinya persiapan awal kehamilan berjalan dengan lancar. Pendeteksian dini pada awal kehamilan akan membantu anda membuat perlakuan yang tepat dan sesegera mungkin terhadap janin yang telah dikandungnya. Berbagai nutrisi yang baikpun juga anda bisa persiapkan ketika anda sudah mengetahui awal kehamilan. Akan tetapi banyak ibu hamil yang terlambat mendeteksi awal kehamilan, karena berbagai macam faktor dari ibu hamil itu sendiri. Padahal awal kehamilan merupakan awal yang harus dijaga dan sangat hati-hati dalam melakukan aktifitas serta makan dan minum agar tidak mengalami keguguran ataupun mengalami cacat ketika lahir.


Proteksi sangat penting sekali pada masa persiapan awal kehamilan, sebab usia janin yang masih muda dan cukup rentan terhadap berbagai resiko. Rutinitas sehari-hari yang dilakukan dan faktor makanan juga akan mempengaruhi dan akan menentukkan nasib janin anda kelak. Berbagai aktivitas yang tak wajar dan efek dari makanan yang salah bisa menyebabkan keguguran janin. Dan bisa jadi akan mengakibatkan mutasi genetika yang bisa menyebabkan kecacatan pada anak saat lahir. Maka dari itu jadilah ibu yang cerdas agar mampu mempersiapkan kehamilan sedini mungkin serta membuat langkah-langkah yang bijak untuk kebaikan janin dalam kandungan. Tidak hanya itu saja pada persiapan awal kehamilan anda juga harus banyak minum susu ibu hamil, agar bayi anda sehat.


Persiapan nutrisi yang bergizi bagi ibu hamil serta minum susu ibu hamil ini sangat dibutuhkan, karena kesehatan janin sangat menentukan pada bulan-bulan berikutnya. Ketika ibu hamil dan janin mendapatkan nutrisi yang baik serta gizi yang baik maka ibu dan janinpun lahir sehat tanpa ada gangguan cacat mental dan lain sebagainya. Itulah mengapa persiapan pada awal kehamilan itu sangat penting. Ibu hamil juga harus hati-hati ketika dilingkungan kerja ataupun jalan karena jangan sampai terkena asap rokok serta polusi yang berlebihan karena bisa jadi mempengaruhi pertumbuhan janin. Ibu hamil juga tidak boleh mengkonsumsi minuman keras dan obat-obat terlarang. Karena untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan.


Pada masa persiapan awal kehamilan maka anda jangan malas makan, kalau bisa anda mengkonsumsi banyak makan sayur dan buah. Karena pada masa trimester pertama merupakan masa pembentukan dari organ-organ penting janin seperti otak. Jadi, jangan malas makan dan terus konsumsi buah dan sayur. Biasanya pada awal pertama hamil ibu hamil juga merasakan morning sick atau biasa disebut ngidam. Ini dikarenakan karena perubahan hormon, sehingga menimbulkan apa yang disebut dengan morning sick. Biasanya tiap ibu hamil bermacam-macam ngidam yang diminta. Dan bisa jadi ibu hamil merasakan mual yang luar biasa.


Pada bulan pertama dalam masa kehamilan, organ-organ yang akan terbentuk seperti otak akan dipengaruhi oleh makan dan minuman yang dikonsumsi ibunya, maka dari itu, harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan nutrisi janin, jangan sampai salah makan nantinya. Agar persiapan awal kehamilan berjalan lancar maka anda harus banyak pengetahuan tentang kehamilan sebelum anda hamil. Ini akan sangat membantu anda dalam mempersiapkan kehamilan awal bulan. Pada awal bulan kehamilan biasanya ibu hamil merasakan mual yang luar biasa ketika mencium bau masakan atau makanan, anda jangan kaget karena ini efek dari perubahan hormon janin.

Tags

About The Author

Harry Wicaksono 25
Novice

Harry Wicaksono

Simple person, and like a share something

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel