4 Formasi Alternatif untuk Manchester United Arahan Jose Mourinho

23 Nov 2016 15:22 147581 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Formasi alternatif MU arahan Jose Mourinho

Pekan-pekan awal Liga Inggris musim 2016-2017, Manchester United terbilang cukup mendominasi dengan beberapa kemenangan. Awal yang baik itu memberikan asa bagi para fans “Setan Merah” untuk kembali ke posisi puncak setelah beberapa tahun lamanya cukup terseok-seok. 

Harapan untuk mengembalikan reputasi sebagai klub papan atas itu memang mulai tampak. Apalagi Manceshter United alias MU ini dilatih oleh salah satu pelatih kenamaan, Jose Mourinho. Dibawah arahannya, Jose Mourinho seolah memberi angin segar bagi para fans berkat kemenangan yang gemilang di awal liga. 

Sayangnya, “langit cerah” kemenangan itu tak nampak di beberapa pekan selanjutnya. Akibatnya, Manchester United terlempar dari 5 besar Premier League (saat artikel ini dibuat).  Mereka juga kurang bertaji ketika menghadapi klub besar Inggris lainnya. 

Apa yang salah Manchester United? Banyak yang berkomentar bahwa menurunnya performa Manchester United disebabkan oleh taktik Jose Mourinho. Taktik yang diterapkan oleh manajer asal Portugal itu masih kaku dan kurang cerdik untuk menghadapi tim Liga Inggris yang kini makin kompetitif. 

Padahal kalau melihat ke belakang, Jose Mourinho ini termasuk pelatih yang cerdik. Apalagi ketika ia menangani Chelsea pertama kali, banyak yang memujinya lantaran mampu menerapkan taktik yang cerdik. 

Jose Mourinho menerapkan formasi 4-2-3-1, formasi yang belum ketika itu. Saat banyak yang tahu bahwa formasi tersebut ternyata cukup ampuh, kini formasi tersebut jadi umum dan banyak digunakan oleh banyak manajer klub maupun pelatih tim negara di ajang internasional. 

Jose Mourinho pun menerapkan formasi tersebut ke Manchester United. Sayangnya, formasi tersebut ternyata kurang efektif dan tidak lagi taktis. Banyak yang menganggap bahwa Jose Mourinho seharusnya bisa menerapkan formasi lain agar permainan Manchester United lebih hidup dan bisa lebih kompetitif.

Atau Jose Mourinho juga perlu melirik pemain dari Persib Bandung kali yah, Feby atau Vladimir bisa juga dicomot tuh.

Baca Juga : 5 Pemain yang Menjadi “Kunci Permainan” Persib Bandung di Ajang TSC 2016

Nah, ada empat formasi alternatif yang seharusnya dicoba oleh Jose Mourinho di Manchester United.

Berikut keempat formasi alternatif tersebut. 

1. Formasi Tiga Pemain Belakang 

Menempatkan tiga pemain belakang tidak membuat pertahanan gampang dijebol. Buktinya, formasi tiga pemain belakang ini cukup efektif untuk perkembangan sepakbola saat ini. Contohnya, tim nasional Wales di Piala Eropa 2016 atau kalau mau pembanding, West Ham United tergolong cukup sukses mengadopsi formasi dengan tiga pemain belakang. 

Manchester United bisa menerapkan formasi tiga pemain belakang dengan format 3-4-3. Formasi ini terbilang sukses diterapkan oleh Chelsea saat klub yang dilatih oleh Antonio Conte itu melumat Manchester United 4-0 di Stamford Bridge.

Jose Mourinho bisa menerapkan formasi 3-4-3 dengan memainkan tiga pemain belakang Daley Blind, Chris Smalling dan Eric Bailly.

Pogba dan Herrera dimainkan sebagai pemain tengah yang diapit oleh pemain sayap Luke Shaw dan Antonio Valencia. Posisi sayap ini jelas tidak akan masalah mengingat Luke Shaw dan Antonio Valencia cukup lihai bermain di posisi belakang. 

Di bagian depan, Zlatan ditempatkan sebagai penyerang murni yang disokong dan dibantu oleh Martial, dan Lingard. 

Formasi ini bisa jadi pilihan bagus untuk dicoba oleh Jose Mourinho. Sayangnya, formasi ini akan mematikan peran nomor 10, Juan Mata.  Meskipun demikian, posisi Anthony Martial dan Jesse Lingard akan memiliki lebih banyak ruang untuk memotong serangan lawan dari tengah dan bisa membangun serangan kedepan. 

Formasi alternatif lainnya adalah formasi yang mungkin tidak diduga, formasi piramid yang ulasannya bisa dibuka pada halaman selanjutnya. 

Tags Sepakbola

About The Author

Graha 53
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel