Cara Praktis Membuat Jus Kulit Manggis

9 Nov 2016 00:20 3161 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komponen aktif yang utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan pertama kali secara biologis telah aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids.

Buah manggis mempunyai daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun lembut dan terasa asam, manis dan segar di mulut. Daging buahnya banyak mengandung air. Namun siapa sangka, bagian paling bermanfaat buat kesehatan dari buah manggis justru terletak pada kulit buahnya, dimana belakangan ini kulit buah manggis menjadi begitu populer sebagai obat herbal karena berdasarkan penelitian, mereka memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan dan telah terbukti.

Komponen aktif yang utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan pertama kali secara biologis telah aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan dalam dua keluarga tanaman yaitu buah dan sayur. 200 jenis xhantones alami yang telah berhasil diidentifikasi adalah sekitar 40 jenis diantaranya telah berhasil ditemukan dalam buah manggis.

Xanthone dan turunannya telah terbukti mempunyai beberapa manfaat, termasuk sebagai anti inflamasi dan antialergi. Ditemukan juga komponen lain dari buah manggis yang sangat penting dimanfaatkan sebagai obat herbal, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Ketika anda makan buah manggis, disarankan jangan membuang sembarangan kulitnya. Seperti dijelaskan di atas, karena justru dalam kulit manggis tersebut terkandung khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia. Anda bisa memanfaatkannya dengan mengolah kulit buah manggis segar (lebih disarankan) menjadi minuman herbal yang dikonsumsi secara rutin. Minuman sari dari kulit buah manggis terkenal dengan nama sirup xanthone. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara praktis dan sederhana.

Caranya dengan mencuci bersih 2 buah kulit manggis segar, kemudian direbus dalam 4 gelas air. Masak hingga tinggal 2 gelas saja. Minumlah secara rutin 2 - 3 kali sehari masing – masing 1 gelas. Anda juga bisa mengolah jus buah manggis seperti anda membuat jus pada umumnya. Bila kurang manis atau terasa agak tidak enak di lidah, maka anda bisa menambahkan bahan pelezat lainnya.

Apabila anda ingin benar – benar bisa merasakan kenikmatan ketika meminum segelas jus kulit buah manggis segar hasil buatan sendiri di rumah maka anda harus tahu langkah - langkah terbaik agar rasa jus manggis yang akan dihasilkan menjadi sebuah jus yang nikmat. Untuk mengetahui secara lengkap dan jelas tentang bagaimana proses pembuatan jus manggis yang baik dan benar sesuai dengan standar kesehatan maka perhatikan langkah - langkah berikut ini :

1). Siapkan terlebih dahulu beberapa potong kulit manggis segar, banyaknya tergantung keinginan dari anda sendiri. Saran para ahli gizi adalah semakin banyak kulit manggis segar yang akan anda gunakan maka semakin bagus hasilnya. Kemudian dicuci bersih memakai air mengalir.

2). Ambil pada bagian dalamnya saja, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luarnya) dan jangan sampai getahnya ikut - ikutan terangkat, karena dapat menyebabkan rasa jus manggis menjadi pahit dan jelek nantinya.

3). Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit yang telah anda dapatkan tadi, dapat di campur dengan es serut, susu kental putih, daging alpukat, dan madu. Mau dicampur apapun sebenarnya tidak masalah, tergantung dengan selera anda.

4). Setelah beberapa menit, kulit manggis tersebut sudah siap untuk disajikan dalam gelas saji.

Sekian dulu artikel singkat dari kami tentang bagaimana cara membuat jus kulit manggis yang sehat, semoga bermanfaat untuk siapa saja yang ingin mencoba membuat sendiri di rumah dan mendapatkan khasiat ajaib yang terkandung dalam kulit manggis.

 

 

 

Tags Keluarga

About The Author

Nila 59
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel