Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

31 Oct 2016 13:19 7491 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk para blogger sangat disarankan kalian menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics karena kalian akan mendapatkan keuntungan seperti...
Plimbi.com - Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara menggunakan google webmaster tool dan google analytics pada blog/website.

Kenapa harus menggunakan webmaster tool dan analytics pada blog/website?

2 tools yang sudah google sediakan ini sangat penting untuk kalian gunakan, salah satu fungsinya adalah untuk mengetahui grafik trafik pada blog/website kalian.

Sebelum saya menjelaskan caranya, kalian harus tau dulu apa itu Google Webmaster Tool dan Google Analytics.

Apa itu Google webmaster tool (GTW) ?

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

Google webmaster tool adalah sebuah sarana google search engine untuk berinteraksi dengan webmaster (Pengelola dari sebuah website) seperti memberikan laporan jika ada link yang mati, website disusupi malware atau laporan tentang trafic ke webmaster. Tujuan utama para webmaster menggunakan google webmaster tool adalah untuk keperluan Search engine optimization (SEO).

Untuk yang belum tau apa itu SEO bisa baca diartikel saya sebelumnya link.

Dengan menggunakan google webmaster tool, para webmaster akan dimudahkan dalam mengelola dan menganalisa website yang sedang dikelolanya seperti :

1. Mendaftar Website ke Mesin Pencarian

Sebenarnya tanpa kita mendaftarkan blog/website kita ke google, google tetap akan mengindex blog/website yang kita kelola, tapi alangkah baiknya jika kita mendaftarkan website yang kita kelola dengan google webmaster tool karena kita juga bisa mendapatkan keuntungan dengan mendaftarkan blog/website kita ke GWT.

Dengan terdaftarnya blog/website kita melalui GWT, google menjamin bahwa website kita akan diindex dan otomatis website yang kita daftarkan akan direkomendasikan google kepada orang yang sedang mencari informasi.

2. Mengatur Perindeksan Google

Dengan menggunakan GWT tadi, kita sebagai webmaster bisa mengatur konten mana saja yang boleh dan tidak boleh diindex oleh mesin pencari dan ditampilakn di halaman hasil pencarian google. Ini penting karena terkadang kita tidak boleh mengexpose konten tertentu karena alasan keamanan.

3. Report dan Troubleshooting Website

Google webmaster tool akan memberikan laporan tentang kesehatan website yang kita sedang kelola, jadi jika ada artikel yang linknya mati atau tidak bisa dibaca oleh google kita bisa dengan cepat bisa mengetahuinya dan memperbaikinya.

4. Data Trafik Statistik dan Search Engine Optimization (SEO)

Google webmaster tool juga akan memberikan kita laporan tentang data pengunjung seperti jumlah pengunjung, sesi, keyword yang digunakan pengunjung untuk bisa sampai ke blog/website kita, durasi website kita dibaca, konten yang sering diakses pengunjung dan lain sebagainya akan dilaporkan oleh GWT secara lengkap. Dengan data ini, webmaster bisa mengoptimasi webiste yang dikelolanya agar konten yang akan dibuat benar-benar dbutuhkan oleh banyak orang sehingga pengunjung blog/website kita akan semakin banyak.

Selain 4 hal diatas, masih banyak lagi keuntungan yang akan kalian dapatkan jika menggunakan google webmaster tool.

 

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool

Untuk bisa menggunakan fitur yang ada di google webmaster tool, pertama-tama kalian harus mempunyai akun gmail terlebih dahulu. Kalian yang belum punya akun gmail bisa mengikuti divideo ini

Jika kalian sudah memiliki akun gmail, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Mendaftarkan Website yang akan dikelola

Buka halaman https://www.google.com/webmasters/ , lalu login dengan akun gmail kalian.

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

Masukan alamat blog/website yang akan akan dikelola pada kotak add a property  lalu klik add a property untuk melanjutkan.

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

Cara Menggunakan Google Webmaster Tool dan Google Analytics pada Blog/Website

Verifikasi blog/website yang akan anda kelola dengan metode yang telah disediakan oleh google dan ikuti petunjuk yang ada.

2. Melihat hasil laporan situs yang kita kelola

Google menyediakan banyak menu yang dapat digunakan oleh webmaster untuk melihat keadaan blog/websitenya. Kalian bisa mengeksplornya sendiri. Data blog/website kalian akan muncul 2 hari setelah kalian daftarkan.

“Jika kamu mempunyai website dengan multi site dalam satu domain, sebaiknya daftarkan satu per satu (menggunakan tracking code yang berbeda) agar data yang tersaji dipisah antara site yang satu dengan site yang lain.
Untuk pengguna wordpress kamu bisa menggunakan google analytic untuk melakukan verifikasi (jadi pasang google analytic sebelum menambahkan ke google webmaster tool)”

Tags SEO Web

About The Author

Alwan Alfian Setiawan 25
Novice

Alwan Alfian Setiawan

Web Designer - Aku Sederhana Tapi Menarik

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel