Inilah Jenis-jenis Keyword yang Harus Kalian Ketahui Sebelum Melakukan Riset Keyword !

17 Oct 2016 08:56 2189 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Inilah jenis-jenis keyword yang penting untuk kalian ketahui lengkap dengan cara untuk menganalisisnya !

Plimbi.com - Pada 2 artikel saya sebelumnya yaitu Apa Itu SEO? Mengapa SEO Penting Untuk Website? dan Cara Membuat Artikel Kamu Menjadi yang Teratas di Google dengan SEO, saya telah membahas tentang apa itu SEO berserta manfaatnya untuk sebuah website dan artikel juga cara melakukan SEO itu sendiri.

Nah, salah satu langkah penting untuk mengoptimasi sebuah artikel menggunakan SEO adalah dengan melakukan Keyword Research atau Riset Kata Kunci. Melakukan riset keyword ini bertujuan untuk mencari kata kunci yang paling banyak orang cari diinternet atau mencari rating pencarian dari suatu kata kunci.

Bagaimana caranya melakukan Riset Keyword yang baik?

Untuk bisa melakukan riset keyword yang baik, kalian harus mengetahui dulu jenis-jenis keyword dan cara mencarinya. Inilah jenis-jenis keyword dan cara mencarinya. Silahkan disimak baik-baik :)

Jenis - Jenis Keyword :

1. Short Tail Keyword

Short Tail Keyword adalah sebuah keyword yang hanya terdiri dari 1 - 2 kata saja. Contohnya :

  • Handphone
  • Motor
  • Laptop
  • Mouse Gamming
  • dll.

Untuk artikel atau website baru sebaiknya jangan menggunakan tipe keyword seperti ini. Keyword tipe ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Hanya artikel atau website lama yang bisa menang dipage 1 google dengan short tail keyword, kecuali jika kalian memang sangat ahli melakukan metode SEO.

 

2. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword merupakan short tail keyword yang ditambahkan beberapa kata untuk membuat keyword tadi lebih spesifik. Contohnya :

  • Handphone terbaik harga 2 jutaan 2016
  • Laptop harga 5 jutaan terbaik
  • Kemeja laki-laki tangan panjang
  • Gaya rambut pria hits 2016
  • dll.

Long tail keyword ini sangat disarankan untuk kalian gunakan. Tipe keyword seperti ini cenderung memiliki tingkat persaingan yang rendah dan memudahkan artikel atau website kalian muncul teratas digoogle.

Tapi tipe keyword seperti ini juga memiliki kekurangan, yaitu trafik yang didapatkan biasanya lebih sedikit dari tipe short tail keyword. Buatlah keyword kalian menggunakan spesifik waktu atau tempat, ini akan lebih memudahkan artikel kalian muncul dipage 1 google.

 

3. Keyword Abadi

Keyword Abadi adalah keyword yang pasti akan orang selalu gunakan dan keyword tersebut tidak akan habis dimakan waktu. Biasanya keyword ini berupa hal umum yang tidak akan berubah, seperti penyakit, percintaan, kelahiran dll. Contohnya :

"cara cepat menurunkan badan setelah melahirkan"

keyword diatas merupakan salahsatu contoh dari keyword abadi karena semua wanita pasti akan melahirkan dan tidak akan pernah berubah.

 

4. Keyword Musiman

Keyword Musiman ini adalah keyword kebalikan dari keyword abadi tadi. Keyword tipe ini hanya bersifat musiman. Contohnya :

"Hasil race motogp jerman 2015"

Keyword diatas kita sebut sebagai keyword musiman karena, keyword sepeti itu hanya akan populer dicari orang saat event tersebut terjadi. Biasanya beberapa minggu atau bulan keyword ini akan sangat jarang dicari lagi oleh orang.

 

Niche Keyword

Selain keempat jenis-jenis keyword diatas, saya juga menemukan niche keyword. Jika kalian mencari definisi dari keyword ini, maka hasilnya akan berbeda-beda.

Tapi yang saya bisa simpulkan, Niche Keyword ini adalah kata kunci yang fokus atau spesifik.

Misalnya kata kunci tersebut adalah Laptop, Laptop ini belum menjadi kata kunci yang niche atau spesifik. Yang merupakan niche keyword adalah seperti Laptop Dell, Laptop termurah 2016, Laptop terbaru, Laptop gamming dan lain sebagainya.

Sebenarnya dari segi bentuk niche keyword ini sama seperti Long Tail Keyword.

Selain niche keyword ada juga Niche Blog dan Niche Market.

Nice Blog adalah blog yang membahas tentang sesuatu yang spesifik bukan bersifat umum.

Nice Market adalah target pasar yang dibidik sangat spesifik.

About The Author

Alwan Alfian Setiawan 25
Novice

Alwan Alfian Setiawan

Web Designer - Aku Sederhana Tapi Menarik

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel