Tips Traveling Ke Kawasan Wisata Yang Bersuhu Dingin

26 Oct 2016 15:05 2126 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Memang sih melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo ini bukan seperti anda sedang mendaki gunung yang harus melakukan persiapan.

Memang sih melakukan perjalanan wisata ke Gunung Bromo ini bukan seperti anda sedang mendaki gunung yang harus melakukan persiapan. Namun, perlu kalian ketahui jauh - jauh hari bahwa cuaca di Bromo itu sangat dingin, belum lagi anda harus kuat menaiki 250 anak tangga dari batu untuk bisa melihat kawah Gunung Bromo.

Maka dari itu dengan fisik / tubuh yang fit, diharapkan anda memiliki daya tahan tubuh tidak mudah drop dalam menghadapi perubahan cuaca. Perjalanan liburan anda akan menjadi kurang sempurna kalau tiba ditujuan tapi kondisi badan sudah tak karuan, ada yang terkena flu hingga pingsan ! Apalagi kalau kalian brencana untuk menggunakan sepeda motor keliling desa - desa yang ada di sekitar kawasan wisata alam Gunung Bromo, tubuh yang fit adalah suatu keharusan yang wajib anda sediakan jauh - jauh hari.

Agar kalian fit dari awal sampai akhir perjalanan maka perhatikan beberapa tips traveling dari kami di bawah ini untuk traveling ke kawasan wisata yang bersuhu dingin.

Persiapkan Pakaian Dan Perlengkapan

Udara dingin yang ada di sekitar Gunung Bromo ini merupakan sebuah tantangan besar yang harus bisa anda hadapi, karena suhu udaranya bisa mencapai 10 derajat celcius. Selain fisik yang fit, anda perlu membawa pakaian dan perlengkapan lainnya yang harus kita siapkan dengan baik dan dalam kondisi dingin. Berikut ini beberapa rekomendasi yang kami berikan mengenai pakaianĀ  yang harus anda siapkan sebelum melakukan perjalanan liburan ke kawasan wisata alam pegunungan dan hutan :

Jaket Tebal.

Jaket yang direkomendasikan adalah jaket yang mampu menahan udara dingin dan bukan sekedar jaket fashion saja. Bawalah beberapa kaos lengan panjang yang bisa kalian manfaatkan sebelum memakai jaket namun tetap bisa tampil trendy. Masing - masing orang memiliki kekebalan yang berbeda - beda, maka dari itu sangat diperlukan membawa pakaian yang tebal.

Celana Panjang Tebal

Usahakan memakai celana outdor atau celana panjang tebal yaitu celana yang bahan - bahannya terbuat dari kain tebal dan lemas yang bisa melindungi kaki anda dari pengaruh udara yang sangat dingin di area kawasan wisata pegunungan. Biasanya celana ini dipakai oleh para pendaki gunung namun tetap harus memperhatikan modelnya agar tetap tampil trendy.

Syal, Kupluk, Dan Sarung Tangan

Karena jaket tidak mampu menutupi seluruh badan, maka sebaiknya kalian melengkapi diri dengan mengenakan syal, kupluk, dan sarung tangan. Syal bermanfaat untuk melindungi leher kalian dari hawa dingin pegunungan, lalu kupluk untuk melindungi kepala agar tidak terasa dingin dan sangat direkomendasikan bagi kalian yang memiliki kepala botak. Disamping melindungi kepala, kupluk berguna untuk menutupi telinga yang bertujuan untuk mengurangi tekanan udara ketika berada di puncak Gunung Bromo. Yang terakhir adalah sarung tangan. Apabila kalian lupa membawa perlengkapan tersebut, jangan khawatir karena di sekitar Gunung Bromo banyak terdapat kios - kios suvenir yang khusus menjual berbagai syal, kupluk, dan sarung tangan. Tapi harganya lebih mahal.

Sepatu

Jangan pernah membayangkan bahwa kalian akan menggunakan sandal di tengah udara yang sangat dingin ketika sudah tiba di puncak. Perhatikan kontur jalan yang akan anda lalui nanti adalah sebagian besar berbatu dan licin. Sepatu boot atau sepatu hiking akan lebih bermanfaat daripada sepatu sneakers karena selain kuat, sepatu jenis ini akan melindungi kalian dari cedera jika terjatuh.

Lampu Senter / Flashlight

Benda ini berguna disaat kalian akan menikmati sunrise pada waktu menjelang malam, karena kalian akan akan tetap mendaki meskipun langit akan menjelang gelap gulita sebelum sampai di puncak dengan selamat dan mendirikan tenda. Penerangan dari senter akan sangat membantu kalian untuk menapaki jalan yang terjal. Ingat selalu anda harus berhati - hati di dalam perjalanan tersebut.

Masker

Karena tempatnya yang berada ditengah - tengah hamparan pasir dan tinggi, maka masker sangat penting untuk manfaat melindungi hidung dan mulut anda dari terpaan debu pasir yang sewaktu - waktu bisa menyebabkan batuk dan perih pada tenggorokan.

Kacamata

Nah, yang terakhir adalah selain buat gaya, kacamata bisa juga untuk melindungi mata anda dari debu dan sinar matahari atau terpaan angin. Pilihlah yang keren dan trendy.

Kamera Dan Perlengkapannya

Untuk menempuh perjalanan jauh dan terjal hingga ke puncak Gunung Bromo, anda membutuhkan perjuangan dan persiapan yang cukup keras. Oleh sebab itu alat yang satu ini wajib kalian bawa. Kamera dan perlengkapannya bermanfaat untuk bisa foto - foto yang keren sebagai kenangan manis saat anda berhasil tiba di atas puncak bukit, apalagi kalau anda bisa membuat foto dengan latar belakang sunrise yang natural, jangan lupa untuk membawa tripod, karena waktu sunrise sangat cepet sekali, jadi jangan anda melewatkan moment itu. Persiapan baterainya dicharge, selain itu Hp, tablet, puyer atau obat - obatan lainnya juga perlu dibawa.

Bawa Makanan Dan Minuman

Meskipun banyak sekali penjual makanan yang akan kalian temui di puncak gunung, anda tetap harus membawa beberapa makanan / minuman kecil untuk mengantisipasi rasa lapar yang bisa datang dengan mendadak, apalagi udaranya sangat dingin yang bisa memicu munculnya rasa lapar menjadi sering. Untuk harga makanan / minuman yang dijual disana adalah relatif lebih mahal.

Siapkan Uang Tunai Yang Cukup

Bawalah uang tunai sesuai dengan kebutuhan selama anda berwisata ke Gunung Bromo untuk membiayai rencana wisata dan kegiatan anda lainnya selama disana, karena kalian tidak akan menemukan mesin ATM di sekitar tempat wisata pegunungan tersebut.

Salah satu tujuan utama para wisatawan suka melakukan kegiatan hiking adalah melihat indahnya sunrise di puncak gunung, karena dari puncak Gunung Bromo inilah sunrise akan tampak sangat indah sekali. Berangkatlah lebih awal dari jam penginapan. Maka kalian akan bertemu dengan sekelompok wisatawan lainnya yang juga ingin berburu indahnya sunrise. Tentulah hal ini akan menjadi perjalanan yang cukup menyenangkan. Jika semua persiapan sudah lengkap, berdoalah sebelum melakukan perjalanan supaya semuanya diberi kelancaran. Amain.

Nah, itulah beberapa tips lengkap yang patut anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan liburan ke Gunung Bromo. Semoga bermanfaat, sehingga liburan anda menjadi berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Tags Wisata

About The Author

Nila 58
Expert

Nila

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel