8 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan, Salah Satunya Awet Muda!

21 Sep 2016 08:10 2320 Hits 0 Comments
Bukan hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam, tapi blueberry juga bisa bikin kita menjadi lebih awet muda lhoo.

Buah bluberry yang juga memiliki nama latin vaccinium ini terdiri dari 2 jenis tanaman yaitu bluberry semak rendah serta bluberry semak tinggi. Jenis bluberry semak rendah, memiliki ketinggian berkisar satu hingga dua meter. Sementara bluberry semak tinggi, bisa mencapai sepuluh hingga dua belas meter.

Tanaman bluberry, bisa tumbuh di tanah berpasir, asam, dan akan lebih baik lagi jika tumbuh di lahan yang terbuka.

Kandungan nutrisi dalam buah bluberry

Di dalam buah bluberry, terkandung zat sehat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Buah bluberry sendiri terkenal dengan kandungan sehatnya yang cukup tinggi yaitu zat antioksidannya. Selain antioksidan yang cukup tinggi, buah bluberry juga mengandung zat- zat sehat berikut ini.

  1. Vitamin A
  2. Viamin C
  3. Vitamin E
  4. Serat
  5. Kalium
  6. Zat besi
  7. Zinc
  8. tembaga
  9. Mangan
  10. Anthocyanidins

 

Manfaat blueberry bagi kesehatan tubuh

Buah bluberry mengandung banyak zat sehat untuk kebaikan tubuh keseluruhan. Adapun beragam manfaat buah bluberry bagi tubuh adalah sebagai berikut:

1. Membantu dalam menyehatkan otak

Otak merupakan anggota tubuh yang memiliki fungsi penting terutama dalam hal berpikir. Mengonsumsi jenis makanan bergizi yang baik untuk otak, mampu menyehatkan otak sehingga otak mampu berpikir dengan baik dan cerdas.

Salah satu buah yang mampu membantu menyehatkan otak adalah bluberry. Buah yang satu ini mampu mengembalikan kehilangan memori jangka pendek serta hal lain yang terjadi seiring dengan proses penuaan.

Antoioksidan dalam bluberry juga dapa digunakan dalam menjaga kemampuan motorik dalam tubuh.

 

2. Bagus untuk kesehatan mata

Sama seperti otak, mata merupakan bagian dari tubuh manusia dengan fungsi yang cukup vital yakni sebagai penglihatan. Fungsi mata dapat ditingkatkan dengan cara secara rutin mengonsumsi jenis vitamin A dengan jumlah yang cukup.

Keberadaan vitamin A yang dikonsumsi secara cukup, dapat membanu kesehatan mata bahkan membantu mencegah terjadinya penurunan kulitas mata akibat penuaan.

Bluberry dalam dunia kesehatan, banyak pula digunakan oleh angkatan udara di Inggris. Hal ini dilakukan agar mereka yang bekerja dalam bidang tersebut memiliki mata yang sehat dengan penglihatan yang cukup baik di kegelapan.

 

3. Membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh

Bluberry dapat digunakan sebagai salah satu buah yang digunakan unuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Bluberry sendiri mengandung asam klorogenat yang memiliki khasiat penurun gula serta kadar glukosa yang berlebih dalam tubuh.

Bagi mereka yang tengah menderita dibetes mellitus, sebaiknya menjadikan bluberry sebagai salah satu buah sehat untuk dikonsumsi secara rutin.

4. Membantu sistem metabolisme dalam tubuh

Manfaat bluberry juga bisa diemukan dalam khasiatnya untuk membanu sisem metabolisme dalam tubuh. Tidak heran mengingat buah yang satu ini, mengandung banyak zat sehat seperti pyridoxine, asam pantotenat, folat serta niacin.

Ragam  vitamin dari vitamin B kompleks ini, berguna sebagai kofakor dalam membantu sistem metabolisme dalam tubuh dalam mencerna proein, lemak, serta karbohidrat.

 

5. Membantu memproduksi sel darah merah

Buah bluberry mengandung zat tembaga yang bagus dalam memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Sementara zat besi dalam buah ini mampu membantu terjadinya pembentukan sel darah merah.

Buah bluberry juga kaya akan mineral yang berupa mangan, kalium, zinc, zat besi serta tembaga yang baik dalam membantu mengendalikan detak jantung sekaligus menjaga tekanan darah dalam tubuh.

 

6. Mencegah terjadinya penuaan dini

Buah bluberry merupakan jenis buah yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh serta untuk menghindari terjadinya penuaan. Inilah kenapa bagi anda yang ingin tetap sehat dan awet muda, ada baiknya menggunakan bluberry sebagai salah satu konsumsi sehat buah-buahan anda.

 

7. Membantu sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang terjaga tentu baik dalam menghindarkan tubuh dari gangguan ragam jenis penyakit akibat radikal bebas atau sumber penyakit yang lain. Di dalam bluberry terkandung zat sehat yang berguna sebagai obat untuk mengatasi kanker serta mencegah datangnya penyakit kronis seperta serangan jantung.

Kandungan bluberry yang kaya akan antioksidan, juga berguna dalam mencegah banyak ragam jenis penyakit lain mulai dari peradangan, alzheimer hingga penyusutan otak.

 

8. Mencegah penyakit kanker

Telah dibahas di atas jika buah yang satu ini mampu membantu anda dalam menanggulangi penyakit kanker. Adapun jenis antioksidan yang membantu anda dalam mengurangi resiko terjangkit kanker adalah resverarol, tanin, flavonol sera antocyianin. Jenis antioksidan ini membantu tubuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Bagi seorang wanita, konsumsi buah bluberry dalam jumlah yang tepat, mampu menjauhkan mereka dari kanker ovarium hingga lima puluh persen.

 

Ada banyak sekali manfaat buah bluberry bagi kesehatan. Bukan hanya bluberry, namun banyak ragam jenis buah lainnya yang harus anda masukkan ke dalam konsumsi harian sehat untuk membuat tubuh lebih kebal dari ragam penyakit ringan hingga yang berat sekalipun. 

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel