5 Tips Ini Dijamin Bikin Kita Lebih Berhemat

4 Sep 2016 11:02 3119 Hits 2 Comments
Di zaman yang semuanya serba mahal ini kayaknya kita harus lebih berhemat deh, 5 tips ini bakal bikin hidup kamu lebih hemat

Pernah merasa uang gajian mengalir dan hilang begitu saja? Sepertinya cukup sering ya. Setelah sebulan lelah bekerja rasanya akan senang apabila mengetahui tanggal gajian telah tiba dan pundi-pundi rupiah masuk ke rekening. Akibatnya muncul rasa nafsu untuk memanjakan diri, mulai dari berbelanja kebutuhan sampai dengan keinginan yang sebenarnya tidak penting pun dilakoni. Alhasil uang gajian seakan hanya ‘numpang lewat’, padahal kita tidak tahu akan ada keperluan mendadak apa di kemudian hari.

Keresahan ini membuat saya ingin membagikan tips yang sudah saya terapkan dan rasakan manfaatnya sendiri. Semoga tips ini dapat membuat kita semakin berhemat ya, berikut ulasannya:

 

1. Buatlah list pengeluaran untuk kebutuhan ‘primer’

Saat tanggal gajian tiba sering kita merasa menjadi orang kaya pada hari itu, untuk menyiasatinya buatlah list pengeluaran untuk kebutuhan primer seperti bayar sewa bulanan, transportasi, makan, cicilan motor, atau biaya pulsa. Dengan begitu kita dapat menyisihkan uang sejumlah total biaya kebutuhan primer tadi, hal ini akan membuat kita sadar bahwa uang gajian tidak sebesar kelihatannya.

 

2.Ingin ke mall untuk belanja? Buat daftar belanjaan dan komitmenlah

Setelah membuat list pengeluaran untuk kebutuhan primer sekarang kita sudah menentukan berapa jumlah uang yang akan dihabiskan untuk berbelanja. Namun sebelum kita pergi belanja ada baiknya bila menentukan apa saja kebutuhan bulanan yang perlu dibeli. Tidak mau kan kalau ternyata barang yang kita beli justru tak terpakai?

Jangan sampai pergi belanja tanpa tau apa yang akan dibeli, hal ini akan membuat kita ‘kalap’ dan membabi buta mengambil barang apa saja di depan mata.

 

3. Sebelum pergi belanja pastikan kondisi perut telah terisi

Sebuah penelitian di University of Minessota mengatakan bahwa belanja dengan kondisi perut lapar akan membuat kita kesulitan berfikir jernih untuk menentukan barang yang akan dibeli. Dengan belanja dalam posisi perut yang sudah kenyang akan membuat kita lebih cermat dalam menentukan barang yang akan dibeli. Selain itu hal ini juga menguntungkan ketimbang kita harus makan di food court mall dengan harga yang lebih mahal.

 

 

4. Saat belanja, pilihlah barang dengan kemasan lebih besar

Terkadang kita memilih untuk membeli barang dengan harga yang termurah. Saat membeli sabun misalnya, kita akan membeli sabun dengan ukuran 50gram karena harganya hanya 8 ribu rupiah, padahal sabun dengan ukuran 100gram harganya hanya 15 ribu.  Hal ini memang terlihat sepele karena selisihnya hanya seribu rupiah, tapi coba bayangkan jika ada 10 barang yang seperti itu, sudah terlihat kan berapa selisihnya. Selain itu, barang dengan ukuran besar juga akan lebih lama habisnya, hal ini juga berfungsi agar kita tidak perlu pergi belanja lagi dalam waktu dekat.

 

5. Sisihkan uang receh hasil kembalian untuk ditabung

Uang receh memang sering kita ‘anak tirikan’, menaruhnya seringkali sembarangan dan akhirnya tak terasa hilang begitu saja. Mulai sekarang cobalah untuk menyimpan setiap kembalian yang kita terima, taruhlah di wadah khusus dan jangan pernah di otak-atik dalam jangka waktu tertentu. Jika dirasa sudah cukup lama kamu bisa coba menghitungnya, lalu lihat! Ternyata hasilnya cukup banyak kan.

 

Cobalah lakukan 5 hal diatas untuk membantu mengatur keuangan bulanan, dijamin tidak ada lagi pertanyaan kemana uang kita habis selama ini. Yang terpenting adalah disiplin untuk berhemat, tetapi jangan lupa menyisihkan uang kita untuk berbagi dengan sesama ya.

Tags

About The Author

Fikri Ardian 28
Novice

Fikri Ardian

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang. Healthy lifestyle & Gym addict
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel