Benarkah Menghapus Cache Mempercepat PC?

25 Aug 2016 16:16 2015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kebanyakan orang beranggapan semua file temporary hanya ada untuk menyulitkan Anda, tetapi itu tidak sepenuhnya benar

Setiap kali Anda bertanya kepada orang yang memiliki skill yang cukup di komputer apa yang bisa mempercepat kinerja PC Anda maka dia akan menjawab jalankan ccleaner dan bersihkan cache. Tetapi, apakah benar membersihkan cache akan mempercepat kinerja komputer?

Kebanyakan orang beranggapan semua file temporary hanya ada untuk menyulitkan Anda, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. File Cache dibuat oleh aplikasi untuk menyimpan informasi yang sering digunakan jadi tidak harus membuat atau men-download lagi.

 

Ini tentang latency

Jika dibutuhkan 2 detik untuk mengakses gambar kecil dari server web itu tidak masalah. Tetapi, halaman website modern terdiri dari beratus bahkan beribu gambar kecil, style sheet, dan file JavaScript yang sebagian besar tak berubah  setiap hari. Kalikan dengan jumlah situs yang Anda kunjungi, akan memakan waktu untuk men-download-nya kembali, belum lagi masalah bandwith.

Jika browser Anda tak punya full CSS, dia akan mulai merender halaman yang Anda kunjungi, akan lebih banyak waktu yang dibutuhkan. Karena itu, bila Anda mengunjungi sebuah halaman untuk kedua kalinya dia akan cepat ter-load, itu karena cache.

Masalah bisa lebih buruk ketika aplikasi perlu membuat satu set info yang mungkin akan membutuhkan waktu dan dia membutuhkan itu setiap kali dijalankan. Daripada selalu membuat informasi yang dia butuhkan, akan lebih baik bila dia menjadikannya cache.

Ketika Anda menghapus cache yang sebenarnya Anda lakukan adalah memulai pekerjaan browser atau aplikasi Anda lebih berat lagi dan akan memperlambat komputer karena proses lebih memakan waktu.

 

Pengecualian

 

Jika komputer Anda tak punya ruang penyimpanan yang besar dan aplikasi Anda terlalu banyak membuat file-file temporary Anda punya alasan untuk membersihkan cache. Setidaknya ini bertujuan untuk memberikan ruang di storage PC Anda.

Namun, sebenarnya ini juga tak baik untuk harddisk yang menggunakan teknologi piringan karena dia akan bekerja lebih keras untuk membuat file, menghapus fie, dibuat kembali, dicari dan terus seperti itu. Karena itu, bila Anda ingin performa terbaik untuk storage PC, SSD adalah jawabannya.

 

Cache Corrupt

Ada kalanya cache rusak dan butuh dibersihkan agar aplikasi atau halaman web yang Anda kunjungi terbuka dengan benar. Atau cache sudah kadaluarsa – ini salah satu masalah besar web browser. Ini biasanya tidak mengurangi kecepatan, tetapi masalah lain untuk Anda. Jadi, untuk saat ini cara mengatasinya dengan membersihkan cache.

 

Autocomplete yang buruk

Alasan lain orang menghapus cache adalah karena algoritma autocomplete salah. Misalnya, search box Anda memberikan menu dropdown file terakhir kali yang Anda buka, tetapi dia sangat lambat atau stuck ketika melakukan tugasnya. Untuk mengatasinya memang hapus history dan cache agar algoritma untuk autocomplete membuat yang baru.

 

Alasan sebenarnya mengapa Anda ingin menghapus cache

Alasan paling kuat untuk menghapus cache adalah masalah privasi. Misalnya Anda sedang ada di warnet atau menggunakan komputer teman. Tetapi, sebenarnya menghapus cache tidak permanen – kecuali cache sudah menimpa ruang kosong ruang penyimpanan. Anda butuh tools yang memang berfungsi untuk menghapus cache secara permanen.

 

Pengujian

Kalau Anda tak percaya dengan artikel ini silahkan uji pada komputer Anda. Langkah termudah adalah dengan membersihkan cache pada browser. Sebelumnya tentukan salah satu website favorit Anda dan kemudian buka (sebelum cache dibersihkan) dan hitung berapa lama dia terbuka. Bersihkan cache dan buka kembali web tersebut dan hitung berapa lama dia terbuka.

 

Jadi ke mana cache-cache ini pergi?

Tidak ada salahnya menghapus cache, aplikasi yang bagus akan kembali membuat cachenya dengan cepat, bahkan Anda mungkin tidak menyadari. Tetapi, yang perlu kita tahu menghapus cache tak akan mempercepat kinerja komputer Anda.

About The Author

Ricky Sulastomo 71
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel