Dokumen Anda Corrupt di Mircosoft Word 2016? Begini Cara Me-recover-nya

24 Aug 2016 14:18 36249 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Apa Anda pernah punya file Word .doc atau .docx yang tidak bisa dibuka atau file tersebut bahkan hilang padahal itu semua adalah hasil kerja keras Anda selama ini

Apa Anda pernah punya file Word .doc atau .docx yang tidak bisa dibuka? Atau file tersebut bahkan hilang padahal itu semua adalah hasil kerja keras Anda selama ini. Jangan cepat putus asa, masih ada upaya untuk mengembalikannya.

Kita mungkin semua pernah mengalami hal ini dan jika belum pernah ini pelajaran berharga untuk Anda agar mem-backup komputer Anda. Ada banyak program gratis dan murah yang bisa memastikan hal ini tidak terjadi ke depannya.

Untuk saat ini, berikut adalah beberapa cara untuk me-recover file yang hilang atau rusak.

Me-recover teks dari dokumen Word yang corrupt

Jika dokumen Anda corrupt mungkin Anda akan mendapat pesan seperti di bawah:

“Word experienced an error trying to open the file.

Try these suggestions.

* Check the file permissions for the document or drive.

* Make sure there is sufficient free memory and disk space.

* Open the file with the Text Recovery converter.”

Jika Anda sudah memeriksa file permissions dan Anda tahu seharusnya Anda bisa mengaksesnya dan Anda sudah memeriksa CPU dan RAM saat menggunakan komputer, tetapi tidak ada masalah kita bisa mencoba recovery bulit-in Word untuk mengembalikan teks Anda. (bila Anda tidak menemukan filemnya bisa langsung lompat ke bagian ketiga artikel ini).

Open Word kemudian klik File > Open

Kemudian klik Browse

Dari sini Anda harus menavigasi ke file yang ingin dibuka. Ketika sudah menemukan filemnya pilih Recover Text from Any File (*.*) jenis file dari menu dropdown.

Klik Open dan dengan sedikit keberuntungan Word akan me-recover teks Anda.

Bisa kita katakan pada komputer Anda mungkin Akan berbeda. Kadang-kadang file yang rusak bisa dan tidak diperbaiki, kemungkinan komputer Anda tak bisa mem-formatnya.

 

Paksa Word untuk memperbaiki file yang rusak

Jika cara di atas tidak bekerja, Microsoft punya cara lain untuk mencoba memaksa Word memperbaiki file. Di Word klik File pada Ribbon dan klik Open.

Pada kotak dialog yang terbuka klik dokumen Word Anda.

Pada tombol Open klik ikon panah an pilih Open and Repair

 

Recover dokumen Word yang hilang

Jika Anda tidak bisa menemukan filemnya Anda mungkin bisa menemukan backupnya yang sudah di save Word. Begini demonstrasi bagaimana mencari file backup Word di Microsoft Word 2016. Untuk versi yang lebih lama caranya bisa Anda cari di sini.

Setelah membuka Word 2016 klik File > Open

Next, klik Browse

Kemudian arahkan ke folder di mana Anda terakhir kali menyimpan file yang hilang tersebut. Di bagian tipe File pilih All Files (sebelumnya pada menu dropdown ini terpilih All Word documents). File bacup biasanya bernama Backup diikuti dengan nama file yang hilang. Klik file backup ini dan kemudian klik Open.

Jika Anda tidak menemukan file backup dengan cara ini alternatifnya cari file *.wbk Word Backup .

Nama file ini mungkin kurang familiar karena itu secara otomatis di buat oleh Word. Jadi, jika Anda melihat file .wbk, buka dia satu per satu sampai Anda menemukan file yang Anda cari dan save dia dengan cara yang benar.

 

Cari dan recover file temporary autosave

Jika Anda tidak menemukan backup di folder dokumen mungkin Anda punya file autosave dari 10 menit terakhir Anda mengetik di Word. Dia bisa muncul di beberapa lokasi, termasuk:

- “C:\ Documents and Settings\\Application Data\Microsoft\Word”

- “C:\ Documents and Settings\\Local Settings\Temp”

Di Windows 7 dan Vista harusnya ada di:

- “C:\Users\\AppData\Local\Microsoft\Word”

- “C:\Users\\AppData\Local\Temp”

Di sini untuk mempermudah Anda mencari filemnya, coba lihat waktu terakhir kali dimodif pada file yang berekstensi .ASD.

Jika Anda kesulitan mencari tempat penyimpanan autosave atau folder Temp cara mudah dan cepatnya adalah menggunakan software Search Everything untuk tipe file seperti .asd atau dengan awalan wra. Pada awal penggunaan akan memakan waktu agak lama karena harus mengindex komputer Anda, tetapi setelah itu dia akan bekerja lebih cepat. Mudah-mudahan salah satu dari opsi ini bisa mengembalikan skipsi, pekerjaan kantor atau pekerjaan Word Anda yang lain.

About The Author

Ricky Sulastomo 71
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel