Windows Bisa Hapus Program Anda Tanpa Bertanya, Kok Bisa?

2 Aug 2016 13:32 2002 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ketika Anda menginstal update utama Windows 10 setelah reboot ada beberapa program yang hilang Windows 10 bisa menghapus program Anda tanpa menanyakan Anda terlebih dahulu

Ketika Anda menginstal update utama Windows 10 setelah reboot ada beberapa program yang hilang. Ya, Windows 10 bisa menghapus program Anda tanpa menanyakan Anda terlebih dahulu. Untungnya, Anda bisa mengembalikannya dengan mudah.

Sebenarnya ini pengalaman dari beberapa orang setelah update terbesar pertama pada bulan November. Microsoft menolak untuk mengomentari masalah ini, tetapi tampaknya proses update dirancang untuk menghapus program yang tidak kompatibel. Seperti inilah yang bisa terjadi dan apa yang perlu Anda lakukan.

 

Windows hanya melakukan ini ketika melakukan update besar (update penting)

Windows tidak akan menghapus program pada waktu yang acak. Ini hanya akan menghapus program saat update ke versi baru yang penting atau build baru. Build Windows 10, update yang besar tidak seperti update normal, mereka membawa versi Windows yang benar-benar baru.

Sebagian proses upgrade Windows meninggalkan instalasi Windows atau build lama Anda ke direktori Windows.old di harddisk. Seharusnya itu di C:\Windows.old, ini juga ditampilkan dengan nama Previous Windows installation(s) di aplikasi Disk Cleanup.

Windows Bisa Hapus Program Anda Tanpa Bertanya, Kok Bisa?

Mengapa Windows menghapus program?

Windows menghapus program saat proses update karena masalah kompabilitas. Jika program dianggap bakal membuat crash, bug atau konflik dengan Windows, dia akan menghapusnya agar membuat sistem stabil. Jika ini terjadi, file dari program tersebut tidak diganggu, tetapi programnya dihapus.

Tampaknya fitur ini dirancang untuk melindungi pengguna Windows dari program yang outdated. Windows membersihkan mereka agar tidak terjadi masalah. Namun, Windows tidak memberikan pemberitahuan kalau dia menghapus program Anda.

Windows Bisa Hapus Program Anda Tanpa Bertanya, Kok Bisa?

Ketika update besar Windows 10 pertama muncul banyak program pengguna terkait utilitas hardware di hapus seperti Speccy, CPU-Z, HWMonitor dan CCleaner. Banyak juga mengatakan proses update ini juga menghapus driver seperti Intel Rapid Storage Technology dan juga AMD Catalyst Control Center. Bahkan beberapa orang mengatakan PDF viewernya juga dihapus, anehnya program-program ini tidak dihapus di beberapa komputer, apa Windows pilih kasih?

 

Untuk mengatasinya cukup instal ulang program yang dihapus

Windows Bisa Hapus Program Anda Tanpa Bertanya, Kok Bisa?

Jika Anda mengalami masalah ini dan ingin mengembalikan program Anda cukup instal ulang. Agar lebih aman cari update-an terakhir dari program Anda. Walau program konflik dengan update Windows terbaru Anda tetap bisa menginstal program tersebut asal dia memang kompatibel dengan Windows 10. Namun, ketika ada update mayor, dia akan kembali di hapus.

 

Bagaimana me-recover file program?

Windows seharusnya tidak menghapus program penting, tetapi secara tidak sengaja bisa menghapus setting atau file yang terkait dengan program.

Kita bisa mengembalikan file program yang dihapus. Windows 10 menyimpan file-file lama selama 30 hari setelah upgrade, dia menyimpannya di folder C:\Windows.old. Ini berfungsi agar Anda bisa mengembalikan ke versi yang sebelumnya bila terjadi masalah. Jadi, jangan hapus folder ini (terkadang aplikasi seperti Disk Cleanup menghapus folder ini).

Di folder Windows.old Anda akan melihat direktori instalasi Anda, jadi tidak akan sulit mencarinya. Misalnya program yang dihapus ada di C: \ Program Files (x86) Anda bisa menemukan filnya di C: \ Windows.old \ Program Files (x86). Jika Windows menghapus data aplikasi, Anda bisa menemukannya di C: \ Windows.old \ Users \ ‘NAMA KOMPUTER ANDA’ \ AppData.

Namun, Anda tidak bisa langsung menyalin file program ke instalasi Windows saat ini, ini tergantung registry program yang mungkin juga sudah dihapus atau berubah. Anda lebih baik menginstal ulangnya dan memanfaatkan file dari Windows.old untuk mengembalikannya.

 

 

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel