Uniknya 10 Planet Ini!

29 Jul 2016 10:17 2538 Hits 1 Comments
10 exoplanet ini sangat unik dibandingkan exoplanet lainnya lho!!!

Alam semesta begitu luas. Planet yang kita huni planet bumi adalah satu dari triliunan planet yang tersebar di angkasa luar. Berdasarkan fakta tersebut, apakah anda pernah beranggapan ada kehidupan lain selain di bumi kita?. Para ilmuwan meyakini kemungkinan tersebut ada dan dari waktu ke waktu mereka terus berusaha mencari petunjuk untuk menemukan dunia baru.

 

Pada tahun 1990, para ilmuwan menemukan secercah harapan dengan menemukan sejumlah planet di luar tata surya (exoplanet). Planet-planet tersebut sangat beragam dan unik. Mulai dari planet api, planet berukuran raksasa, planet berbatu, planet yang tidak memiliki bintang, dan banyak lagi. Sampai saat ini, mereka telah menemukan sekitar 230 exoplanet. Wow, luar biasa ya alam semesta ini!. Nah, berikut saya kasih tahu 10 diantaranya.

 

1. Sang Kuda Api

Planet yang pertama kali ditemukan para pemburu planet adalah Planet 51 Pegasi b pada tahun 1990. Planet yang mempunyai temperatur sangat panas ini hamper mirip dengan planet Jupiter. Planet ini diberi julukan Bellerphon, pahlawan mitos Yunani yang menjinakan kuda bersayap Pegasus. Pemberian nama tersebut berdasarkan lokasi planet itu yang terletak di gugus bintang Pegasus.

 

2. Tetangga Terdekat Bumi


Epsilon Eridani b adalah exoplanet terdekat dengan bumi yang hanya berjarak 10,5 tahun cahaya. Kehidupan di Planet ini mustahil ada karena planet tersebut mengorbit jauh dari bintangnya.

 

3. Planet Tanpa Bintang

Di alam semesta ini sebuah planet/exoplanet setidaknya memiliki satu bintang atau matahari, bahkan ada pula yang memiliki bintang/matahari lebih dari satu. Tapi itu tidak berlaku bagi Planemos. Planet ini hanya mengambang begitu saja tanpa mengitari bintang apapun.

 

4. Si Gesit

Dengan hanya jarak 740.000 mil dari bintang nya, Planet SWEEPS-10 ini disebut sebagai ultra- short-period planets (USPPs) karena planet ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk mengorbit. Satu tahun disana sama dengan 10 jam di bumi. WOW, luar biasa!!!

5. Dunia Api dan Es

Sama seperti bulan yang menjadi satelit bumi, planet Upilson Andromeda b ini terkunci pada bintangnya. Planet ini selalu menghadap ke bintangnya dan menciptakan temperature paling tinggi yang sejauh ini diketahui para astronom. Itu menyebabkan satu sisi planet sangat panas bagai lahar, dan disisi lainnya bertemperatur sangat dingin.

 

6. Cincin Raksasa

Exoplanet termuda yang kurang dari satu juta tahun ini mengorbit pada bintang Coku Tau 4. Keberadaan planet ini dideteksi para astronom dari lubang besar dari cincin planet tersebut. Lubang tersebut berukuran sepuluh kali lebih besar dari bumi.

 

7. Si Tua Bangka

Umur palnet ini diperkirakan mencapai 12,7 miliar tahun, makannya planet ini disebut planet tertua yang mempunyai sebutan Primeval World. Para ilmuwan menduga planet tersebut terbentuk delapan miliar tahun silam sebelum bumi terwujud dan hanya berselisih dua miliar tahun dari kejadian Big Bang. Penemuan ini menimbulkan wacana bahwa kehidupan mungkin terjadi lebih awal dari yang diduga selama ini.

 

8. Planet yang Menyusut

Atmosfer planet ini tersapu oleh angina stellar karena planet HD209458b ini mengorbit sangat dekat dengan bintangnya. Hal ini sama seperti palnet SWEEPS-10. Sejumlah ilmuwan mengestimasi planet tersebut kehilangan sepuluh ribu ton material setiap detiknya. Mungkin pada akhirnya planet ini hanya tinggal intinya saja.

 

9. Si Atmosfir Tebal

Planet yang pertama atmosfernya tercium oleh para ilmuwan adalah planet HD 189733b. Dengan menganalisis cahaya dari sistem bintang planet itu, astronom mengatakan atmosfir planet tersebut tertutup oleh semacam kabut tebal serupa dengan butiran pasir. Air juga tidak terdeteksi di planet ini. Namun, pemburu planet menduga ada kehidupan di balik kabut tebal itu.

 

10. Kembaran Bumi

Saat ini para ilmuwan sangat tertarik dengan salah satu exoplanet yaitu Gliese 581 C. Pasalnya, planet terkecil di luar sistem tata surya ini berada di “zona aman”. Artinya, planet ini terletak tidak terlalu jauh maupun terlalu dekat dengan bintangnya. Disebut kembaran bumi karena posisinya sama seperti bumi kita dengan matahari. Penemuan planet ini menyebabkan banyak pendapat bahwan terdapat air atau bahkan kehidupan di sana. Planet ini 50 persen lebih besar dan lima kali lebih masif dari bumi.

Nah, itulah 10 exoplanet dari sekian planet yang ada di alam semesta ini. Sungguh luas ya alam semesta ini! Seharusnya kita semua sebagai manusia sadar akan tidak berartinya diri kita di alam semesta ini.

Sumber: http://space.com

Tags

About The Author

Rijwan 45
Ordinary

Rijwan

Saya merupakan anak RPL yang bercita - cita membangun web sendiri juga menjadi ahli pemrograman serta komputer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel