Cara Men-Disable Permanen Keyboard Sentuh Windows 8 dan 10

28 Jul 2016 15:16 7185 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda kesal dengan fitur Keyboard sentuh Windows 8 dan 10 ini kita bisa membuangnya dengan mudah

Keyboard sentuh Windows 8 atau 10 mungkin menjadi perhatian Anda setelah ikonnya terus muncul di system tray. Jika Anda kesal dan ini mengganggu Anda, fitur yang satu ini bisa kita buang dengan mudah.

 

Kenapa Keyboard sentuh terus muncul?

Ada dua situasi utama mengapa ikon keyboard sentuh muncul di system tray Anda. Pertama dan yang merupakan lebih umum adalah laptop atau tablet Anda kompatibel menjalankan Windows 8 atau 10 dan perangkat memiliki layar sentuh. Untuk yang satu ini Windows berusaha membuat keyboard on-screen sentuh mudah Anda akses.

Jika Anda tidak menggunakan layar sentuh adanya ikon ini dan munculnya keyboard sentuh bisa membuat jengkel.

Kedua yang kurang umum, Anda terhubung ke mesin Windows dengan Windows Remote Desktop Connection atau aplikasi remote lainnya. Windows akan mengaktifkan keyboard sentuh, sehingga bila diperlukan Anda bisa mengklik atau men-tapnya.

Tampaknya ada bug kecil di kedua kasus ini bahkan ketika Anda mematikan keyboard sentuh dengan mengklik kanan ikon dan unchek ‘show touch keyboard button’. Dia akan tetap kembali beberapa menit kemudian atau muncul usai Anda merestart komputer Anda.

Tidak ada cara untuk menghalangi ikon ini menggunakan taskbar dan system tray. Selain itu, yang lebih membuat jengkel ketika keyboard sentuh muncul tiba-tiba tanpa ada pemicunya.

Kita bisa menyingkirkan ikon di system tray dan juga menghalangi aplikasi keyboard sentuh untuk muncul sehingga dia tak muncul secara acak atau di system tray.

Dua catatan sebelum kita melanjutkan ini, pertama Anda harus punya akses administrator ke PC atau laptop, kedua Keyboard layar sentuh ini merupakan fitur built-in, jadi walau kita men-disable-nya dia akan tetap ada, tetapi tidak aktif.

 

Solusi pertama:

Keyboard sentuh me-load secara default oleh  Windows Service. Cara langsung untuk menyingkirkan gangguan ini adalah menonaktifkan service ini. Untuk melakukannya buka menu Service dengan menekan Windows+R di keyboard Anda dan ketik services.msc di dialog run.

Dalam menu Services yang muncul klik kolom Name untuk mengurutkan nama services dan kemudian scroll ke bawah sampai Anda menemukan Touch Keyboard and Handwriting Panel Service. Double klik pada entri tersebut.

Cari Startup type dan di menu drop down ubah menjadi Disable. Di bagian bawah jendela di bawah Service status klik Stop untuk menghentikan service ini.

Klik OK dan walau Anda me-restart komputer Anda perubahan ini akan tetap permanen, tidak akan ada lagi ikon keyboard sentuh yang mengganggu di system tray.

Berikutnya solusi kedua

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel