10 Wisata Murah dan Hemat di Semarang

22 Jun 2016 12:46 3630 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
sumber foto :infowisata.ukm.semarangkota.go.id

Puasa tinggal setengah bulan lagi nih,  saatnya lebaran nanti, selain berkunjung ke rumah sanak saudara pasti juga butuh waktu untuk jalan-jalan ke tempat wisata kan. Nah, khusus anda yang mudik di kota Semarang atau menginginkan liburan di Semarang, di bawah ini akan saya refrensikan 10 tempat wisata di Kota Semarang yang cocok buat mengisi liburan anda nantinya dengan harga yang hemat, saya urutkan dari wilayah barat kota Semarang

 

1. Taman Margasatwa Semarang

Taman Margasatwa Semarang ini lokasinya berada di perbatasan antara Kabupaten Kendal dan Kota Semarang, berada persis di sebrang terminal Mangkang.  Kebun binatang ini mempunyai banyak koleksi hewan-hewan dan banyak permainan yang cocok buat si kecil. Untuk koleksi hewan, di sini terdapat bermacam jenis ular, kijang, rusa, burung, gajah, orang hutan, buaya, macan belang dan putih, kera, anoa dan masih banyak yang lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan, juga disediakan permainan becak air, kereta, flaying fox, menunggang kuda dan gajah. Selain tempatnya yang mudah ditemukan, udara di lokasi juga sejuk meski berada tepat dipinggir jalan raya, karena banyaknya pepohonan yang tumbuh dengan dedaunan yang rimbun.

----

2. Taman Lele

Lokasi Taman Lele ini sekitar 7 kilometer ke arah timur dari Taman Margasatwa, berada di sebelah kanan jalan. Di sini pengunjung juga bisa menikmati koleksi binatang dan permainan. Selain itu, yang menjadi ciri khas di sini adalah kisah historis tentang lele yang menguni di dalam sebuah kolam di bawah pepohonan besar dan rimbun, penasaran lebih jelasnya, langsung saja kunjungi Taman Lele yang berada di jalan Walisongo.

-----

3. Museum Ronggowarsito

Kita bergeser lagi ke arah timur, sekitar 4 kilometer dari Taman Lele, tepat berada persis di bundaran Kalibanteng, Museum Ronggowarsito ini bisa langsung ditemukan,. Museum ini menyimpan koleksi-koleksi benda purbakala, selain untuk mengenal sejarah purbakala, pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman dan wawasan tentang kepurbakalaan. Langsung saja mampir ke Museum Ronggowarsito.

-----

4. Klenteng Sam Po Kong

Puas mendapatkan ilmu di Museum Ronggowarsito, kita bergeser ke arah selatan, sekitar 4 kilometer, berada di sebelah kanan jalan kita akan disuguhkan bangunan khas china dengan warna merah dan kuning, yaitu Klenteng Sam Po Kong. Klenteng Sam Po Kong ini berada di pinggir jalan, jadi sangat mudah ditemukan,. Klenteng Sam Po Kong ini menyimpan sejarah tentang  Laksamana Cheng Ho saat menginjakkan kaki di Kota Semarang. Di sini kita akan disuguhkan bangunan khas negeri tiongkok, tempat ibadah dan patung raksasa Laksamana Cheng Ho.

-----

5. Goa Kreo dan Waduk Jatibarang

Sudah seru-seruan foto bersama patung Laksaman Cheng Ho, kita lanjut perjalanan menuju arah selatan. Dengan  menempuh jarak sekitar 30 menit dengan jalan berliku dan berbukit dengan udara yang sejuk, kita akan menuju ke tempat saudara-saudara kita yang sangat akrab dengan pengunjung. Goa Kreo, di Goa Kreo ini pengunjung akan bercengkrama asik dengan para monyet/kera yang memang sudah sejak lama berpenghuni di kawasan Goa Kreo. Menurut cerita, kera-kera yang berada di sini adalah perintah dari Sunan Kalijaga saat membawa kayu jati besar, dan kayu jati tersebut ditinggal di wilayah itu, dan kera-kera yang ada disitu diminta untuk menunggui kayu itu dan akhirnya sampai sekarang kera-kera itu tidak pernah pindah dari kawasan Goa Kreo. Pada bulan tertentu juga diadakan semacam ritual dan sajian-sajian yang ada diberikan kepada kera penghuni Goa Kreos. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi waduk Jatibarang yang indah dan luas. Ayooo buruan jenguk saudara mu..

 

-----

6. Lawang Sewu, Tugu Muda dan Museum Mandhala Bakti

Sudah bosan âberpacaranâ dengan Kera, kini saat kembali ke kota, lokasinya berada di tengah kota, sekitar 35 menit dari lokasi Goa Kreo, atau sekitar 5 menit dari Klenteng Sam Po Kong, kita menuju ke arah utara. Di sini kita bisa langsung menikmati 3 wisata yang bersejarah, pertama Lawang Sewu yang terkenal dengan kemistisannya,Lawang Sewu ini memang selalu menjadi tempat spesial bagi wisatawan, karena keunikan bangunan yang dulu digunakan sebagai kantor kereta api. Kedua, Tugu Muda dan ketiga, Museum Mandala Bhakti. Di Museum Mandala Bhakti kita akan belajar dan mengenal alat-alat perang yang digunakan Tentara Nasional Republik Indonesia, dari yang kuno sampai modern. Setelah otak panas dengan persenjataan, kita bisa foto-foto dengan latar belakang Tugu Muda maupun Lawang Sewu. Ketiga lokasi sangat berdekatan, kita hanya cukup menyebrangi jalan raya saja dengan berjalan kaki. Untuk Tugu Muda memang sangat romantis jika dinikmati pada malam hari.

-----

7. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)

Setelah puas berfoto-foto dan belajar tentang persenjataan, kita bergeser ke arah timur. Dengan jarak tempuh sekitar 35 menit kita menuju Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), saat menuju kesana kita melewati kawasan Simpang Lima, yang nanti akan saya refrensikan untuk penutup wisata anda di Kota Semarang. Di  MAJT kita akan menikmati masjid dengan desain Makkah, karena masjid ini menggunakan Payung otomatis dan diaktifkan ketika ada hajat di masjid ini, selain menikmati kemegahan arsitektur masjid, kita juga bisa naik ke atas menara Asmaul Husna, di atas menara kita bisa melihat luasnya Kota Semarang dari atas, selain melihat dengan mata telanjang langsung, kita juga bisa melihat dengan menggunakan teropong.

-----

8. Pantai Marina

Senang melihat Kota Semarang dari atas, kini tiba saatnya kita bersenang-senang di wilayah pesisir laut Jawa. Kita bergeser ke arah barat, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit, kita menuju ke Pantai Marina, di sini kita akan disuguhi sahdunya angin laut dan ombak yang mendayu-dayu. Bagi yang takut panas, tenang saja, karena di wilayah pantai ini sudah di tata dan ditanami banyak pepohonan yang rimbun, selain adem tempatnya juga nyaman karena sudah disediakan kursi-kursi untuk pengunjung. Di sini kita bisa melihat terbenamnya matahari. Yang hobi dengan memancing, tempat ini juga pas banget untuk spot memancing anda.

-----

9. Kawasan Pecinan Semarang dan Gereja Blenduk

Sudah âmabukâ dengan angin laut, kini kita bergeser ke wisata Pecinan Semarang, di sini kita bisa berbelanja aneka macam oleh-oleh maupun keperluan sehari-hari, kalau sudah berada di kawasan Pecinan, sempatkan sebentar untuk melihat atau sekadar berfoto-foto dengan background Replika Kapal Milik Laksamana Cheng Ho, yang bersandar di Sungai dan berada di depan Klenteng Tay Kek Shi. Selesai dari pecinan, bisa mampir ke kota lama dan Gereja Blenduk yang lokasinya tidak jauh dari Pecinan Semarang.

-----

10. Simpang Lima

Kini saatnya kita mengistirahatkan tubuh dengan berwisata kuliner di kawasan Simpang Lima Semarang setelah lelah mengunjungi tempat wisata. Simpang Lima  Semarang memang cocok untuk tongkrong sambil berwisata kuliner khas kota Semarang, menikmati malam di Simpang Lima pasti bikin hati adem serta bisa menghilangkan rasa capek.

Yuks,, tunggu apalagi bagi yang mudik ke Kota Semarang, rugi kalau tidak mengunjungi wisata-wisata di atas tersebut. Liburan senang, Lebaran berkah, Uang saku pun hemat.. Ayo berwisata.

 

Tags

About The Author

Abdus Salam 33
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel