5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

20 Jun 2016 14:00 6250 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Untuk mendapat hasil yang maksimal penggunaan Play Store kami mengumpulkan beberapa tips dan trik untuk mencoba aplikasi, tak mengeluarkan banyak uang dan keuntungan lainnya

Google Play Store wadah yang sangat menguntungkan bagi perangkat Android. Ini memberi Anda berbagai aplikasi bahkan juga buku dan film. Untuk mendapat hasil yang maksimal penggunaan Play Store kami mengumpulkan beberapa tips dan trik untuk mencoba aplikasi, tak mengeluarkan banyak uang dan keuntungan lainnya.

 

Install aplikasi yang tak tersedia di suatu negara

Jika Anda benar-benar tertarik untuk mendapatkan aplikasi yang tidak tersedia di negara kita, kita masih bisa menggunakan VPN. VPN berarti virtual private network. Ini memberikan Anda koneksi internet yang aman melalui jaringan pribadi dari luar negara kita.

Pada dasarnya layanan VPN dapat membuat Anda seperti mengakses internet dari lokasi yang berbeda. Sangat penting Anda memilih VPN yang kredibel (yang lebih aman tentu yang berbayar), tetapi bila Anda ingin yang gratis bisa mencoba ShadowShock, hanya saja dengan aplikasi ini Anda harus mengaturnya secara manual. Untuk yang lebih muda Anda bisa pilih berlangganan di VPN seperti VPN Asia.

Setelah mengunduh VPN pilih negara Play Store yang ingin Anda akses (misalnya Play Store Amerika Serikat). Seharusnya ini akan membuka Play Store negara yang Anda pilih. Sekarang Anda bisa mendapatkan aplikasi yang Anda inginkan.

 

Mengelola aplikasi di Play Store

5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

Google Play Store memiliki pilihan yang disebut “My application & game”. Dari sini Anda bisa melihat di aplikasi yang ada di perangkat Anda, yang up-to-date dan juga yang perlu di update. Ini tempat yang sangat baik untuk mengelola aplikasi dengan Play Store.

Buka Google Play Store pada perangkat Android Anda. Tap menu (tiga garis horizontal di kiri atas). Di bawah Apps & games Anda akan melihat My apps & link games, tap ini. Sekarang Anda seharusnya sudah melihat aplikasi yang sudah diinstal.

Dari sini Anda bisa tap tombol Update All di sudut kanan atas. Anda dapat memantau apa yang sudah Anda download dan mengelola aplikasi.

 

Parental lock di Google Play

5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

Jika Anda tidak ingin anak Anda mendownload aplikasi yang tak layak di Play Store Anda dapat mengatur parental controls agar perangkat Android Anda tidak disalahgunakan. Ini mencakup game yang berbau kekerasan atau sadis juga aplikasi yang berbahaya seperti aplikasi kencan atau chatting.

Sangat mudah untuk membuat parental controls di Google Play Store. Pertama buka Play Store dan tap menu ikon. Masuk ke Settings dan tap Parental controls dan aktifkan. Dari sana Anda akan diminta untuk membuat PIN. Buat dan masuk ke daftar apa-apa saja yang bisa di download di Play Store.

Setelah membuat pembatasan anak Anda harus memasukkan PIN setiap kali mencoba men-download  sesuatu. Ketika mereka sudah cukup dewasa Anda bisa menonaktifkan ini.

 

Refund dari Google Play Store

5 Tips dan Trick Google Play yang Perlu Diketahui Pengguna Android

Anda bisa refund dari Google Play Store dengan sekali tap asalkan Anda melakukannya dalam waktu du jam dari pembelian aplikasi. Ini sangat berguna karena tentu kita perlu mencoba aplikasi yang kita beli apakah bekerja dengan baik atau tidak di ponsel kita.

Setelah Anda membeli aplikasi di halaman Play Store Anda akan lihat  pilihan Install atau Open. Selain itu, pilih Refund akan muncul di sebelah kiri . Tap tombol refund, dalam dua jam dari pembelian uang Anda harusnya kembali, tak ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Jika Anda melihat anak atau orang membeli tanpa izin Anda bisa mengatur pembelian aplikasi untuk meminta otentikasi. Buka Play Store, tap ikon menu dan Settings. Pilih Require authentication ke For all purchases through Google Play on this device.

 

Chek Indie Corner

Developer besar dan kecil penting untuk ekosistem Android. Developer besar mudah mentenarkan aplikasinya sedangkan yang kecil tidak. Salah satu faktornya adalah kita sulit menemukan aplikasi independent, tetapi sekarang ada Indie Corner di Google Play Store.

Indie Corner tak bisa ditemukan di Play Store itu sendiri untuk membukanya buka browser di perangkat Android Anda dan cari 'Indie Corner’. Bila mesin pencari Anda Google yang Discover Indie Corner berada paling atas.

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel