Begini Cara Mengelola Aplikasi di Android Tanpa Aplikasi Task Killer!

16 Jun 2016 21:55 8943 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Cara cepat dan mudah untuk menghentikan dan mengelola aplikasi Anda yang berjalan di background tanpa menggunakan aplikasi tambahan atau task killer

Google Play penuh dengan aplikasi task manager untuk Android. Aplikasi ini bisa menampilkan aplikasi yang berjalan di background, menghentikan paksa dan mengelola aplikasi Anda – tetapi sebenarnya Anda tidak perlu menginstal aplikasi seperti ini untuk melakukan tugas tersebut.

Kami akan menunjukkan cara cepat dan mudah untuk menghentikan dan mengelola aplikasi Anda yang berjalan di background hanya menggunakan fitur built-in pada perangkat Anda. Aplikasi tambahan tidak dibutuhkan di sini dan juga fiturnya task killer.

 

Automatic Task Killing

Task manager dan task killer sering dianggap sama. Task killer memberikan janji mempercepat ponsel Anda dengan cara menghentikan otomatis aplikasi yang berjalan di background. Sebenarnya dia tetap berjalan di background, namun dia menghapus aplikasi tersebut dari RAM ketika Anda selesai menggunakannya.

Aplikasi yang berjalan di background Android tidak seperti di Windows. Di Android aplikasi-aplikasi ini benar-benar tidak melakukan apa-apa, mereka hanya berdiam di memori dan tidak menggunakan CPU atau sumber lainnya. Ketika Anda mengaksesnya lagi dia akan cepat terbuka karena dia sedang menunggu di memori. Jika mereka di hapus dari memori maka kita akan lebih lambat membukanya karena data mereka harus dikirim lagi ke RAM. Dengan cara seperti ini, task killer bisa malah memperlambat ponsel Anda.

 

Menghentikan aplikasi yang berjalan (cara mudah)

Jika Anda ingin secara manual menutup sebuah aplikasi dan menghapusnya dari RAM ini sangat mudah untuk Android veri 4.0 ke atas.

Pertama buka layar multitasking. Pada Nexus 4, Moto G atau Galaxy Nexus cukup tekan tombol multi tasking. Pada ponsel tanpa tombol multi tasking seperti Galaxy S4 atau HTC One Anda harus menekan tombol Home beberapa detik atau boleh juga dengan double tap tombol Home.

Menghentikan aplikasi umumnya tidak diperlukan. Namun, ini bisa membantu jika aplikasi yang tidak berjalan normal – menghentikan dan membuka kembali aplikasi bisa membuat aplikasi tersebut kembali normal.

 

Menghentikan aplikasi yang berjalan (cara keras)

Anda juga bisa menghentikan aplikasi yang berjalan di Android dari Settings. Pertama buka Settings dan tap menu Apps (mungkin di perangkat lain Apps Manager, Application dan sebagainya).

Scroll ke bawah dari daftar aplikasi tersebut dan tap Force Stop untuk menghentikan aplikasi yang berjalan. Ini akan menghilangkannya dari RAM.

 

Mengelola Aplikasi

Dari layar info aplikasi dekat tombol Force Stop Anda juga bisa mencegah aplikasi ini untuk menampilkan notifikasi, melihat jumlah penyimpanan, membersihkan cache dan data, menghentikannya menjadi aplikasi default untuk membuka sesuatu dan melihat izin yang diberikan ponsel kita kepadanya.

Melihat aplikasi yang berjalan di background

Dari panel Apps settings Anda bisa swipe ke kanan ke kategori Running untuk melihat aplikasi yang berjalan di background. Aplikasi ini tidak hanya yang di memori. Mungkin ada aplikasi yang akan berjalan otomatis saat booting dan tetap berjalan di background sehingga mereka bisa secara otomatis melakukan tugasnya. Contoh aplikasi ini seperti WhatsApp, BBM, Line dan aplikasi chat lainnya. Jadi pesan dapat diterima secara otomatis dan cepat.

Jika Anda tidak ingin aplikasi-aplikasi ini berjalan di background lebih baik hapus aplikasi ini dari ponsel Anda karena bila Anda paksa berhenti mereka akan kembali berjalan lagi.

Perlu kita perhatikan, aplikasi-aplikasi ini tidak banyak memakan sumber daya dari ponsel Anda, jadi tidak perlu terlalu khawatir. Anda bisa lihat dari konsumsi baterai, lihat berapa yang mereka manfaatkan ketika Anda tidak menggunakannya

Melihat penggunaan memori

Ini suatu yang penting untuk kita ketahui. Ini yang sering menjadi faktor lambatnya kinerja ponsel Anda. Kita ambil contoh, RAM Anda hanya 1GB (nyatanya akan kurang dari 1GB) dan aplikasi yang membutuhkan berjalan di background melebihi kapasitas RAM Anda dan yang terjadi, aplikasi tersebut harus mengantre. Ini sumber lambat utama di smartphone (bila ponsel Anda tidak rusak).

Karena itu perlu kita lihat bagaimana perilaku aplikasi di RAM. Pada kategori Running kita akan melihat berapa yang dibutuhkan aplikasi di RAM untuk membuat mereka berjalan dengan baik. Bila RAM Anda hanya bersisa sangat sedikit (free, biasanya di bagian bawah kanan) maka cobalah untuk memilah aplikasi mana yang perlu untuk dihapus dari ponsel Anda.

About The Author

Ricky Sulastomo 71
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel