Cara Mudah Install Remix OS Tanpa Flashdisk (Dual Boot dengan Windows 7)

3 Jun 2016 15:45 11900 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Saat ini Jide, developer Remix OS memberikan installer yang sangat mudah di gunakan baik menggunakan flashdisk ataupun langsung dari harddisk

Semakin hari Remix OS semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Bila sebelumnya hanya bisa diinstal menggunakan flashdsik (USB 3.0) kini kita bisa menginstalnya langsung dari harddisk dan dengan cara yang sangat mudah.

Saat ini Jide, developer Remix OS memberikan installer yang sangat mudah di gunakan baik menggunakan flashdisk ataupun langsung dari harddisk. Kali ini kita akan mencoba menginstalnya langsung dari harddsik karena tak semua komputer memiliki fitur USB 3.0 saat ini.

Sebagai catatan Remix saat ini hanya bisa dual boot dengan Windows 7 dan yang lebih tinggi. Untuk spec komputer Jide mengklaim OS mereka bisa dijalankan PC yang sudah tua dengan syarat bisa menjalankan paling rendah Windows 7.

Persiapan

Download Remix OS  di website resminya, http://www.jide.com/remixos-for-pc. Disarankan untuk menggunakan RemixOS 64bit karena lebih stabil dan lebih cepat (dikomputer kami).

Langkah awal kita harus menyiapkan ruang di harddsik untuk Remix OS. Kita harus menyediakan minimal 8GB untuk OS Android PC ini dan kami sarankan untuk membuatnya lebih karena Anda akan suka dengan OS ini. Sediakan 15 atau 20GB.

Bila harddisk Anda tidak memiliki ruang kosong kita bisa membuatnya dengan bantuan software, saya sarankan menggunakan Minitool Partition Wizard free (disarankan tidak mencampurnya dengan drive lain di PC Anda). Silahkan download di sini gratis di sini.

Menggunakan Minitool Partition Wizard sangat mudah. Pilih drive yang sisanya masih cukup banyak (lebih dari 30 GB) dan klik Move/Resize kemudian drag tanda panah yang ada di sebelah kanan hingga Anda mendapat 15 atau 20GB (lihat total Unlocated Space after di bagian bawah.

Bila sudah selesai klik OK maka Anda akan mendapat drive yang belum di format. Klik kanan drive yang belum diformat tersebut kemudian pilih Creat. Terserah Anda menamai drive ini, namun untuk format pilih FAT32. Bila sudah selesai klik Apply yang ada di ujung kiri jendela software ini. Proses membuat drive baru akan berjalan Anda tinggal menunggu, bila PC Anda meminta restart maka restartlah komputer Anda.

 

Menginstal RemixOS

Ini cara yang sangat sederhana. Ekstrak Remix OS yang Anda download tadi maka akan muncul dua file, satu berekstensi .iso yang merupakan OS yang akan kita instal dan satu lagi adalah installer. Installer inilah yang akan mempermudah pekerjaan kita.

Buka installer tersebut, klik browse di bagian bawah dan pilih file .iso yang Anda ekstrak tadi. Setelah itu klik Drive (secara default drive yang ditampilkan C:\) akan muncul menu dropdown, pilih drive yang sudah Anda buat tadi dengan Minitool Partition Wizard. Bila sudah selesai klik OK dan proses instalasi Remix OS ke PC Anda akan dimulai.

Proses ini cukup memakan waktu yang lama (tergantung kecepatan harddisk Anda). Bila proses sudah selesai maka installer akan meminta restart. Klik restart.

Ketika masuk ke bootloader Anda akan disuguhkan dua pilihan OS (bila Anda hanya menginstal Windows pada PC Anda) dan pilih Remix OS. Setelah booting, akan muncul perintah untuk menekan Esc untuk memilih mode Remix OS. Tekan Esc dan kemudian Enter, PC Anda akan dalam proses loading mengecek kecepatan menulis harddisk, mengecek Remix OS, CPU 0 (kalau failed tak usah khawatir) dan sebagai. Dari sini proses akan dilakukan Remix Os Anda tinggal menunggu saja.

Proses pertama mungkin agak lama ketika PC sedang berada di log Remix OS, namun tidak akan terlalu lama (sekitar 10 menit, tergantung kecepatan harddisk). Setelah loading Remix OS selesai Anda akan masuk ke pilihan bahasa, sama seperti ketika menyalakan handphone Android baru. Dari sini proses selanjutnya tentu Anda sudah tahu kalau tidak asing dengan Android.

 

Untuk membuat Google Play berjalan klik ikon Install App dua kali maka Anda akan diperintahkan untuk menginstal aplikasi. Instal aplikasi yang di sebut dengan GMSActivator dan kemudian ikuti perintah selanjutanya. Setelah itu Download Play Store di sini dan instal. Anda juga akan diminta untuk mengupdate Google Servie. Selamat menikmati Android untuk PC.

 

Informasi tambahan

Cara Mudah Install Remix OS Tanpa Flashdisk (Dual Boot dengan Windows 7)

Remix OS masih dalam fase beta, jadi tentu ada beberapa fungsi yang tidak berjalan dengan benar. Di Laptop kami (ASUS K42F) sesekali aplikasi not responding atau melambat, ini bisa dimaklumi karena kecepatan harddisk laptop ini hanya 15 MB/sec.

Selain itu Remis OS juga tak bisa mendeteksi smartphone kami (Moto G Falcon dan LG D325), namun bisa mendeteksi falshdisk. Jadi, saat ini Remis OS belum bisa menjadi OS utama Anda, tetapi secara keseluruhan Android untuk PC ini sudah luar biasa.

About The Author

Ricky Sulastomo 72
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel