PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

30 May 2016 12:28 13403 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Buat Anda yang gemar sepak bola tetapi belum pernah memainkan game ini di smartphone atau tablet, saya sarankan jangan. Tetapi buat yang penasaran kenapa game ini menarik, berikut sedikit cerita saya. Seluruh risiko kecanduan, tanggung sendiri lho ya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia beberapa waktu lalu merilis daftar game berbahaya yang akan diblokir Kemendikbud. Game-game itu disebut-sebut memicu kecanduan dan memberikan dampak buruk.

Untuk masalah candu, saya cenderung sepakat. Kecanduan game memang menimbulkan kurang peka sosial, gangguan kesehatan, mempengaruhi konsentrasi dan menurunkan produktivitas. Tapi yang buat saya, game yang adiktif itu bukan game kekerasan yang ada di daftar KPAI, melainkan game olahraga Pro Evolution Soccer Club Manager.

Buat Anda yang gemar sepak bola tetapi belum pernah memainkan game ini di smartphone atau tablet, saya sarankan jangan. Tetapi buat yang penasaran kenapa game ini menarik, berikut sedikit cerita saya. Seluruh risiko kecanduan, tanggung sendiri lho ya.

Mengelola Klub Sepakbola
Sesuai judul, game ini merupakan game berbasis online sport management. Kalau Anda pernah bermain Championship Manager atau Football manager series dan juga Winning Eleven ataupun Pro Evolution Soccer series, game ini adalah kombinasi sempurna dari game-game tersebut.

Di game ini, Anda dapat mengelola sebuah klub sepakbola fantasi yang Anda buat sendiri. Anda akan menyusun daftar pemain, jual-beli di bursa transfer, melatih pemain dan juga mencari pemain-pemain muda berbakat untuk dilatih.

Tak hanya seputar pemain, Anda akan bertanggungjawab untuk pertumbuhan klub dan fasilitas-fasilitas pendukungnya agar klub Anda dapat dipromosikan ke divisi yang lebih baik di liga dan memenangkan piala liga bahkan piala Champions.

PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

Sedikit berbeda dengan game championship manager lainnya, tetapi perbedaannya sangat signifikan, liga yang ada di sini tampaknya "unlimited". Di Championship Manager misalnya, jika Anda bermain dari divisi 2 liga Inggris, musim depan Anda berkesempatan dipromosikan ke divisi 1, lalu divisi championship, lalu ke divisi premier dan mentok di sana sampai Anda terdegradasi misalnya.

Di game ini, Anda akan mulai dari Entry Division, lalu naik terus sampai ke divisi Top Player. Tenang saja. Satu divisi tersebut terbagi lagi menjadi beberapa sub-sub divisi. Misalnya, divisi Amateur itu terdiri dari 10 sub divisi. Divisi Professional? Ada 20 tingkat. Jadi jangan harap Anda bisa langsung segera naik ke divisi puncak :)

Gameplay
Sama seperti game-game Android lainnya, PESCM dapat Anda mainkan secara cuma-cuma. Jika Anda menang bertanding atau kalah pun, Anda akan mendapatkan berbagai macam poin, uang dan lain-lain yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan klub dan membangun fasilitas lainnya. Kalau Anda ingin cepat, seperti biasa, Anda bisa saja membeli PES Coin dari Google Play.

Mulai dari Stadium, Training Facilities, Youth Academy, Scouting Agency, Medical Facilities, Office, Club House, R&R Facilities dan Entertainment Facilities perlu dikembangkan untuk mendukung perjalanan klub Anda.

Untuk mendapatkan pemain, Anda bisa mengikuti bursa lelang di Market dan memilih pemain yang Anda butuhkan. Yang menarik, di sini Anda berebut dengan pemain PESCM lainnya di seluruh dunia untuk mendapatkan pemain yang Anda incar. Siapa yang berani membayar lebih, dialah yang akan mendapatkan pemain tersebut di akhir masa lelang.

PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

Anda juga bisa mengirim scout untuk mencari pemain-pemain muda berbakat. Dalam waktu 24 jam, Anda akan mendapatkan daftar pemain yang bisa Anda rekrut. Semakin tinggi level Scouting Agency dan Youth Academy, semakin bagus pula pemain yang bisa Anda dapatkan.

Seperti pada Championship Manager, Anda bisa mengubah formasi, strategi dan taktik yang akan dimainkan. Modifikasi penempatan pemain juga sangat luas, tidak hanya berkutat pada strategi baku yang disediakan. Beda penempatan pemain, beda pula total poin keseluruhan tim untuk menyerang, bertahan, ataupun kerjasama tim.

Saat bermain, Anda bisa melihat tampilan pertandingan secara 2D Visual, 3D Visual, ataupun Assisted. Jika memilih 3D Visual, Anda akan melihat tampilan seperti saat Anda sedang bermain Winning Eleven ataupun Pro Evolution Soccer konvensional. Jika opsi Assisted, Anda akan disajikan pertandingan secara 2D, dan hanya akan beralih ke 3D Visual jika ada momen-momen menarik misalnya tendangan sudut, freekick, ataupun peluang emas lainnya.

Usai pertandingan, Anda akan mendapatkan match reward yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan klub, membeli pemain baru ataupun melatih yang sudah ada. Dan di akhir musim (liga selalu terdiri dari 10 klub), Anda berkesempatan untuk naik ke divisi atas (jika Anda berada di posisi 1-3) atau terdegradasi ke divisi bawah (jika Anda berada di posisi 8-10).

PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

Lakukan terus menerus, ubah formasi, strategi, beli pemain yang tepat, kembangkan klub dan menangkan pertandingan sampai Anda berada di posisi puncak. Seperti sudah disebut di atas, buat Anda yang gemar game sepakbola dan manajemen olahraga, game ini sangat adiktif. Untungnya, PESCM hanya memperkenankan Anda bermain 5 pertandingan saja setiap kali Anda login ke game tersebut. Kalau jatah pertandingan Anda sudah habis, silakan tunggu 30 menit untuk mendapatkan slot pertandingan. Kalau tidak ingin menunggu, silakan bayar menggunakan PES Coin.

About The Author

Tedi Kasuma 42
Pena

Tedi Kasuma

Penulis pemula yang ingin menjadi lebih baik. Semoga.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel