Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Laptop yang Terkena Air

28 May 2016 17:42 4154 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Begini cara saya mengatasi laptop yang terkena air agar laptop bisa berjalan kembali normal 

Membeli laptop baru bukan main kepalangnya. Sama seperti punya mainan baru yang terus menemani tiap harinya. Itulah yang terjadi ketika saya punya laptop sendiri. Sesuatu yang membuat saya senang karena bisa melakukan pekerjaan dimana saja dan kapan saja. Sayangnya, saya cukup teledor ketika saya menyimpan air minum dalam kemasan di sebelah laptop. Tersenggol dikit, jatuhlah air  minuman itu mengenai laptop saya. (keadaan seperti pada gambar)

Waktu itu saya diam sebentar. Sempat-sempatnya motret. Entahlah antara kaget dan bingung untuk berbuat apa. Baru sekitar dua menitan saya melakukan antisipasi. Sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Kalau laptop kamu kena air yah langsunglah lakukan sesuatu agar tidak rusak. 

Sebenarnya saya bisa cari cara dulu tentang cara mengatasi laptop  yang terkena air. 

Tapi membaca keseluruhan isinya akan menghabiskan waktu. Ini darurat! Harus segera dilakukan pertolongan pertama pada kecelakaan laptop terkena air. 

Berbekal ilmu dadakan dan berharap laptop baru saya tidak kenapa-napa, ini hal-hal yang saya lakukan agar laptop terselamatkan. Saya melakukan ini agar air yang tergenang di atas keyboard laptop tidak langsung masuk dan membuat konslet arus listrik di dalam. Apalagi waktu itu, laptop dalam keadaan nyala. 


Dengan penuh doa dan harapan, saya pun melakukan hal-hal berikut. 

1. Saya matikan laptop. Maklum waktu itu, laptop dalam keadaan nyala. Saya harus cepat mematikannya agar tidak terjadi arus pendek akibar air yang masuk lewat celah-celah keyboard. 

2. Saya mengambil tisu dan membersihkan permukaan yang terkena air. Air yang tergenang di atas keyboard pun menjadi lebih mudah dibersihkan. Selain memakai tisu, Anda juga bisa menggunakan lap. Pokonya yang penting agar air bisa dibersihkan. 

3. Saya balikan posisi laptop sehingga keyboard menghadap kebawah. Tujuannya agar air yang masuk ke celah-celah laptop bisa keluar dengan mudah. 

4. Jika kebetulan laptop kamu adalah laptop dengan tipe baterai yang bisa dicopot, maka segera copot baterainya. Kebetulan, laptop saya adalah laptop yang tidak bisa dicopot baterainya. Jadi, langkah ini saya lewatkan. 

5. Jangan coba-coba untuk menyalakan laptop. Dalam keadaan apapun, pokonya jangan sampai menyala. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi karena sistem bagian dalam belum tentu kering. 

6. Saya kemudian memakai Vacuum Cleaner untuk menyedot air yang masuk lewat celah-celah keyboard. Waktu saya melakukan ini, ada air yang keluar meskipun hanya satu atau dua tetes. 

7. Setelah itu, saya diamkan dan tidak menyalakan seharian penuh. Barulah keesokan harinya saya menyalakan laptop kecintaan saya. Dan syukur pada Tuhan ternyata laptop saya sudah baikan kembali.

Oh yah, teman saya juga menyarankan untuk meredam laptop pada beras. Entah gimana ceritanya tapi cara ini katanya akan mengeringkan bagian dalam laptop. 

Nah, itu tadi cara saya dalam melakukan pertolongan pertama membersihkan laptop yang kena air. Pada kasus saya, air yang tumpah tidak terlalu parah. Jika yang terlalu parah, bisa membaca artikel beritku ini. 

 

Tips Trik dan Cara Mengatasi Laptop Kena Air dengan Mudah

 

 

Tags

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel