Teknik menguasai audiens saat presentasi

18 May 2016 14:38 4160 Hits 0 Comments
Teknik menguasai audiens saat presentasi

ada yang bertanya dengan saya," Bagaiamana caranya kita menguasai audiens saat presentasi? ".
baik saya akan menjelaskan ketiga teknik yang cukup ampuh yang pernah saya praktekkan.

1. Jangan masuk kemateri presentasi terburu-buru.

banyak dari kita ketika sudah didepan panggung terburu-buru karen ingin cepat menyelesaikan presentasinya. WHY? karena ini disebabkan karena NERVOUS. Baca Artikel saya menghilangkan Nervous saat di depan panggung (http://afrizal69.blogspot.co.id/2016/04/3-teknik-ampuh-mengatasi-demam-panggung.html).

saya sedikit mengulas tentang artikel menghilangkan nervous yang pernah saya publis di website saya.

1. jika anda nervous berjumpa dengan orang atau saat ingin presentasi langkah pertamanya adalah dengan merubah gerak tubuh, karena pada dasarnya ketika sedang nervous akan terjadi perubahan di beberapa suhu organ tubuh, yang paling sering ditemukan adalah telapak tanganya menjadi dingin.

2. menggunakan Visualisasi.

lebih baik memikirkan atau membayangkan hal yang positif dari pada membayangkan hal yang negatif. dalam ilmu piskosomatis di katakan bahwa pikiran terkoneksi terhadap tubuh, jika pikiran kita memikirkan hal hal negatif maka yang terjadi tubuhpun akan menerima signal negatif. begitu yang terjadi kepada orang yang nervous, memikirkan hal yang negatif yang sebenarnya belum terjadi, lebih baik memikirkan hal positif sehingga tubuhpun akan menangkap signal dan merespon positif

3. menggunakan Teknik Rapport.

teknik untuk mendekatkan seseorang

ketika anda sudah mulai naik kepanggung presentasi baik disekolah, kampus ataupun saat menjadi speaker, yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah ajaklah berdialog satu atau dua orang, ini bertujuan agar audies merasa diperhatikan, dan sekaligus bertujuan agar audiens yang lainya tidak canggung dengan pembicaranya. pengalaman saya mengisi acara-acara ketika berdialog dengan satu atau dua orang, maka audiens yang lainya akan memperhatikan apa yang di bicarakan.

2. Kuasai Panggung.

kebanyakan orang hanya terfokus kepada layar putih yang untuk menampilkan slide materi, sedangkan audiensnya di cuekin, hal seperti ini kurang tepat, cobalah sesekali dekatkan audiens walaupun tidak berdialog, hal ini bertujuan sekali lagi agar audiens merasa di perhatikan, jika anda hanya berfokus pada layar putih didepan tidak ada eye contact maka audiens pun akan jenuh.

3. Cobalah memaikan intonasi nada saat presentasi.

saat berbicara cobalah untuk tidak datar dalam menggunakan intonasi suara atau nada, untuk mendapatkan intonasi suara atau nada, perlu latihan yang rutin.

semoga bermanfaat.

berkunjunglah ke website saya

afrizal69.blogspot.co.id

banyak informasi tentang seputar Hypnotherapy, NLP , Parenting, Public Speaking, Kuliner

 

Tags

About The Author

Afrizal 25
Novice

Afrizal

Praktisi Hipnoterapi, NLP Trainer dan penulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel